Kembang Gula

adenia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia dari pusat bahasa, kembang gula artinya adalah penganan yang dibuat dari gula; permen; gula-gula. Tapi kalau menurut saya, kembang gula itu adalah kembang yang ada gula-gulanya ;).

Untuk urban Mama yang bosan dengan goodie bag yang itu-itu saja, bisa coba untuk membuat kembang gula ini. Kembang gula ini pernah saya buat untuk acara akikah Zahra (selain membuat kembang telur juga), akikah Daffa (keponakan), dan terakhir ulang tahun Zahra kemarin.

Mudah, murah, meriah dan cantik. Siapa sih yang tidak suka dengan bunga? Apalagi bunganya penuh dengan gula-gula/permen. Anak-anak pasti berebutan. Menurut pengalaman malah orangtuanya juga berebutan ;)

Bahan yang di perlukan:

  1. Lem fox.
  2. Gunting.
  3. Tusuk sate yang panjang (bisa di beli di supermaket) atau bambu yang sudah di serut menjadi tusukan (biasanya malah lebih kuat).
  4. Pita Jepang.
  5. Stapler + isinya.
  6. Kertas krep warna-warni (gunting dengan lebar +- 6cm).
  7. Selotip
  8. Lollipop (wajib!), macam-macam permen, agar-agar (bisa juga uang 1000-10.000 jika untuk akikahan).

Cara membuatnya:

  1. Ujung buluh bambu/tusuk sate di beri lem secukupnya (bisa juga dicelup agar cepat).
  2. Masukkan tangkai permen pada buluh bambu/ tusuk sate lalu fiksasi lagi dengan selotip (agar lebih kuat).
  3. Lilitkan kertas krep pada tangkai lollipop sehingga menyerupai bunga.
  4. Setelah bunga jadi, lilitkan lagi kertas krep yang sudah di gunting-gunting menyerupai rumbai-rumbai ke seluruh batang bambu/ tusuk sate.
  5. Kembang sudah jadi. Sekarang tinggal pasang permen di batang bunga, agar-agar, atau uang, rekatkan dengan menggunakan stapler pada batang bunga (ini agak susah, tapi bisa kok).
  6. Untuk agar-agar, bisa di masukkan ke dalam plastik kemudian di ikat dengan pita jepang dan di ikatkan ke batang bunga.
  7. Voila! Kembang gula selesai :)

13 Comments

  1. anthie arvianto
    ~Anthie Arvianto~ October 8, 2010 at 3:01 am

    Huaaaa,,, berasa pulang kampung nih. Waktu kecil pas masih tinggal di palembang sering banget dapet kembang gula ini. Kalo bunga telo kemaren bikin pas mau nikah dan akekahan nya aurel tuh,,jadi rbtan deh

  2. rachanlie
    mira a October 8, 2010 at 7:49 am

    Hihihi.. Jadi inget pas masih kecil dulu.. Tfs ya.. :)

  3. Mirza Resita
    October 8, 2010 at 7:55 am

    dicatet, buat persiapan ulang taun anakku. TFS

  4. eka
    Eka Wulandari Gobel October 8, 2010 at 9:32 am

    ih lucu! Tfs ya asni..
    *jd pengen ikutan rebutan deh*

  5. teeka
    ariantika October 8, 2010 at 9:45 am

    noted!!
    bs ditiru buat acara Tedak Siten nya maika.
    pasti seruu…
    TFS,mommy..

  6. October 8, 2010 at 10:31 am

    aw, lucuuuu! kebayang banget jadi rebutan. kok aku blum pernah liat ini waktu kecil ya?

  7. anggita
    anggita andrian October 8, 2010 at 10:45 am

    eh kreatif..
    aku baru liat lho yang kaya begini. tfs ya

  8. mamanyaZayyan
    teefa October 8, 2010 at 10:56 am

    wah iya jadi inget masa kecil,tp jaman dulu permenya namanya ‘pindy pop’

  9. amnah atisah
    amnah atisah October 8, 2010 at 12:48 pm

    Keren..kalo dikampung aku..tiap ada nikahan atau syukuran..ada kayak ginian juga tapi bukan permen (ya iyalah) biasanx telor atau bolu yang bulet gitu

  10. Mirza Resita
    October 8, 2010 at 5:22 pm

    ini mah iya mbak,ibu2nya ikutan rebutan :D

  11. puspita_jewel
    Sitha October 8, 2010 at 10:18 pm

    Hihi, krep rumbai2, inget jaman TK :)
    Tfs yaa…

  12. Mirza Resita
    October 9, 2010 at 12:09 am

    mbak anthie, mbak amnah…. iya, ini memang kebiasaan orang palembang…, dulu waktu merried juga buat bunga telo. pada banyak yang gk ngerti jadi di bagi-bagi-in deh… klo pada tau mah bisa-bisa kacau acara resepsi.. he3x

    yang paling sedih ngeliat efek samping dari ibu-ibu yang pada rebutan; banyak bunga yang patah, telornya jatuh, keinjak-injak dll… hiks, padahal bikinnya bisa 2 hari tuh.

    buat yang lain…. selamat mencobaaaaa…..

  13. Mirza Resita
    October 21, 2010 at 2:08 pm

    waktu anakku ultah, salah satu bingkisannya emang pohon permen kaya gini..wuihhhh…anak2 seneng bgt.. seru deh..
    thanks tulisannya ya..jd inget lg hrs nyiapin keperluan ultah buat anak2 ;p

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.