Kunjungan Pertama Anak ke Dokter Gigi

Rahmita
Rahmita Pendidikan S1 dan spesialis Ilmu Kedokteran Gigi Anak di FKG Universitas Indonesia.. Pedodontist di klinik Family Dentistry, Palapa Dentists dan Mayapada Hospital.
Have question for our experts ?
Feel free to ask them here!

Gigi dan mulut merupakan organ yang memiliki peran besar dalam kesehatan seluruh tubuh dan harus dirawat dengan baik, begitu pula halnya dengan gigi sulung pada anak. Walaupun nantinya akan digantikan dengan gigi permanen, gigi sulung memiliki fungsi yang sangat penting antara lain untuk fungsi pengunyahan, fungsi bicara dan estetis.



Agar kesehatan mulut dapat selalu terjaga dengan baik, salah satu caranya adalah dengan rutin memeriksakan gigi ke dokter. Menurut rekomendasi dokter gigi, kunjungan pertama sebaiknya mulai dilakukan sejak gigi sulung pertama tumbuh (sekitar usia 6 bulan) atau setelah ulang tahun pertama anak. Sayangnya bagi sebagian orang, kunjungan ke dokter gigi masih menjadi suatu hal yang menakutkan. Namun dengan persiapan yang matang maka kunjungan pertama anak ke dokter gigi dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan. Kira-kira apa saja caranya? Yuk kita simak tipsnya!

  • Sebelum anda merencanakan untuk berkunjung ke dokter gigi, buatlah perjanjian agar kunjungan anda terjadwal sehingga waktu tunggu tidak terlalu lama. Pilihlah dokter yang sudah terbiasa menangani anak-anak atau dokter gigi spesialis anak.
  • Ceritakan mengenai rencana kunjungan ke drg kepada anak.
  • Jelaskan mengenai hal-hal yang akan ditemui di ruang praktek drg, seperti dokternya, perawat serta kursi gigi. Gunakan kata-kata sederhana yang berkonotasi positif dan hindari penggunaan kata-kata yang menyeramkan (seperti jarum suntik dan rasa sakit).
  • Perkenalkan bacaan atau film karakter favorit anak dengan tema berkunjung ke drg.
  • Bermain ‘role play’ dengan anak, berpura-puralah anda berperan sebagai dokter gigi dan anak sebagai pasien atau sebaliknya.
  • Bersikap santai dan jangan bersikap cemas, karena anak juga dapat merasakan apa yang orangtua rasakan.
  • Ajarkan anak untuk menyikat gigi jauh hari sebelum kunjungannya ke drg, sehingga anak dapat mulai terbiasa  dengan benda asing yang berada didalam mulutnya.
  • Usahakan anak berada dalam situasi mood yang baik, hindari kunjungan saat anak mengantuk atau lapar.
  • Jangan kuatir apabila reaksi anak pada kunjungan pertama tidak sesuai dengan yang diharapkan. Berikan apresiasi positif dan jangka waktu untuk kunjungan berikutnya. Jadikan kegiatan ini menjadi  hal yang rutin untuk dilakukan sehingga kebiasaan yang baik dapat terbentuk.

Semoga tips ini dapat membantu ya, urban Mama.

12 Comments

  1. ninit
    ninit yunita September 2, 2013 at 6:20 am

    terima kasih drg rahmita… seneng deh baca tipsnya untuk membawa anak ke dokter gigi. anak bungsu saya waktu saya ajak kali pertama ke dokter gigi, agak kurang sukses… semoga kunjungan selanjutnya lancar jaya setelah baca tips ini.

  2. siska.knoch
    Siska Knoch September 2, 2013 at 6:38 am

    Waaa… miguel belum pernah ke dokter gigi.. >.<
    Alasannya belum pernah karena blm ada keluhan dan so far anaknya nurut sikat gigi tiap hari. tapi sebaiknya memang mulai rutin kontrol ya.
    hmm.. saatnya mulai cari info dokter gigi spec anak yang terdekat dari rumah nih.
    Makasi udah mengingatkan ya dok.

  3. hestia
    Hestia Amriyani September 2, 2013 at 8:48 am

    Ini sudah diniatkan sejak Safina punya gigi, tapi sampai anaknya 2,5 tahun belum kejadian juga XD Baca ini jadi ingat untuk cari dokter gigi yang oke dan bikin appointment segera :)

  4. gabe1981
    Seymour Magabe September 2, 2013 at 9:03 am

    mama saya dulu rajin bawa saya ke dokter gigi, soalnya saya sangat rentan karies dok. Duh, harus mulai mengenalkan Raffa ke dokter gigi juga ya, biar gak kaget nantinya. TFS

  5. ipeh
    Musdalifa Anas September 2, 2013 at 12:04 pm

    terima kasih dokter tipsnya, kebetulan Lana (5tahun) termasuk yang takut ke dokter gigi, jadi belum pernah berkunjung ke dokter gigi selama ini :(
    Mau mencoba tips yg diberikan, semoga berhasil ngebujuknya dan sukses.

  6. Kira Kara
    Bunda Wiwit September 2, 2013 at 12:16 pm

    waaa.. iya nih.. masih PR banget ngajak ki-ka ke dokter gigi :(
    berasa kesentil bacanya. heuheu.. TFS the tips dok!

  7. Gwen Katya Taita
    Gwen Katya Taita September 2, 2013 at 10:38 pm

    Makasih drg rahmita buat reminder and infonya. Hrs siap2 nih brarti klo anakku uda 6 bln, soalnya ada ponakanku yg gigi susunya uda abis pas umur 4 thn dan efeknya jd ga pede bgt dia pas msk sekolah pdhl anaknya pintar. Ditunggu artikel2 lainnya ya dok buat ngerawat gigi si kecil ;)

  8. Rahmita
    Rahmita September 3, 2013 at 9:52 am

    Halo mommies..! Salam kenal.. Artikel ini sy tulis berdasarkan pengalaman di praktek. Disana terlihat banyak sekali anak dan orangtua yang masih ‘deg-degan’ kalau berhadapan dengan drg, sehingga kebanyakan anak datang sudah dalam keadaan sakit.. Padahal kalau datang lebih awal, penyakitnya masih dapat dicegah. Semoga dengan tips2 ini bisa membantu anak maupun orangtua supaya ga takut lagi untuk periksa ke drg ya.. ;)

  9. desy_destriani
    desy_destriani September 4, 2013 at 11:09 am

    Keesha 2Y7M kunjungan pertama ke dokter gigi sebulan yang lalu, itu juga karena 2 gigi depannya udah mulai gigis, dan di geraham ada 1 gigi yang ada kariesnya.

    Kunjungan pertama ke drg spesialis anak itu pengenalan. Keesha diajak ngobrol,dikenalin alat2nya.

    Dirumah juga saya suka main2an dokter gigi, jadi pas dateng ke drg dia ga takut.

    Kunjungan ke 2 itu tanggal 31 Agustus 2013 kemaren untuk tambal gigi seri. Pengerjaannya lancar bgt,ga ada tangis2an,santai. Drg pun langsung ngerjain tambel 2 gigi seri deh.

    Tips dari drg rahmita bener bgt tuh. soalnya udah aku terapin dan hasilnya kunjungan ke drg menyenangkan buat Keesha

  10. MommyManda
    MommyManda September 6, 2013 at 4:22 am

    Tips nya ok bgt Dok..
    Anak2ku (Manda 3y7m n Syakila 1y6m) blm ada yg aku bawa ke drg..
    Soalnya Manda n Syakila trauma ke dokter krn “njus”nya itu lho,, hehe jd tiap dengar kata “dokter” pasti takut.. Hihihi tp mudah2an mereka ga takut sm dokter gigi.. :p
    Makasi ya dok tips2nya sgt bermanfaat :)

  11. santob
    santob September 11, 2013 at 9:09 am

    Drg rahmita makasih buat tipsnya…
    Sayang Inez(5 thn) keburu udah karies gigi dan skrg gigi grahamnnya lagi sakit, mungkin krn tumbuh gigi. Nanti mlm baru mau ke Drg. semoga semuanya lancar *afirmasi diri sendiri*

  12. Rahmita
    Rahmita September 11, 2013 at 1:12 pm

    @ mama desy : wah senangnya..! semoga kunjungan2 lainnya sukses dan gigi anak2 tetap sehat ya.. =)

    @ MommyManda : kalau Manda n Syakila ada pengalaman yg kurang menyenangkan dengan dokter, disampaikan sebelumnya kepada drg yg akan merawat. dan mgkn kata ‘dokter’ diganti dengan kata ‘tante’.. hehehe… semoga berhasil ya..

    @santob : semoga kunjungan nanti malam sukses ya mom.. =)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.