Ladies, Yuk Angkat Beban!

MammaMia

Banyak perempuan yang begitu mendengar kata weight-training langsung ciut nyali. Banyak dari kita yang berpikir angkat beban hanya untuk laki-laki. Kita sering takut kalau kita berlatih beban, badan akan berubah menjadi berotot ibarat binaragawan/wati. Padahal ternyata angkat beban banyak manfaatnya buat perempuan!

Saat ditanya oleh Personal Trainer (PT) tujuan saya berolah raga, jujur saja saya jawab, I want to be healthy and look good naked! Ngga cuma sekadar kurus karena itu bisa didapat dari diet, saya pingin badan saya sehat, terlihat strong and lean. Saya kagum melihat Gwyneth Paltrow atau Gwen Stefani yang beranak dua tapi masih awet muda dan punya badan yang tidak hanya sexy tapi juga fit.

Salah satu hal yang saya dapat semenjak ikut sesi PT di Fitness First, kalau ingin tubuh seperti mereka, saya harus mau mengangkat beban. Tidak melulu cardio training. Ia menyakinkan saya untuk tidak takut terlihat kekar berotot seperti Hulk, karena perempuan tidak memiliki hormon testosterone. Jika ada perempuan yang kekar berotot, itu karena mereka berolahraga 2-3 kali lebih keras dari laki-laki.

Seorang perempuan biasanya memiliki segudang kegiatan. Kesibukan kita tidak hanya menuntut waktu tapi juga fisik yang sehat. Tidak jarang kita menggendong anak, mengangkat belanjaan, membersihkan rumah dan berjalan atau berdiri berjam-jam. Pernahkah kita merasakan seiring dengan waktu kok sepertinya aktivitas-aktivitas ini terasa semakin berat? Kalau sudah begini sering kita menyalahkan faktor umur. Latihan angkat beban akan memudahkan kita melakukan aktivitas-aktivitas ini karena kita jadi semakin kuat.

Latihan beban tidak hanya dengan mengangkat barbell, plates atau dumbell. Banyak bentuk-bentuk latihan beban lain seperti dengan menggunakan beban berat badan sendiri (seperti push-up, sit-up dan pull-up) atau dengan menggunakan alat TRX (sebuah metode latihan suspensi).

Ada juga bentuk latihan beban dengan ViPR, alat berbentuk tabung dari karet sepanjang 48 inci dengan rentang berat bervariasi.

Kelebihan dari TRX dan ViPR, alat-alat ini tidak sekedar melatih otot tetapi juga fungsi tubuh, kita menjadi semakin lentur dan kuat dalam melakukan kegiatan-kegiatan fisik.

Manfaat lainnya? Weight-lifting juga membuat kita awet muda.

Sepanjang hidup kita akan melawan gravitasi. Cara efektif untuk melawan bagian tubuh yang mengendur adalah dengan mengisinya dengan otot. Tubuh yang berisi otot akan terlihat sehat dan muda. Baju berlengan buntung atau rok mini akan terlihat lebih bagus dipakai. Selain itu saat kita mengangkat beban, otot kita tumbuh berkembang, dan ini akan membuat metabolisme kita membaik, massa tulang semakin padat dan tentunya menjadikan kita “awet” muda luar dan dalam.

Ada satu alasan lagi kenapa kita perlu mengangkat beban. Ternyata otot adalah mesin pembakar lemak yang canggih! That’s right, you heard me. Otot juga membutuhkan makanan. Manusia mengeluarkan 50 kalori untuk memelihara 0.5 kg otot. Bayangkan apabila kita memiliki 6kg otot berarti kita akan mengeluarkan 300 kalori tanpa harus melakukan apapun. Dan apabila dirawat dengan baik “mesin” ini akan terus bekerja walaupun kita sudah selesai berolahraga! Menarik bukan?

16 Comments

  1. ipeh
    Musdalifa Anas January 2, 2014 at 12:30 am

    Mia, baru tau info kalori tentang otot ini, tfs ya mi! Resolusi 2014 mau lebih healthy, hmm jadi tergoda ngegym lagi. Ngaruh banget ya mi pake PT dan nggak? Dulu pernah ngegym trus hamil dan berenti krn ngerasa susah banget dapat waktunya krn ada baby. Jadi tertarik mulai lagi.
    Btw badannya bagus banget, perut rata gitu.

  2. ninit
    ninit yunita January 2, 2014 at 8:06 am

    iya mi… awalnya ragu2 mu angkat beban karena ga pengen punya badan yg tll berotot tapi nyari2 info malah justru angkat beban oke banget ya buat perempuan. sekarang di rumah jadi rajin angkat beban.

    kemaren di fitness first baru nyoba TRX, enak ya buat stretching… tapi, krn newbie… 2 hari masih kerasa pegel2 enaknya hihi.

    miaaa… vipr itu berat banget yaaa, gila deh mi liat elo pake vipr kayak yg ringan gitu.

    setuju sama ipeh, mia badannya kereeen!

  3. crey
    Chrisye Wenas January 2, 2014 at 8:57 am

    Tag this article as favorite! :)
    Tfs, mi…
    2014 juga tetep mau healthy dan emmh mau look good in naked too hihihihi ;)
    Mau dong TUM adain sesi ngegym/workout bareng, gimana…

  4. thearizkia
    thea rizkia January 2, 2014 at 11:35 am

    Miaaa….

    You look so badass! keren banget. I’m so inspired. Bakal nambah frekuensi latian barbel nih di rumah. Thank u so much for the inspiration.

  5. MammaMia
    Mia Kartina Salim January 2, 2014 at 11:36 am

    Thank you pujiannya, mom! hayuk ngegym bareng.

    Nit, vipr ada banyak variasi beratnya bisa mulai dari yang paling ringan 4kg sampai 20kg. Gerakannya awal-awal memang kerasa awkward tapi seringkali gerakannya menyesuaikan sama movement kita sehari-hari thus it’s often called functional training. Nagih loh! hihi
    Let’s look good naked, Crey! Biar suami senang hehehe

  6. ninit
    ninit yunita January 2, 2014 at 11:44 am

    crey,
    pastinya donggg ada sesi workout bareng the urban fit ;) tunggu aja tanggal mainnya.

  7. ninit
    ninit yunita January 2, 2014 at 11:46 am

    mia,
    gw pernah sekaliii nyoba yg 4kg saja… hihihi tough deh.

    liat upper body lo, keren banget miii. suka liatnya. jadi semangat deh ngegym.

  8. yardian
    yardian January 2, 2014 at 2:17 pm

    kerennya mama Miaaaa!
    bikin semangat kembali menggebu nih, biar #cantikperkasa

  9. bunda ichi
    bunda ichi January 2, 2014 at 2:18 pm

    aiiihhh kerennya.. mauuuuu!

  10. cindy
    cindy vania January 2, 2014 at 3:37 pm

    Mbak Miaaaa…badanmu looks hmmm… *apasiihh*
    Ternyata angkat beban buat perempuan itu nggak seseram yang gue bayangin.

    Jadi semangat buat angkat2 nih *angkat galon*
    TFS mbak Mia :)

  11. ZataLigouw
    Zata Ligouw January 4, 2014 at 8:34 pm

    langsung pengen daftar fitness abis baca artikel Mia ini ;p

  12. frizielia
    frizielia January 5, 2014 at 9:34 am

    awwww… i love ur shoulders and arms..
    dulu ak jg gym sejati, tp sejak hamil stop n now i miss my routine in gym.. apalg habis hamil badan melar smua.. dulu tujuan gym itu pingin supaya makan banyak ga gendut.. hahahahaha.. skg cm pingin kenceng aja sih.. habis ilfeel liat my flabby tummy ini..

    btw, mau tny klo habis sc kpn yah bs mulai fitness ato sit up gt??

  13. IndriBracov
    Indri Bracov January 6, 2014 at 7:45 pm

    wuah, thanks banget buat artikel yg sangat bermanfaat. aku dulu juga mikirnya angkat beban ntar bodynya jadi kekar, ternyata enggak toh? oooooo…
    bodymu jenk… kereeeen!! bikin ngiri bangett! no signs of stretchmarks.. *ambisi pengen olahraga di tempat umum pake sports bra doang* #ehGaKesampean
    iya aku juga terkagum2 sama si gwen stefani, udah 2 anak bodynya masih perfect aja. anakku baru satu aja udah flabby ginih…

  14. MammaMia
    Mia Kartina Salim January 7, 2014 at 3:19 pm

    Indri.. masih ada stretch marks di perut.. yang itu memang sepertinya ngga bisa hilang.. But I’m proud of them! We all should be, kan itu battle scars kita sebagai ibu. Tapi bukan berarti kita harus tinggal diam dg flabby tummy kan? hihi.. Yuk, semangat!
    Btw, saya juga caesar dua kali. Waktu itu kembali nge-gym setelah 2 bulan. Syukurnya aman-aman aja. Baiknya sih memang konsultasi dengan personal trainernya.. Karena kondisi setiap orang kan beda :)

  15. cihuyymommy
    cihuyymommy March 19, 2014 at 7:27 pm

    waaaa keren bgt mama Mia! akupun dari dulu kepengen berotot sebenernya, terinspirasi dr Gwen yg badannya dulu sampe sekarang keren! dan setuju banget nih sm mama Mia, pengen sehat dan look good naked :)) liat artikel ini jadi makin pengen ngegym lagi, tp msh terhalang Jasmine yg ngga bisa ditinggal setiap hari buat ngegym :(

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.