Ladies, Yuk Angkat Beban!

Banyak perempuan yang begitu mendengar kata weight-training langsung ciut nyali. Banyak dari kita yang berpikir angkat beban hanya untuk laki-laki. Kita sering takut kalau kita berlatih beban, badan akan berubah menjadi berotot ibarat binaragawan/wati. Padahal ternyata angkat beban banyak manfaatnya buat perempuan!

Saat ditanya oleh Personal Trainer (PT) tujuan saya berolah raga, jujur saja saya jawab, I want to be healthy and look good naked! Ngga cuma sekadar kurus karena itu bisa didapat dari diet, saya pingin badan saya sehat, terlihat strong and lean. Saya kagum melihat Gwyneth Paltrow atau Gwen Stefani yang beranak dua tapi masih awet muda dan punya badan yang tidak hanya sexy tapi juga fit.

Salah satu hal yang saya dapat semenjak ikut sesi PT di Fitness First, kalau ingin tubuh seperti mereka, saya harus mau mengangkat beban. Tidak melulu cardio training. Ia menyakinkan saya untuk tidak takut terlihat kekar berotot seperti Hulk, karena perempuan tidak memiliki hormon testosterone. Jika ada perempuan yang kekar berotot, itu karena mereka berolahraga 2-3 kali lebih keras dari laki-laki.

Seorang perempuan biasanya memiliki segudang kegiatan. Kesibukan kita tidak hanya menuntut waktu tapi juga fisik yang sehat. Tidak jarang kita menggendong anak, mengangkat belanjaan, membersihkan rumah dan berjalan atau berdiri berjam-jam. Pernahkah kita merasakan seiring dengan waktu kok sepertinya aktivitas-aktivitas ini terasa semakin berat? Kalau sudah begini sering kita menyalahkan faktor umur. Latihan angkat beban akan memudahkan kita melakukan aktivitas-aktivitas ini karena kita jadi semakin kuat.

Latihan beban tidak hanya dengan mengangkat barbell, plates atau dumbell. Banyak bentuk-bentuk latihan beban lain seperti dengan menggunakan beban berat badan sendiri (seperti push-up, sit-up dan pull-up) atau dengan menggunakan alat TRX (sebuah metode latihan suspensi).

Ada juga bentuk latihan beban dengan ViPR, alat berbentuk tabung dari karet sepanjang 48 inci dengan rentang berat bervariasi.

Kelebihan dari TRX dan ViPR, alat-alat ini tidak sekedar melatih otot tetapi juga fungsi tubuh, kita menjadi semakin lentur dan kuat dalam melakukan kegiatan-kegiatan fisik.

Manfaat lainnya? Weight-lifting juga membuat kita awet muda.

Sepanjang hidup kita akan melawan gravitasi. Cara efektif untuk melawan bagian tubuh yang mengendur adalah dengan mengisinya dengan otot. Tubuh yang berisi otot akan terlihat sehat dan muda. Baju berlengan buntung atau rok mini akan terlihat lebih bagus dipakai. Selain itu saat kita mengangkat beban, otot kita tumbuh berkembang, dan ini akan membuat metabolisme kita membaik, massa tulang semakin padat dan tentunya menjadikan kita “awet” muda luar dan dalam.

Ada satu alasan lagi kenapa kita perlu mengangkat beban. Ternyata otot adalah mesin pembakar lemak yang canggih! That’s right, you heard me. Otot juga membutuhkan makanan. Manusia mengeluarkan 50 kalori untuk memelihara 0.5 kg otot. Bayangkan apabila kita memiliki 6kg otot berarti kita akan mengeluarkan 300 kalori tanpa harus melakukan apapun. Dan apabila dirawat dengan baik “mesin” ini akan terus bekerja walaupun kita sudah selesai berolahraga! Menarik bukan?

16 Comments

  1. avatar
    Vina March 19, 2014 7:27 pm

    waaaa keren bgt mama Mia! akupun dari dulu kepengen berotot sebenernya, terinspirasi dr Gwen yg badannya dulu sampe sekarang keren! dan setuju banget nih sm mama Mia, pengen sehat dan look good naked :)) liat artikel ini jadi makin pengen ngegym lagi, tp msh terhalang Jasmine yg ngga bisa ditinggal setiap hari buat ngegym :(

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Mia K Fitri January 7, 2014 3:19 pm

    Indri.. masih ada stretch marks di perut.. yang itu memang sepertinya ngga bisa hilang.. But I'm proud of them! We all should be, kan itu battle scars kita sebagai ibu. Tapi bukan berarti kita harus tinggal diam dg flabby tummy kan? hihi.. Yuk, semangat!
    Btw, saya juga caesar dua kali. Waktu itu kembali nge-gym setelah 2 bulan. Syukurnya aman-aman aja. Baiknya sih memang konsultasi dengan personal trainernya.. Karena kondisi setiap orang kan beda :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Indri Bracov January 6, 2014 7:45 pm

    wuah, thanks banget buat artikel yg sangat bermanfaat. aku dulu juga mikirnya angkat beban ntar bodynya jadi kekar, ternyata enggak toh? oooooo...
    bodymu jenk... kereeeen!! bikin ngiri bangett! no signs of stretchmarks.. *ambisi pengen olahraga di tempat umum pake sports bra doang* #ehGaKesampean
    iya aku juga terkagum2 sama si gwen stefani, udah 2 anak bodynya masih perfect aja. anakku baru satu aja udah flabby ginih...

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    frizielia January 5, 2014 9:34 am

    awwww... i love ur shoulders and arms..
    dulu ak jg gym sejati, tp sejak hamil stop n now i miss my routine in gym.. apalg habis hamil badan melar smua.. dulu tujuan gym itu pingin supaya makan banyak ga gendut.. hahahahaha.. skg cm pingin kenceng aja sih.. habis ilfeel liat my flabby tummy ini..

    btw, mau tny klo habis sc kpn yah bs mulai fitness ato sit up gt??

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    zata ligouw January 4, 2014 8:34 pm

    langsung pengen daftar fitness abis baca artikel Mia ini ;p

    1. avatar

      As .