Lasagna

otty

Banyak yang menyangka lasagna itu makanan yang susah sekali untuk dibuat sendiri. Sebetulnya tidak susah lho, cuma memang kelihatan agak ribet karena harus menyusun tiap lapisannya. Gak percaya? Coba baca resep ini lalu dipraktikkan di rumah deh…

Lasagna

Bahan:

  • Kulit lasagna oven ready (supaya lebih mudah)
  • Saus daging
  • Saus keju

Saus daging:

  • 300 gram daging sapi giling
  • 3 buah tomat, parut dan buang kulitnya
  • 1/3 botol saus tomat (atau sesuai selera)
  • 3 siung¬†bawang putih, cincang
  • 1 buah bawang bombay, potong kecil
  • 1 tray¬†jamur champignon, potong kecil
  • oregano
  • garam
  • merica
  • minyak untuk menumis

Cara membuat:

  • Panaskan minyak lalu tumis bawang hingga wangi.
  • Masukkan daging giling dan aduk hingga berubah warna, lalu tambahkan jamur.
  • Beri tomat parut dan saus tomat, lalu tambahkan bumbu lainnya hingga rasanya pas.
  • Jika sudah matang, matikan api dan sisihkan. Saus daging ini jangan dibuat terlalu kering karena kita membutuhkan airnya untuk mematangkan kulit lasagna (kalau perlu tambahkan sedikit air waktu memasak).

Saus keju:

  • 3 sdm margarin/butter
  • 3 sdm tepung terigu
  • 600 ml susu
  • 1 blok keju cheddar, parut

Cara membuat:

  • Lelehkan margarin/butter lalu masukkan tepung terigu.
  • Aduk cepat hingga adonan tercampur rata.
  • Matikan api lalu tuang susu dan keju, aduk.
  • Setelah tercampur rata nyalakan kembali api dan aduk hingga adonan agak mengental (jangan sampai terlalu kental soalnya nanti jadi susah diratakan dan akan tambah kental lagi setelah dingin) lalu matikan api.

Penyelesaian:

  • Panaskan oven.
  • Letakkan kulit lasagna di dasar pinggan, beri 1/3 adonan daging lalu tutup dengan 1/3 adonan keju. Kulit lasagna tidak usah rapat menutup pinggan, secukupnya saja karena nanti setelah matang kulitnya akan mengembang.
  • Ulangi langkah di atas hingga semua adonan habis (saus keju akan berada di lapisan paling atas).
  • Panggang selama 30 menit atau hingga bagian atasnya berwarna kecoklatan.

Catatan: Saus daging dan saus keju bisa disiapkan terlebih dahulu dan disimpan di chiller, lumayan untuk mengurangi kerepotan sebelum memanggang.

Selamat mencoba!

25 Comments

  1. ruuzuly
    Ruliyani Nuzuly August 5, 2012 at 3:33 am

    Ummh yummyyyyy..
    Jadi tiba2 inget posisi rak kulit lasagna di supermarket langganan :D hihihi..
    Harus cobaaaaaa!!!!!
    Tfs yaaahhhh mbak Pangastuti ^^

    1. otty
      Pangastuti Sri Handayani August 6, 2012 at 3:36 pm

      Selamat masak2 ya :)

  2. bisri
    Achmad Bisri August 5, 2012 at 7:29 am

    Wah tante Otty jago masak kayaknya, kalo ke Surabaya mampir ah nodong masakan enak haha :D

    1. otty
      Pangastuti Sri Handayani August 6, 2012 at 3:38 pm

      Kalo Kang Bisri udah nyampe Surabaya sih, ngapain juga makan masakan gue. Mending kita keliling makan bebek, penyetan, rujak cingur hehe…

  3. fanny
    Fanny Hartanti August 5, 2012 at 11:50 pm

    dari dulu pengen bikin lasagna masih maju mundur.. takut ribet..
    tapi gara2 otty jadi pengen nyobain ahhhh

    1. otty
      Pangastuti Sri Handayani August 6, 2012 at 3:40 pm

      Ga ribet kok, Fan. Apalagi kalo lo nyicil bikin dagingnya dulu trus disimpen di kulkas, begitu mo manggang tinggal bikin saos kejunya trus nyusun2 deh.

      Tapi ini gue udah 2x kecolongan sama Nara. Udah bikin dagingnya, eh abis dimakanin sama dia pake nasi/macaroni sebelum gue sempet bikin lasagna!

  4. gabriella
    Gabriella Felicia August 6, 2012 at 6:04 am

    ini enak… pertama kali bikin lasagna pake resep otty… trus ketagihan deh…

    1. otty
      Pangastuti Sri Handayani August 6, 2012 at 3:41 pm

      Horee seneng deh kalo Ella suka. Mudah2an Albert suka juga ya :)

  5. ninit
    ninit yunita August 7, 2012 at 8:25 am

    ih sama ty!
    lasagna ini salah satu menu andalan! enaaak :)

    1. otty
      Pangastuti Sri Handayani August 29, 2012 at 10:32 am

      Iya betulll… Trus masih bisa dimasukin wortel parut/potong kecil juga di dagingnya, lumayan nambahin sayur buat anak2 :)

  6. sLesTa
    shinta lestari August 7, 2012 at 1:13 pm

    lasagna ini menu andalan gue waktu dulu masih tinggal sendiri di amerika. bikin sepinggan gede pas weekend, mayan buat dinner pas weekdays.. gak perlu pake masak2, tinggal potong2, angetin masuk microwave. walopun ya bosen sih kalo weekdays makan ini doang, tapi mayan banget kalo pas lagi males masak, tinggal ambil aja :P

    1. otty
      Pangastuti Sri Handayani August 29, 2012 at 10:42 am

      Gue juga suka begitu :D

  7. Honey Josep
    Honey Josep August 9, 2012 at 12:00 pm

    mau nyoba pas libur lebaran ah :)

    Tfs Otty :)

    1. otty
      Pangastuti Sri Handayani August 29, 2012 at 10:43 am

      Udah dicoba beluuumm?? Mudah2an suka ya :)

  8. fuzywuzy
    Fifi Fidhyani August 9, 2012 at 8:46 pm

    mba, kulit lasagna belinya d mana yak?di supermarket seperti car****four ada ngga ya?belum pernah nemu alias nyari siyh.. hehehe..

    1. otty
      Pangastuti Sri Handayani August 29, 2012 at 10:39 am

      Di supermarket besar biasanya ada, malah belakangan ini aku udah pernah beli di superindo (sebelumnya ga ada).

  9. bundacarissa
    EKA WULANDARI August 24, 2012 at 10:30 am

    aq udh coba bikin nih bun, tyt emg simpel bgt yaah, pdhl kebayang ribetnya sebelum liat resep inih;)

    1. otty
      Pangastuti Sri Handayani August 29, 2012 at 10:44 am

      Ternyata gampang kan ;)

  10. irenaxp
    irenaxp August 29, 2012 at 10:19 am

    pernah nyoba bikin lasagna tp selanjutnya muales krn ribet bener prosesnya, trus iseng coba resep yang ini ternyata simpelll, seneng dehhh

    1. otty
      Pangastuti Sri Handayani August 29, 2012 at 10:45 am

      Horee, seneng deh kalo pada suka :) Emang ga susah kok, entah mengapa resep2 lain suka keliatan susah banget.

  11. rey
    rey November 11, 2012 at 2:49 pm

    mba, kalo pake lasagna yg merk san remo apakah bisa langsung oven tanpa direbus dulu kayak spaghetti? di bungkusnya sih dibilang instant lasagna..

  12. otty
    Pangastuti Sri Handayani November 19, 2012 at 5:39 pm

    Lasagna instant merk apapun (ga cuma San Remo) bisa dipake langsung tanpa direbus. Aku udah pernah nyoba 2 merk: Agnesi dan San Remo, dua2nya bisa dipake. Bedanya San Remo butuh lebih banyak air, jadi pastiin saus dagingnya ga terlalu kering (agak becek) supaya airnya bisa ngebasahin lasagnanya dan jadi lembek.

  13. vee sadin
    vee sadin December 16, 2012 at 12:59 am

    yeeeaaa,, tq mba otty…ini udah ke 4x nya buat lasagna dalam 2 minggu..enakk si hubby sukaaaa bgt,gak perlu pesen lasagna nya PHD tengah malam..klo pengen udah lsg buat aja,resepmya guampangggg n’ gak ribet…

  14. Dina_Titan
    Dina Dwi Tantini December 18, 2012 at 7:57 pm

    so simple ya..mu nyoba bikin aaaahhh..tfs mbak ^^

  15. Mir
    Marlin June 23, 2013 at 8:01 pm

    otty… mantab nih resepnya… buat cemilan sore tadi sekeluarga. suami suka, nyokap suka, raf juga sukaa…. maaci ya… o iya, keju cheddarnya aku ganti pake cheddar yang cepet leleh merek K*aft. maknyuuussss..

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.