Mainan Edukatif

dina.thea

Beberapa hari yang lalu, di berita televisi heboh dengan pistol mainan yang menyebabkan beberapa orang anak divonis akan buta, astagfirullah. Bagi saya, pistol mainan tersebut persis dengan pistol aslinya. Harganya sekitar puluhan ribu sampai ratusan ribu. Orang tuanya membelikan karena rengekan anak dan ada orangtua yang memang membelikan untuk anak sebagai hadiah. Saya sendiri tidak akan membelikan mainan tersebut bagi anak saya meskipun anak merengek.

Oleh karena itu, saya mencoba membuatkan Amira mainan berupa jam. Bisa diputar dan bisa bergerak. Jadi benar-benar seperti jam yang sesungguhnya. Gunanya mengajak anak supaya kreatif dan bisa digunakan untuk belajar angka dan menyebutkan waktu. Jadi ceritanya saya membuat mainan edukatif yang murah meriah, dari bahan yang ada di rumah.

Bahan Jam Dinding:

  • Dus bekas susu (material kertas hard cover).
  • Dua korek api.
  • Sepotong lilin.
  • Karet gelang.
  • Pulpen / Pensil warna.
  • Gunting.

Cara Membuatnya:

  • Gunting dus menyerupai jam dan dihias dengan menggunakan pensil warna supaya menarik.
  • Di beli lubang kecil di tengah dus agar memudahkan karet gelang masuk.
  • Tengah Lilin diblongin juga, supaya karet gelang bisa masuk
  • Setelah karet masuk ke dus dan lilin, sematkan korek api.
  • Untuk bagian bawah, sematkan lagi korek api, gunanya untuk pemutar.

Selamat mencoba, Mama :) Kita kenalkan anak-anak dengan mainan edukatif agar anak menjadi kreatif dan tentunya cerdas.

13 Comments

  1. ninit
    ninit yunita November 12, 2010 at 7:04 am

    hi dina,
    untuk mainan… saya pribadi ngga membelikan anak2 saya mainan pistol dll. lebih suka yang lain. keren banget deh din bikin jam ini. mau dicoba ah weekend ini :) TFS yaaa…

  2. Mirza Resita
    November 12, 2010 at 7:22 am

    inspiring… TFS
    sama, walaupun punya anak laki2, aq ga beliin mainan pistol, hal itu sama dgn mengajarkan kekerasan…hiii sereeem

  3. superpippo
    Astrid Lim November 12, 2010 at 8:30 am

    bagus idenya =) iya betul, jadi inget dulu pas kecil suamiku pernah mainan pistol kayak gitu dan nyaris bikin mata adiknya buta =( ternyata jaman sekarang masih ada aja ya mainan bahaya kayak gitu…anyway TFS yah! =)

  4. Mirza Resita
    November 12, 2010 at 8:48 am

    Astagfirullah ngeri bgt y, semoga jd pelajaran bwt kita para orangtua n g kejadian lg

    Btw TFS y mama Dina, simple tp kreatif bgt, mw coba ah…
    Aku pribadi lebih seneng ky gini, bisa d bikin sendiri tp bermanfaat bgt :)

  5. eka
    Eka Wulandari Gobel November 12, 2010 at 9:57 am

    jd inget zaman kecil jg org tua saya ga pernah beliin pistol2an buat abang2 saya. Pas sd, kita beli sendiri pake uang jajan, pistolnya pistol air, jd becek2an di rumah, dan dimarahin ibu.. Hehe..
    Senjata2annya, dibikinin bapak pake pelepah daun pisang…

    Tfs ya, ide jam mainannya. Keren dan simple nih..
    Mau coba bikin ah, buat enzo ;)

  6. Mirza Resita
    November 12, 2010 at 10:13 am

    Wah, artikel sudah dimuat, senengnya… first time kirim artikel :D

    @ninit : sip deh mama :)
    @trias : hooh syerem deh kalo lihatnya
    @astrid : iya, harus hati2 memilih maenan
    @mila : yup, memanfaatkan bahan yang ada ;)
    @Sri : ditunggu mama, postingan tentang bikin senjata dari pelepah daun pisang, eh sekarang mah gampang2 susah carinya yak :D

    Salam kenal semuanya >:D<

  7. Mirza Resita
    November 12, 2010 at 10:38 am

    kereen…bs dicontoh ni..soalnya bukan ibu yg kreatif..:)
    tambahan, mainan edukatif lain bs dengan mencocok.
    bisa gambar dr majalah,koran,dsb..bs melatih motorik halus.
    razan lg suka kerjain itu..

    thx ya mb dina

  8. November 12, 2010 at 11:17 am

    Dina, tfs ya..
    Ini mainan edukatif yg ternyata simpel bgt ya bikinnya…
    Duh, ngilu deh baca mainan pistol itu, mana anak gw laki pula.. definitely ngga bakal beliin dia pistol…

  9. Mirza Resita
    November 16, 2010 at 4:41 pm

    aku punya semboyan “yg namanya kreatif itu ya harus murah”
    ini ni cocok banget buatku….

  10. Mirza Resita
    November 18, 2010 at 9:46 am

    @chrisye : yup, yg simpel2 aja, tapi edukatif
    @muflichatul Ahliana : Sip deh, semoga bermanfaat

  11. Mirza Resita
    November 18, 2010 at 10:22 pm

    waduh, setiap box kardus susu anak aku , selalu aku buang, bingung mau di apa in ..hehhe…

    nti deh .ikutan buat yg seperti ini, kalo ada yg punya artikel recyling kardus susu info info dunk link nya…

    Thanx

  12. Mirza Resita
    November 19, 2010 at 10:09 am

    @Nilla : kardus susu bisa dimacem2in lho mam, bisa dirubah jadi pigura foto, bisa jadi untuk alas coret2, bisa dirubah macem2 bentuk, kalo mamanya mau kreatif ;)

  13. realita
    Lita Riyanti November 26, 2010 at 11:40 am

    ngeriii bgt…TFS yah mbak, walopun Biya(22m) blom tertarik sm jam, mau deh coba bikin, tp mm..ada ga kira2 ide untuk mainan lain yg bisa menarik minat anak 22m yg lbh suka ngacak2 kamar drpd mainan apapund i dunia ini *sigh*

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.