Mari Membuat Light Table

fmasudah
Fenny Masudah She is a full time stay-a-home mom who loves cooking Indonesian food, fashion, and making activities and DIY toys for her little daughter Alika. She is blessed to have a supportive husband Ramanda. Currently live in Melbourne, Australia.

Light table sekarang ini tidak hanya digunakan untuk kalangan orang dewasa saja, anak-anak usia balita sudah bisa diperkenalkan bermain sambil belajar dengan penggunaan media light table. Light table bisa mudah dibeli di toko yang menyediakan barang keperluan alat-alat kantor dan alat tulis, tetapi harganya mahal sekali. Tetapi tidak perlu khawatir, kita bisa membuat sendiri light table ini. Saya akan membagi beberapa tips yang mudah diikuti untuk membuat light table sendiri di rumah dengan barang-barang yang murah dan mudah didapat.

Alat dan Bahan:

  1. Box atau wadah plastik yang ada tutupnya, untuk ukuran tergantung selera mau kecil atau besar. Pilih wadah yang plastiknya clear atau yang frosted. Kebetulan yang saya posting di sini menggunakan plastik yang transparan tembus pandang.
  2. Alumunium foil, atau urban mama bisa juga memakai cat semprot pilox warna perak.
  3. Baking paper (kertas roti), atau bisa juga menggunakan tissue paper (kertas krep) atau tracing paper (kertas kalkir).
  4. Lampu LED yang memakai baterai, banyaknya tergantung besar-kecilnya wadah plastik yang dipilih. Saya menggunakan kotak plastik berukuran 41 cm x 25 cm x 12 cm dan saya menggunakan enam buah lampu LED yang dibeli dari IKEA.

Cara membuat:

1. Tutup seluruh bagian wadah plastik container (kecuali bagian tutup plastik) dengan aluminium foil secara merata. Apabila menggunakan cat pilox, semprotkan secara merata lalu keringkan. Kenapa harus ditutupi atau dicat? Ini supaya cahaya lampu LED terfokus tidak memancar ke mana-mana, sehingga cahaya yang dihasilkan ke bagian atas akan lebih terang.  Kalau urban mama memakai wadah plastik yang frosted atau doff tidak perlu dilapisi atau dicat lagi.

.
2. Setelah itu, tutupi bagian dalam pada tutup wadah plastik dengan baking paper/tissue paper/tracing paper dan rekatkan dengan selotip atau masking tapes.
.
3. Pasang lampu LED, di sini saya memilih jenis LED yang memakai baterai agar mudah dipindah-pindahkan dalam light tablenya dan lebih aman untuk si kecil. 

 

Setelah membuat light table, sebenarnya jenis permainan apa saja yang bisa dimainkan menggunakan media light table? Pada dasarnya jenis permainannya bisa apa saja dan lebih ke arah open ended play, di mana anak dibebaskan untuk berkreasi, berimajinasi, menciptakan sesuatu dengan bahasa mereka sendiri tanpa ada batasan atau peraturan serta bereksplorasi dengan cahaya, bayangan dan refleksi. Agar lebih menarik dan memperlihatkan struktur, bentuk, warna, atau tulisan biasanya permainan dengan menggunakan light table memakai material yang transparan (translucent) ketimbang solid material.  Permainan dengan menggunakan light table banyak dipakai di sekolah taman kanak-kanak yang terinspirasi dengan pendekatan filsafat pendidikan Reggio Emilia.

Berikut ini beberapa permainan yang saya berikan kepada Alika dengan menggunakan light table:

  • Permainan sensorik dengan waterbeads
.
  • Belajar huruf-huruf melalui gambar binatang yang saya buat dari plastik laminating dan plastik koin transparan
.
  • Mensortir bentuk-bentuk 3-dimensi dan 2-dimensi 
.
  • Play pretend di mana saya menggambar karakter kesukaan Alika pada gelas plastik lalu dihias dengan berbagai pernak-pernik yang disebar di atas light table 
.

Bagaimana urban mama, mudah bukan cara membuat light table? Yuk kita buat agar si kecil tambah asyik bermain!

21 Comments

  1. ninit
    ninit yunita November 5, 2014 at 6:50 am

    omg feeen!
    jaw dropping liat ini… keren banget siiih! *sungkem* asik banget yaaa light table ini.

  2. Kira Kara
    Bunda Wiwit November 5, 2014 at 7:38 am

    astagaaa… kreatif sekali! Ini keren banget… Itu LED nya ada yang bisa langsung jadi lengkap sama baterainya gitu ya??

  3. ZataLigouw
    Zata Ligouw November 5, 2014 at 8:06 am

    aaaakh Fenii, aku padamuuu..

    keren banget idenya!, harus gw bikin nih buat Sabil. Jangankan Sabil yang masih balita, kakak2nya pun masih seneng nih liat ginian :)

    makasih banyak artikelnya ya Fennn..

  4. siska.knoch
    Siska Knoch November 5, 2014 at 8:16 am

    Ini yg ditunggu2…!!! hihihi
    Makasi banyak mba fenny.. ideunya selalu cetar badai :*

  5. nioanio
    nioanio November 5, 2014 at 9:05 am

    wah keren banget ini mba Fenn…

  6. efatalia
    efatalia November 5, 2014 at 9:58 am

    Hi mom…. I’ve seen this a lot in education for toddler blogs… as a respect to the blog owner…please kindly indicate where you cite this from… thank you

  7. ipeh
    Musdalifa Anas November 5, 2014 at 10:05 am

    Keren banget. Thanks mama Fenny

  8. Shinta_daniel
    Shinta Daniel November 5, 2014 at 10:06 am

    Selalu kagum sama usaha, kreatifitas dan ketelatenan Fenny ngajak main sambil belajar Alika. Two thumbs up buat Fenny dan Alika

  9. gabriella
    Gabriella Felicia November 5, 2014 at 10:33 am

    Keren banget Fen! Jadi pengen bikin juga! Dulu waktu kecil suka main light table gini dari meja tamu yang kaca dengan senter di kolongnya. Masih kebayang serunya!

  10. fmasudah
    Fenny Masudah November 5, 2014 at 5:08 pm

    Terima kasih ibu-ibu atas komennya sangat senang sekali semoga bermanfaat yah

  11. fmasudah
    Fenny Masudah November 5, 2014 at 5:32 pm

    Efatalia: Hi mom, thank you for your reminding me. Saya memang terinspirasi dari beberapa blogs membuat light table mungkin saya akan cantunkam disini salah satunya Motleytoddler untuk pembuatan light table, kalau permainannya sendiri ide dari saya dan terinpirasi dari twinsatplayblog. Thank you

  12. rainiw
    Aini Hanafiah November 5, 2014 at 5:46 pm

    ini keren banget! dulu pernah bikin pake meja kaca & lampu neon buat nggambar komik, tapi yang ini lebih aman buat anak2 ya kalau pakai kotak plastik :D ide bermain utk anak2nya keren-keren deh, tfs yaa Fenny

  13. fmasudah
    Fenny Masudah November 5, 2014 at 5:50 pm

    thank you mba aini, yah suamiku juga bikin dari box kayu dan kaca dan lampu neon untuk gambar komik waktu masih kuliah, tadinya mau bikin seperti itu mba tapi berat ga bisa dibawa kemana-mana sama si anak :P

  14. eka
    Eka Wulandari Gobel November 5, 2014 at 6:21 pm

    iih kereeen! asyik banget yaa main2 light table gini. tfs fenny!

  15. fmasudah
    Fenny Masudah November 6, 2014 at 6:33 am

    Terima Kasih mba eka, memang keren dan asyik, so big thanks sama pencentus ide pertama kali diy light table menggunakan plastik box menjadi inspirasi para ibu2 dan guru2 yg ngeblog termasuk saya

  16. enjimagetsari
    Enji Magetsari November 6, 2014 at 8:39 am

    whoaa, kreatif sekali mom fenny! paling suka sama yang belajar huruf-huruf melalui gambar binatang ituu..bikin ah buat Maha, tfs mom :)

  17. fmasudah
    Fenny Masudah November 6, 2014 at 9:38 am

    Mba enji terima kasih saya tidak kreatif cuma ga ada kerjaan

  18. sukie
    Sukma Pertiwi November 6, 2014 at 9:45 am

    aduuh jadi pengen nyoba2. kreatif banget beneran mba fenny. salam kenal yaa, dan TFS :)

  19. cindy
    cindy vania November 7, 2014 at 11:39 pm

    mba fennyyy…ini keren bangeet.
    mau coba bikin aah. terimakasih ya mba :)

  20. fmasudah
    Fenny Masudah November 8, 2014 at 2:11 pm

    Mba sukma dan cindy terima kasih, semoga bermanfaat yah informasinya dan anaknya senang jg

  21. elzahra
    elzahra November 12, 2014 at 9:46 am

    sederhana namun keren asli…..makasih kontribusi idenya ya….

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.