Melindungi Bayi dari Sinar Ultraviolet

siska.knoch

Belakangan ini rasanya sinar matahari makin terik saja. Saya merasa tidak tahan kalau harus keluar rumah atau menyetir tanpa mengenakan sunglasses. Hal ini membuat saya berpikir, kalau saya saja merasa tidak tahan dengan silaunya sinar matahari, apa yang terjadi dengan bayi. Dari yang saya baca di sini, memang sinar ultraviolet (UV) bisa meningkatkan risiko terjadinya katarak atau gangguan mata lainnya di kemudian hari.

Kalau saya menjaga diri dengan memakai tabir surya dan sunglasses, bagaimana dengan anak-anak? Migu yang sudah lebih besar dibiasakan memakai topi jika keluar rumah atau saat bermain di luar. Kadang kalau melihat saya memakai sunglasses, ia akan ikut-ikutan. Saya berusaha menghindari untuk membawa Vino keluar rumah dan terpapar sinar matahari secara langsung antara pukul 10.00-16.00 karena saat itu matahari sedang terik-teriknya bersinar. Vino biasanya saya pakaikan tabir surya yang cocok untuk bayi, tapi sampai sekarang ia terlihat tidak nyaman kalau harus memakai topi atau sunglasses.

 

Kebetulan saya menemukan UV sunshade yang bisa dipasang di stroller, sehingga Vino bisa tetap nyaman ketika duduk di stroller dan terlindung dari sinar ultraviolet. Selain untuk dipakai di luar ruangan, UV sunshade juga berguna untuk di dalam ruangan karena ada pancaran sinar ultraviolet dari lampu.

UV Sunshade Bodibaby ini terbuat dari bahan lycra dengan UPF 50 sehingga bisa mengurangi efek sinar UV dari matahari dan lampu. UV Sunshade Bodibaby mudah sekali digunakan dan dipasang pada semua jenis stroller. Bahannya elastis dan bisa dilipat sehingga praktis untuk dibawa-bawa.

Mungkin ini juga bisa menjadi solusi bagi urban mama yang sedang mencari pelindung sinar UV bagi bayi. Untuk urban mama yang ingin mendapatkan UV Sunshade Bodibaby, saat ini sedang ada diskon 10% khusus pembelian UV Sunshide Bodibaby di Lazada.co.id hingga 31 Desember 2014.

Kami punya satu UV Sunshade Bodibaby yang akan kami berikan kepada urban mama yang beruntung. Silakan berbagi tips cara melindungi bayi dari sinar UV dengan meninggalkan komentar pada artikel ini. Semoga beruntung!

15 Comments

  1. eka
    Eka Wulandari Gobel December 23, 2014 at 4:58 am

    wah canggih yaa sekarang ada UV sunshade seperti ini! memang lebih aman dan bikin bayi nyaman di stroller ya.
    TFS mommylove!
    *kiss vino*

  2. ninit
    ninit yunita December 23, 2014 at 6:03 am

    bener bangeeet!
    sekarang cuacanya lagi campur2. panaaas banget dan tiba2 bisa ujan besar tiba2. beneran ga tahan kalo lg panas ngga pake cengdem *halaaah cengdeeem*. udah bukan gaya lagi. bener yaa… gimana anak2 kalo kita aja heboh pake cengdem & sunblock.

    bener banget nih pake uv sunshade bodibaby… baby jadi aman :) bahan lycra UPF 50 juga yaa.

  3. Kira Kara
    Bunda Wiwit December 23, 2014 at 7:10 am

    Vino, nyaman banget duduknya.. Enak ya pake UV sunshade bodibaby, jadi gak silau. Tahunya dulu kalo harus jalan bawa bayi siang hari bawa payung aja. Tapi rempong juga, apalagi kalo bayinya udah gede. Beraaaat, jenderal!

  4. ipeh
    Musdalifa Anas December 23, 2014 at 7:27 am

    Chika bener banget, sekarang ini cuacanya lagi gak tentu ya, pagi jam 7 aja kaya udah berasa jam 10 krn terik. Lucu ya uv sunshade ini, baru tau ada produk kaya gini.

    Biasanya kalau lagi terik gini, yuna aku pakaiin sunscreen dan topi aja, kalau di stroller pakai selimut aku tutupin di atas strollernya, itu kalau lagi yoona lagi tidur, kalau nggak pasti ga betah juga. Masuj tips ga ya ini, pengen sunshade juga soalnya :D

  5. siska.knoch
    Siska Knoch December 23, 2014 at 7:29 am

    Ihiyyy udah tayang artikelnya vino…! hihi..
    iyaaa, wajib deh punya ini kalo anaknya masih rajin/mau duduk di stroller. asli gampang banget masang dan lepasinnya, cuma di iket di ujung stroller jadi, langsung cuss pergi2 :)

  6. akachan
    akachan December 23, 2014 at 8:37 am

    kalo hafiz kebanyakan masih digendong kalau pergi,baru pake stroller kalo tempat tujuan stroller friendly.
    bayi emang belum nyaman ya kalo dipakein topi, jadinya kalo pas jalan dan kondisinya panas,ditutupin pake selimut kepalanya. belum coba pakein sunblock, kalo main ke taman juga biasanya sore2,pas lagi teduh2nya

  7. ZataLigouw
    Zata Ligouw December 23, 2014 at 10:20 am

    ah iya kereenn ada UV protectionnya segala, canggih banget.., tenang deh ajak anak jalan2 keluar rumah :)

  8. bunda_rizma
    bunda_rizma December 23, 2014 at 3:34 pm

    keren bener ada beginian ya, baru tau.
    tfs mama chika.
    kl Rizma biasanya pake kaos+celana panjang+topi (pake sepatu jg. kl pun kaosny pendek, saya pakein jaket/cardigan. baru deh di tempat tujuan lepas jaket/cardigannya :)

  9. gabriella
    Gabriella Felicia December 23, 2014 at 11:05 pm

    Keren ya sekarang ada beginian. Jadi orangtua bisa lebih tenang, gak takut anaknya kepanasan. TFS ya Chik…

  10. cindy
    cindy vania December 24, 2014 at 8:53 am

    UV sunshade bodibaby cenggiii! Memudahkan para ortu yang harus bawa anaknya keluar pas jam2 matahari terik.
    kalo anak2 gue sih paling pake sunblock dan topi aja sih kalo pas keluar lagi terik gitu,kadang pake kaos panjang tipis,biar gak perih

  11. dhetiezhar
    nurasti novitasari December 29, 2014 at 3:50 pm

    mama chika… thanks infonya ya.
    Seneng deh ada sunshade yg cocok sama semua jenis stroller, kompatibel bgt ya.
    Walaupun skrg dah masuk musim hujan, tp yang namanya sinar UV mah ga kenal musim ya. Untuk melindungi ainasofia(20m) dari sinar UV, aktivitas outdoor hanya boleh dilakukan pagi hari sebelum pukul 09:00 dan sore hari setelah pukul 16:00.
    Kalau terpaksa bgt harus kagiatan outdoor, dia biasanya pakai kaos lengan panjang & celana panjang yang bahannya katun. Karena dia ga suka pakai topi, jadi diakalin pakai hoodie jaket. Ga lupa wajah & telapak tangan dioles sunblock khusus baby.

  12. otie
    otie December 29, 2014 at 4:34 pm

    Wah Oke juga ya ada produk Sun Shade yg bisa dipasang di stroller.
    Kalau pengalaman saya dalam melindungi bayi dari sinar ultraviolet sih sedapat mungkin menghindari paparan sinar matahari pada puncak teriknya matahari (sekitar pukul 10-15).

    Jika terpaksa harus keluar pada jam tsb, saya akan memastikan bbrp hal pada bayi/anak:
    1. Memakaikan baju lengan panjang dan celana panjang yang bahannya tidak tebal namun menyerap keringat.
    2. Memakaikan topi dengan pinggiran lebar yang melindungi wajah untuk perlindungan maksimum (untuk Reyna topi bundar; utk Michael topi model cap yang ada lidah di depannya)
    3. Memakaikan tabir surya khusus bayi tipis2 di area yang terbuka, seperti tangan dan wajah mereka.
    4. Memakaikan sunglasses bayi. Si kakak saya belikan “Babiators” yang anti-patah dan memberikan proteksi 100% dari sinar UVA dan UVB.
    Sayang gak bisa post foto si kakak saat pakai kacamata n topi bundar lengkap disini hehe…

  13. AstridNK
    Astrid Natalia December 30, 2014 at 3:51 pm

    Keren banget… Dulu saya beli stroller yang ga full sun-shadenya, tapi memang kalau harus keluar siang pun jarang pakai stroller sih.
    Baby L ga biasa kami pakaikan banyak olesan krim dan saya baca banyak merk baby sunblock yang disangka aman ternyata tidak cocok untuk kulit bayi, jadi strategi saya memerangi sinar UV:
    - Baby hanya dijemur jam 7-8 pagi, itupun kepalanya ‘disumputin’ di balik gorden hehe…
    - Kalau baby dibawa jalan ke supermarket dekat rumah, dia kami biasakan buat pakai topi dan dipayungi. Kebetulan saya punya payung cantik (beneran cantik lho hihihi) motif sakura jadi si baby asik liatin (dan kadang ikut megangin) payungnya. Kami ga pakaikan dia baju dan celana yang terlalu nutup karena dia gampang kegerahan, maklum ndut hihi.
    - Pasang sunshade di kaca mobil di sebelah carseat si baby. Saya cek ternyata efektif juga mengurangi panas pada cushion carseat ketika mobil ditinggalkan di tempat terbuka.
    - Di kamar, jendela samping kami buka untuk memberi penerangan yang aman dan lampu kamar tidak dinyalakan sampai pukul 5.30 sore. Begitu jam 9 malam tiba, lampu dimatikan dan sekeluarga tidur.

  14. otie
    otie April 23, 2015 at 3:57 pm

    Ya ampuuun! Baru tau kalo beruntung! Soalnya gak ada notif di email…Lamaaa bgt br diinfo pemenangnya..lbh dr 2 bln kmdian.

    .. ok segera kirim data deh… :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.