Memberikan ASIP pada Dre dengan Comotomo

Saya mengira perjalanan menyusui Dre akan mulus sampai ia disapih nanti, tetapi ternyata saya salah.

Awalnya, saya sudah bangga dan lega kalau proses menyusui Dre amat indah, menyenangkan dan nyaris tanpa tantangan yang menyulitkan. Saya termasuk yang beruntung karena tidak pernah mengalami puting lecet berkepanjangan, ataupun payudara bengkak sampai mastitis, sejak menyusui Dre pada hari pertama.

Sampai kira-kira seminggu yang lalu…

Dre sekarang sudah punya 5 buah gigi, dan tanpa sengaja dia mengigit puting kanan saya sampai perih dan berlubang. Saya lalu mulai mengafirmasi Dre untuk tidak menggigit puting. Untuk melindungi puting, saya juga mencoba menggunakan nipple shield saat menyusui Dre. Tapi Dre malah menangis karena merasa ada yang berbeda saat ia menyusu.

Jadi, walaupun payudara kanan bengkak dan dengan menahan rasa sakit, saya kembali menyusui Dre. Sehingga luka di payudara kanan saya tak kunjung sembuh. Pada akhirnya saya menyerah karena trauma dengan rasa sakit setiap kali Dre menyusu.

Padahal saya sangat ingin memberikan ASI eksklusif pada Dre sampai ia berusia dua tahun, mengingat banyaknya manfaat ASI bagi anak, yaitu: 

  1. Sistem kekebalan tubuh anak lebih kuat. Air susu ibu mengandung zat antibodi yang bisa membantunya melawan segala bakteri dan virus.
  2. Menurut para ahli, asam lemak yang terdapat pada air susu ibu memiliki peranan penting bagi kecerdasan otak bayi. Asi kaya akan zat penting yang dibutuhkan oleh bayi. ASI memiliki semua kandungan zat penting yang dibutuhkan oleh sang bayi seperti; DHA, AA, Omega 6, laktosa, taurin, protein, laktobasius, vitamin A, kolostrum, lemak, zat besi, laktoferin and lisozim yang semuanya dalam takaran dan komposisi yang pas untuk bayi. Oleh karenanya ASI jauh lebih unggul dibandingkan dengan susu apa pun.
  3. Segudang kelebihan ASI lainnya

Oleh karena itu, sebenarnya saya ingin terus memberikan ASI kepada Dre sampai dia umur 2 tahun, agar maksimal manfaatnya bagi Dre. Karena kondisi luka di payudara, saya mencoba alternatif dengan memompa dan memberikan ASIP kepada Dre menggunakan beberapa jenis botol susu. Tetapi semua ditolak Dre. Serba salah jadinya.

Sampai akhirnya saya cerita ke salah seorang teman yang juga ibu menyusui dan dianjurkan untuk mencoba memberikan ASIP dengan Comotomo. Karena tertarik saya pun melihat Instagram Comotomo: @comotomo_id. Ternyata Comotomo adalah botol bayi yang berasal dari Amerika Serikat yang memiliki beberapa keunggulan. Botol ini telah tersertifikasi sesuai standar Food and Drugs Administration (FDA) Amerika Serikat serta Customer Product Safety Improvement Act (CPSIA: hukum perlindungan konsumen yang ditandatangani oleh Presiden George W. Bush tahun 2008).

Comotomo juga terbuat dari medical-grade silikon yang 100% BPA Free. Bahan silikon ini tahan banting sekali ternyata. Silikon bisa dipanaskan dengan aman sampai 180-220 derajat Celcius.  

Bagaimana dengan proses membersihkannya? Ternyata sangat mudah dibersihkan dengan tangan atau pun dengan spons sehingga tidak meninggalkan sisa susu yang dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

Botol ini juga memiliki anti colic vent system yang membuat bayi dapat minum tanpa menelan udara. Hal ini mencegah sakit perut yang sering mengakibatkan bayi menangis dan sulit tidur terutama pada malam hari.

Bentuk dan lekukan botol yang menyerupai payudara ibu serta bahan botol yang lembut seperti kulit memudahkan bayi untuk menyusu dari botol sehingga bayi tidak bingung puting. Desainnya juga memudahkan susu mengalir dengan lancar ke dalam mulut bayi.

Tekstur botol silikon yang lembut memudahkan bayi untuk memegang botol, meningkatkan kemampuan motorik bayi, dan aman apabila sampai tidak sengaja terjatuh mengenai muka bayi atau bahkan jatuh ke lantai.

botol comotomo

Berkat Comotomo, Dre tetap bisa menikmati ASIP tanpa bingung puting dan saya bisa memulihkan kembali kondisi puting sebelah kanan agar siap menyusui kembali. Botol ini berguna sekali ya buat saya. Nanti setelah 2 tahun (saatnya Dre disapih), karena sudah familiar dengan Comotomo, ia bisa langsung pindah. Tidak pusing lagi ada risiko Dre menolak botol saat disapih. 

Informasi lebih lanjut tentang botol bayi Comotomo bisa didapatkan di website balitakita.

 

8 Comments

  1. avatar
    Esti Pratiwi November 4, 2016 9:12 am

    Bener nih bund pake ini ga bingung puting ???

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Febrianty Ayu Wulandary November 4, 2016 12:26 am

    Saya masi bingung nih mom, usia kandungan udh 9 bulan tp masi galau antara kasih ASIP nnti pake cup feeder atau botol. Dan botolnya juga masi bingung mau pake mimijumi atau comotomo

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Eka Gobel October 31, 2016 4:57 pm

    Lucu banget sih dreee...ciyum nih yaa

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Febi October 31, 2016 3:41 pm

    Anakku Kafi pengguna setia Comotomo. Selesai cuti melahirkan dan mulai bekerja, pemberian ASIP dan PASI untuk Kafi melalui botol unik ini. Untuk anak kedua nanti, sudah dianggarkan untuk membeli botol Comotomo yang baru hehehe :D TFS, mba Hon!

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    hanana fajar October 31, 2016 10:14 am

    fotooo Dre di bawah lucuu... comotomo botolnya lucu yahh:)

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.