Breastfeeding / Special Case

Articles

Menyusui, Galactocele, dan Operasi Mastitis

Menyusui, Galactocele, dan Operasi Mastitis

Tepat ketika Aqeela berusia 2 bulan, saya merasakan ada pengerasan sebesar jempol tangan di payudara kanan bagian atas. Setelah seminggu, pengerasan di payudara kanan saya malah semakin meluas. Tubuh juga mulai terasa nyeri dan demam.

Penanganan Breast Abscess Ketika Menyusui

Penanganan Breast Abscess Ketika Menyusui

Mastitis? Plugged ducts? Abscess? Di hari kesepuluh setelah anak saya, lahir, payudara saya mulai bengkak. Badan saya meriang setiap subuh menjelang pagi dan sore menjelang malam. Saya pun bertanya sana-sini, termasuk ke dokter obgyn, dan solusi mereka adalah massage, massage dan massage.

Jarak Tak Menjadi Kendala Memberikan ASI

Jarak Tak Menjadi Kendala Memberikan ASI

Saya adalah ibu bekerja yang meninggalkan anak saya selama 5 hari dan bertemu si kecil hanya saat weekend. Saya dan suami bekerja di Surabaya, anak saya tinggal di Tulungagung bersama kakek neneknya. Dengan berbagai pertimbangan, kami memutuskan untuk mempercayakan pengasuhan anak pada kakek neneknya.

Induksi Laktasi Demi Si Buah Hati

Induksi Laktasi Demi Si Buah Hati

Tak ada hasil yang mengkhianati perjuangan. Mungkin itulah istilah yang tepat untuk menggambarkan perjalanan program induksi laktasi yang saya jalani. Semuanya berawal dari kabar gembira bahwa akan memiliki anak kurang dari 5 minggu lagi. Namun tunggu dulu, saya 'kan tidak hamil.

Baby Blues dan Kelancaran ASI

Baby Blues dan Kelancaran ASI

Sesuai dengan kondisinya, pasca melahirkan memang hormon-hormon dalam tubuh menjadi bergejolak dan tidak stabil. Hal tersebut dapat menimbulkan kegusaran dan perasaan mood terganggu bagi Mama yang baru mengalami proses persalinan. Banyak pasien datang ke saya berkonsultasi mengenai masalah ASI tidak keluar pasca melahirkan. Setelah ditelusuri dan dicari akar masalahnya, ternyata pasien tersebut mengalami baby blues.

Menyusui Anak dengan Kelainan Jantung Bawaan

Menyusui Anak dengan Kelainan Jantung Bawaan

Merasa percaya diri dengan keberhasilan menyusui saya di anak pertama, membuat saya tenang saja saat kelahiran anak kedua. Namun ternyata ada tantangan lain, pada hari kedua dokter anak memberi tahu ada bising jantung dan hasil echo menunjukkan anak saya mengalami kelainan jantung bawaan.

Things Happened for A Reason

Things Happened for A Reason

Things happened for a reason, itu adalah salah satu kutipan yang paling saya sukai dari dulu hingga sekarang. Kalimat itu juga hampir mirip maknanya dengan kutipan dalam Al-Qur’an yang menyebutkan bahwa “Allah tidak akan menciptakan sesuatu yang sia-sia”. Kalimat-kalimat tersebutlah yang membantu saya melewati vonis kanker payudara pada tahun 2013 lalu.

Tongue Tie dan Lip Tie pada Aiko

Tongue Tie dan Lip Tie pada Aiko

Aiko yang lahir dengan BBLR membuat saya harus lebih giat memberikan ASI agari ia bisa mengejar berat badan bayi seusianya. Namun 2 minggu setelah Aiko lahir, saya merasa ada yang salah dengan proses menyusui Aiko. Puting payudara saya lecet dan terasa sakit saat menyusui, sementara Aiko terlihat tidak nyaman saat menyusu.

Nipple Confusion pada Hamizan

Nipple Confusion pada Hamizan

Saya terpaksa harus tinggal terpisah dari Hamizan dan hanya bertemu dengannya saat akhir pekan. Ternyata hal ini mengakibatkan Hamizan mengalami bingung puting dan akhirnya saya menjadi mama perah total demi memenuhi kebutuhannya.

Memberikan ASIP pada Dre dengan Comotomo

Memberikan ASIP pada Dre dengan Comotomo

Awalnya, saya sudah bangga dan lega kalau proses menyusui Dre amat indah, menyenangkan dan nyaris tanpa tantangan yang menyulitkan. Saya termasuk yang beruntung karena tidak pernah mengalami puting lecet berkepanjangan, ataupun payudara bengkak sampai mastitis, sejak menyusui Dre pada hari pertama. Sampai kira-kira seminggu yang lalu…