Membuat Tradisi

rachanlie

Setiap keluarga tentu memiliki tradisi tertentu. Ada yang memiliki tradisi ketika berhari raya, berulangtahun dan macam-macam tradisi lainnya.

Sebagai keluarga kecil yang baru, tentu awalnya kita akan mengikuti tradisi-tradisi yang ada. Tetapi, tentunya kita juga mau memiliki tradisi khusus yang berbeda untuk anak kita. Bisa perpaduan antara tradisi kita dan pasangan, ataupun kita membuat tradisi sendiri. Tentunya dengan harapan, tradisi yang kita buat ini, kelak nantinya akan meninggalkan memori yang indah untuk anak kita.

Ketika Kana akan berulang tahun yang pertama, saya sempat membaca sekilas tentang membuat tradisi ini. Dan setelah berdiskusi dengan suami, kami pun memutuskan ingin membuat tradisi ulang tahun kecil untuk Kana. Tradisi yang kami maksud bukanlah tradisi mengadakan pesta ulang tahun karena kebetulan sampai saat ini, kami  belum mengadakan acara pesta ulang tahun untuk Kana. Hal ini karena kami ingin nantinya Kana lebih bisa memaknai ulang tahun sebagai saat untuk bersyukur dan introspeksi diri, bukan identik dengan acara pesta ulang tahun. Walaupun demikian, kami juga tidak menutup kemungkinan suatu saat akan mengadakan acara pesta ulang tahun untuk Kana.

Tradisi yang kami buat untuk Kana  adalah, ketika hari ulang tahun, Kana akan dipakaikan baju khusus yang hanya akan dipakai ketika Kana berulang tahun. Baju ini adalah baju yang dibeli sesuai ukuran baju saya saat itu. Untuk saat ini tentu saja bajunya masih terlalu besar untuk Kana, tetapi seiring perkembangan Kana, nantinya akan pas juga. Tujuan dari tradisi ini  adalah supaya perkembangan Kana dari tahun ke tahun bisa terlihat semakin jelas ketika memakai baju yang sama di tanggal yang sama setiap tahunnya.

Memang untuk saat ini kami masih belum menemukan hambatan berarti dari tradisi kami ini dan kami masih bisa memakaikan baju tersebut ke Kana tanpa perdebatan. Tetapi di kedepannya, mungkin kami akan menemukan perdebatan sengit.

22 November 2010

Selain tradisi baju ini, permintaan dari suami adalah supaya ketika Kana berulang tahun, saya bisa membuatkan kue untuk Kana, walaupun tidak harus kue ulang tahunnya. Alhamdulillah permintaan itu bisa saya lakukan. Membuatkan kue ulang tahun sederhana untuk Kana.

22 November 2011

Memang hal-hal ini masih terlalu dini untuk di katakan sebagai tradisi dan juga terlihat sederhana, tetapi kami berharap kebiasaan yang kami mulai untuk Kana ini nantinya akan memberikan kenangan dan memori yang indah untuk Kana ketika ia mengenang masa kecilnya.

9 Comments

  1. Niniek Rofiani
    niniek rofiani December 30, 2011 at 9:21 am

    xi xi baju nya kana masih kedodoran,,,cantik nya sdh kliatan pas 2 nd birthday. ntar baru pas kalo ultah ke 17 kali ya. tumbuh sehat dan pintar ya Nak? sun sayang dari jauh Muacch

    1. rachanlie
      mira a December 30, 2011 at 12:45 pm

      hehehe.. iya..masih kedodoran banget. Amin.. Terima kasih tante.. Kiss dari Kana.. :-*

  2. December 30, 2011 at 10:10 am

    oh wow, bagus banget tradisinyaaaa! kebayang kalo diurut2 pas udah gede. pasti keren banget! nanti kalo udah gedean & ngotot mo pake baju cantik kalo pas ulang taun, kan bisa aja didobel gitu pas mo tiup lilin :)

    ih mira kepikiran aja tradisi kayak gini…

    1. rachanlie
      mira a December 30, 2011 at 12:46 pm

      Terima kasih binggi.. Sebenernya selama ini juga slalu di dobel. Karena abis tiup lilin selalu minta di lepas bajunya. Hehehehe.. :)

  3. Indah Prabandono
    Indah Prabandono December 30, 2011 at 11:09 am

    Oo gt toh.terjawab sdh knp kana bday bajuna kdodoran qiqiqi :)

    1. rachanlie
      mira a December 30, 2011 at 12:47 pm

      hihihihi.. udah ketauan yah jawabannya sekarang.. :D

  4. Tari
    Astari Radinanur December 30, 2011 at 1:25 pm

    hebat bgt bisa kepikiran tradisi baju gini.. :) hebat!!

  5. eka
    Eka Wulandari Gobel December 30, 2011 at 10:31 pm

    hihihi…miraaa…
    Unik bgt tradisinya ya..
    Dan iya bener bgt, mungkin nanti bakal ada perdebatan pas kana udah puber dan udah mulai bisa milih2 baju sendiri hehe..
    Tapi seru jg kalo cm untuk lucu2an pas diphoto doang ya..
    Keren idenya, mir :-)

  6. Anggie
    Anggie January 2, 2012 at 12:17 pm

    Lucu juga idenya… Kok ya kepikiran tradisi memakai baju yg sama ya???

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.