Memperkuat Otot Jari Tangan Sambil Belajar Angka

fmasudah
Fenny Masudah She is a full time stay-a-home mom who loves cooking Indonesian food, fashion, and making activities and DIY toys for her little daughter Alika. She is blessed to have a supportive husband Ramanda. Currently live in Melbourne, Australia.

Kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk memperkuat tangan dan otot jari sangat penting untuk dilatih sejak usia batita. Kegiatan ini berguna untuk melatih dan mempersiapkan tangan anak-anak agar kelak bisa memegang pensil dengan posisi yang benar. Jadi harapannya saat mereka sudah memasuki usia sekolah dan sudah banyak menggunakan pensil untuk aktivitas belajar, otot tangan dan jari-jari sudah cukup kuat.

Ada banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan untuk melatih otot tangan dan jari anak-anak. Salah satunya adalah menekan paku payung (push pins) ke papan gabus (cork board). Kali saya memcoba mengkreasikan kegiatan untuk Alika dengan menggabungkan dua kegiatan yang bisa memperkuat otot jari tangan, yaitu menekan paku payung dan mengaitkan karet gelang. Sebagai tambahannya, saya juga memperkenalkan angka-angka kepada Alika melalui kegiatan ini.

Alat dan bahan:

  • Push pins (paku payung) warna-warni
  • Karet gelang
  • Cork board, atau juga bisa memakai gabus (stirofom)
  • Foam stiker berbentuk angka, atau bisa digambar langsung memakai spidol

Bagaimana cara bermainnya?

Sangatlah mudah. Karena kebetulan saya memakai stiker, jadi saya membiarkan Alika membuka stiker angkanya terlebih dahulu. Membuka stiker ini selain melatih otot jari, juga merupakan kegiatan yang melatih koordinasi tangan dan mata. Lalu saya biarkan Alika menempelkan stiker sesuai dengan urutan angka.

Setelah itu ia mulai menancapkan satu-satu paku berwarna ke dalam cork board yang sudah ada angka-angka.

Lalu mulailah kegiatan mengaitkan dengan karet gelang dari satu angka ke angka selanjutnya. Serangkaian kegiatan tersebut tidak hanya menguatkan otot jari dan mengembangkan motorik halus, tetapi dapat melatih ingatan akan bentuk angka-angka.

Bagaimana urban mama, bermain dengan push pins ini alat dan bahannya mudah ditemukan di sekitar kita, serta menarik untuk dicoba, bukan? Selamat mencoba!

15 Comments

  1. ZataLigouw
    Zata Ligouw January 7, 2015 at 7:25 am

    Fenny idenya ada aja deh, kreatif banget, anak2 jadi bisa belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan. Harus dicoba buat Sabil di rumah nih, kebetulan bahan2nya ada semua..

  2. gabriella
    Gabriella Felicia January 7, 2015 at 7:45 am

    Wah bener banget Fen, tangan harus kuat ya biar gak repot saat sudah belajar menulis. Tfs ya… idenya menarik mau kumodifikasi buat belajar tambah2an kayaknya bisa deh…

  3. siska.knoch
    Siska Knoch January 7, 2015 at 9:57 am

    Seneng deh pas lagi cari ide buat miguel pas artikel ini tayang. toss zata bahan2nya ada semua! makasi mba fen untuk idenya, titip salam buat miss Alika yg gemesin!

  4. Kira Kara
    Bunda Wiwit January 7, 2015 at 11:46 am

    abis terima raport Ki-Ka dibilang kalo motorik halusnya masih lemah, jadi menulisnya masih belum kebaca. Ini bisa jadi ide menarik untuk memperkuat otot-otot tangan ki-ka dan melatih motorik halusnya. TFS mbak Fenny :)

  5. cindy
    cindy vania January 7, 2015 at 12:03 pm

    Iya juga yaa,aktivitas seperti ini pasti anak2 suka banget deh.
    Barang2nya juga gampang dicari disekitar rumah.
    Tfs ya mbak Fenny :)

  6. nanad
    swastikha nadia January 7, 2015 at 12:45 pm

    wahh…terima raport kmrin anakku disuruh lebih ngelatih otot jarinya..liburan rencana mo main2 yg ngelatih otot jari malah gagal karena pergi2…ini pas bgt sama yg lagi dicari,TFS mom fenny! :D

  7. riscamomlifa
    riscamomlifa January 8, 2015 at 8:25 am

    kereen ide nya… TFS yaa

  8. ipeh
    Musdalifa Anas January 8, 2015 at 1:19 pm

    Wah idenya keren fen, gak kefikiran selama ini, benar kata ella kayanya bisa digunakan buat belajar “tambah-tambahan”, lana lagi senang banget belajar tambah2an soalnya. Tfs fen.

  9. ninit
    ninit yunita January 8, 2015 at 5:30 pm

    keren banget fen! simple tapi manfaatnya banyak banget!

  10. fmasudah
    Fenny Masudah January 12, 2015 at 4:06 pm

    Terima kasih urban mama for kind comments

  11. eka
    Eka Wulandari Gobel January 13, 2015 at 12:01 am

    kreatif deh fenny. Ada ajaa..idenya. seneng deh, simple dan materialnya mudah, ada semua di Rumah.

  12. andinigelar
    andini ardani January 13, 2015 at 3:32 pm

    Pengen coba,…seru niy kayaknya…semua perlengkapan juga sudah tersedia ya dirumah tinggal dijajal. tfs Mom :)

  13. rainiw
    Aini Hanafiah January 14, 2015 at 6:39 pm

    waktu di sekolah Alma sebelumnya juga ada kegiatan menyambung2 thumb tacks gini, kata gurunya utk memperkuat otot jari biar nggak kagok pas belajar menulis. kyknya harus dicoba lagi nih ke ALma yg mulai tertarik belajar nulis. thanks utk sharingnya ya Fenny :D

  14. hapsari.ayik
    hapsari.ayik January 15, 2015 at 11:30 am

    Boleh ni dcoba buat ngisi liburan :)

  15. fmasudah
    Fenny Masudah January 20, 2015 at 11:01 am

    mba eka, mba andini, mba aini dan mba hapsari (semua dipanggil mbak) salam kenal yah, terima kasih atas commentnya, silakan dicoba mudah2an putra putrinya suka dan mudah2an bisa membantu aktivitas tulis menulis mereka.

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.