Mendesain Karakter Anak Melalui Sensomotorik

eka

Judul: Mendesain Karakter Anak Melalui Sensomotorik
Penulis:  Ratih Zimmer Gandasetiawan
Penerbit: Libri
Tahun: 2011
Jumlah Halaman:  131 Halaman
ISBN: 978-979-687-951-9

“Forgive me God, not for the things I can’t do, but for the things I won’t do. Amen”
- Ratih Zimmer Gandasetiawan

Anak perlu bermain pada usia emas, dan mungkin kita masih bisa menerapkannya sehingga porsinya menjadi 60% bermain sambil belajar saat usia emas berhenti, yaitu sampai usia delapan tahun ketika fase asosiasi pada anak dimulai. Fase asosiasi adalah fase ketika anak belajar menjadi lebih baik dalam mengontrol emosinya saat ia sedang bermain. Fase ini menjadi faktor terpenting dalam mengembangkan karakter anak yang kelak  menunjang potensi akademisi anak. Bermain dapat memberikan banyak manfaat untuk anak, seperti meningkatkan spontanitas, rasa percaya diri, kemampuan berpikir, kemampuan dalam mengambil keputusan, kemampuan bertutur kata lebih baik, memiliki empati melalui bahasa tubuh orang lain, serta anak menjadi kritis dan mampu memberikan jalan keluar dengan ide-ide yang cemerlang.

Buku ini juga memberi penjelasan tentang gangguan pada perkembangan bayi seperti bayi terlalu pasif atau terlalu rewel, bayi sulit digendong karena badannya kaku, sulit mengisap ASI atau susu botol, sering muntah, sulit menelan makanan dan makan “diemut”, tidak mengoceh dan tidak ceria. Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang faktor penghambat perkembangan bayi,  penanggulangan anak bermasalah dan pentingnya pelatihan sensomotorik.

Salah satu bagian terpenting adalah bab yang menjelaskan tentang berbagai kiat berinteraksi dengan anak melalui sensomotorik, seperti permainan dengan berbagai macam benda kasar dan lembut, mengenalkan ritme atau tempo dengan bernyanyi dan menari, permainan dengan bola, permainan beregu yang kompetitif, keterampilan jari tangan (menggunting, menempel, membentuk, menyusun, menarik garis, mewarnai, menggambar),  permainan untuk melatih keseimbangan badan, melatih konsentrasi dan mengatasi rasa takut (perosotan, jungkat-jungkit, ayunan, jembatan kayu, dinding panjat, dll), dan juga kiat mengenalkan anak dengan alam bebas seperti pantai, gunung, tempat anak-anak dapat melakukan banyak hal dan merasakan kebebasan yang kelak dapat mendewasakan anak. Buku ini juga memiliki bab catatan khusus untuk orangtua dan lampiran yang dilengkapi dengan gambar tentang latihan stimulasi sensomotorik yang dapat dilakukan orangtua di rumah bersama si kecil.

Ratih Zimmer Gandasetiawan adalah seorang fisioterapis dan praktisi pendidikan anak dengan kebutuhan khusus yang telah berhasil membesarkan ketiga anaknya yang mengalami learning disorder dan celebral palsy hingga menjadi pribadi berkarakter kuat dan mandiri melalui metode sensomotorik. Ia aktif mengajar dan menjadi pembicara dalam berbagai seminar pendidikan anak.

Saya merekomendasikan buku ini bagi Urban Mama Papa yang ingin membangun hubungan yang kuat dengan bermain bersama buah hatinya. Buku ini dapat menjadi sumber inspirasi orangtua untuk memicu perkembangan mental-intelektual anak ke arah yang lebih baik.

9 Comments

  1. Kira Kara
    Bunda Wiwit December 13, 2014 at 5:44 pm

    waaah… seru nih kayaknya bukunya. Dulu waktu masih bayi, rajin ke fisioterapis untuk terapi Kira, dan ngobrol sama terapisnya dapat banyak ilmu baru. Dan sekarang malah ada bukunya. Wajib punya iniii!

  2. ZataLigouw
    Zata Ligouw December 13, 2014 at 10:48 pm

    aaa perlu, perluuu…
    makasih reveiewnya ekaa…

  3. ninit
    ninit yunita December 15, 2014 at 2:06 pm

    woww mamah eka… makasih banget nih review bukunya. menarik! bagus bangettt! kiat berinteraksi dengan anak itu harus kita ketahui yaaa supaya hubungan kita dengan anak2 lebih baik.

  4. cindy
    cindy vania December 15, 2014 at 2:07 pm

    bukunya bagus deh teh eka,wajib punya :D
    kayaknya bakal beli buat sendiri sama buat temen yang mau punya anak deh.

  5. gabriella
    Gabriella Felicia December 15, 2014 at 3:04 pm

    TFS Eka, bukunya menarik…

  6. evimariani
    evimariani December 15, 2014 at 6:49 pm

    Terimakasih Mbak Eka. Anakku agak penakut, mungkin karena orang tuanya (aku) yang justru mudah khawatir. Di toko buku umum ada ya Mbak?

  7. hananafajar
    hanana fajar December 16, 2014 at 3:29 pm

    bukunya wajib baca deh niii eka..
    tfr yaaa..

  8. Mama Jo
    Mama Jo December 17, 2014 at 6:55 am

    Waaa….harus dicari nich bukunya. Thanks for sharing ya Mbak Eka.

  9. siska.knoch
    Siska Knoch December 21, 2014 at 8:35 pm

    Waaa menarik banget buku dan isinya Eka, makasi banget uda review yaaa
    mu nyari ah besok!

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.