Mengenal Tahap Tumbuh Kembang Anak & Masalahnya

Saya suka membaca buku-buku parenting karena dengan membacanya dapat membantu saya memahami hal-hal yang sedang dilalui anak. Setiap anak memiliki tahap-tahap perkembangan masing-masing, begitu pula dengan anak-anak saya, Enzo dan Dante. Saya rasa dengan membaca buku tentang parenting, kebingungan dan stress saat merawat anak-anak dapat diminimasi.

Penulis buku ini adalah Novita Tandry, alumnus Psikologi Pendidikan dari University of New South Wales, seorang pakar pendidikan balita dan pemilik Tumble Tots Indonesia. Buku ini merupakan cetakan ketiga yang diterbitkan oleh Libri tahun 2012, berjumlah 146 halaman berukuran 21 cm.

Buku ini membantu para orangtua memahami pertumbuhan anak pada umumnya, selain itu juga membahas isu-isu tentang pertumbuhan normal secara lebih rinci. Dengan membaca buku ini, kita dapat mengetahui proses perkembangan anak sejak lahir hingga memasuki masa remaja. Buku ini juga membahas tentang keunikan individu, termasuk pembahasan rinci tentang “Kelambatan Perkembangan Spesifik” seperti kesulitan membaca atau mengompol yang terjadi pada anak-anak yang secara umum berkembang pesat, namun untuk kemampuan tertentu perkembangannya tertunda.

Ada delapan bagian yang dibahas dalam buku ini:


  1. Tahap-tahap dan Usia Perkembangan Anak: Tahun-Tahun Pertama

  2. Tahap-tahap dan Usia Perkembangan Anak: Tahun-Tahun Terakhir

  3. Memahami Perkembangan Anak

  4. Perkembangan Emosional Anak

  5. Masalah Buang Air Kecil dan Buang Air Besar

  6. Masalah Bahasa – Membaca dan Menulis

  7. Masalah Perkembangan yang Lambat

  8. Pertanyaan dan Jawaban


Membaca buku ini seperti sedang berkonsultasi dengan penulisnya dan yang membuat saya suka adalah terdapatnya tips-tips praktis yang membuka wawasan saya tentang pertumbuhan dan perkembangan anak. Saya jadi lebih paham saat Enzo atau Dante mengompol dan juga cara mengajari mereka membaca dan menulis sesuai dengan karakter masing-masing.

Ada satu hal yang selalu saya ingat dari buku ini:

Menjadi orang tua yang baik tidak berarti harus mengkhawatirkan anak setiap saat. Hal yang lebih penting adalah mencintai mereka dengan memberikan perhatian dan perlindungan.

Buku ini cocok bagi Urban Mama atau Papa yang memiliki anak-anak yang sedang tumbuh dan berkembang, juga dapat menjadi alternatif hadiah bagi sahabat kita sesama para Urban Mama dan Papa.

6 Comments

  1. avatar
    Cindy Vania October 3, 2014 9:16 pm

    wah,jadi pengen baca buku ini deh..
    bisa dibeli ditoko buku biasa kan ya teh?

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    WiwiT October 3, 2014 2:41 pm

    Jadi pengen ikutan baca bukunya... Apalagi perkembangan anak kan beda-beda yaa, jadi pengen mengenal tahapan-tahapannya :) TFS teh Eka *ketjup*

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    dhea September 30, 2014 10:56 am

    emg yah klo soal tumbang anak apalgi milestonenya suka bikin deg2ser...takut telat ini telat itu...aku bgt ini suka parnoan klo liat rei blm bisa ini ato itu tpi liat anak yg lain udh pada bisa...nah klo udh kyk gni penting bgt baca2 bnyk2 informasi di internet ato buku yg kyk mba eka share ini biar gak tambah parnoan....

    tfs mba eka

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    hanana fajar September 29, 2014 4:22 pm

    wah mba eka... bukunya bagus yah... jadii pengen baca juga ahh:)
    tfs mama enzo&dante...

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Eka Gobel September 29, 2014 9:02 am

    iya mama adelina, meskipun anak sudah dua tapi tetap aja suka Ada lrasa deg2an menghadapi milestones mereka. dengan baca2, sedikitnya rasa panik berkurang.

    1. avatar

      As .