Mengenal Tahap Tumbuh Kembang Anak & Masalahnya

eka

Saya suka membaca buku-buku parenting karena dengan membacanya dapat membantu saya memahami hal-hal yang sedang dilalui anak. Setiap anak memiliki tahap-tahap perkembangan masing-masing, begitu pula dengan anak-anak saya, Enzo dan Dante. Saya rasa dengan membaca buku tentang parenting, kebingungan dan stress saat merawat anak-anak dapat diminimasi.

Penulis buku ini adalah Novita Tandry, alumnus Psikologi Pendidikan dari University of New South Wales, seorang pakar pendidikan balita dan pemilik Tumble Tots Indonesia. Buku ini merupakan cetakan ketiga yang diterbitkan oleh Libri tahun 2012, berjumlah 146 halaman berukuran 21 cm.

Buku ini membantu para orangtua memahami pertumbuhan anak pada umumnya, selain itu juga membahas isu-isu tentang pertumbuhan normal secara lebih rinci. Dengan membaca buku ini, kita dapat mengetahui proses perkembangan anak sejak lahir hingga memasuki masa remaja. Buku ini juga membahas tentang keunikan individu, termasuk pembahasan rinci tentang “Kelambatan Perkembangan Spesifik” seperti kesulitan membaca atau mengompol yang terjadi pada anak-anak yang secara umum berkembang pesat, namun untuk kemampuan tertentu perkembangannya tertunda.

Ada delapan bagian yang dibahas dalam buku ini:

  1. Tahap-tahap dan Usia Perkembangan Anak: Tahun-Tahun Pertama
  2. Tahap-tahap dan Usia Perkembangan Anak: Tahun-Tahun Terakhir
  3. Memahami Perkembangan Anak
  4. Perkembangan Emosional Anak
  5. Masalah Buang Air Kecil dan Buang Air Besar
  6. Masalah Bahasa – Membaca dan Menulis
  7. Masalah Perkembangan yang Lambat
  8. Pertanyaan dan Jawaban

Membaca buku ini seperti sedang berkonsultasi dengan penulisnya dan yang membuat saya suka adalah terdapatnya tips-tips praktis yang membuka wawasan saya tentang pertumbuhan dan perkembangan anak. Saya jadi lebih paham saat Enzo atau Dante mengompol dan juga cara mengajari mereka membaca dan menulis sesuai dengan karakter masing-masing.

Ada satu hal yang selalu saya ingat dari buku ini:

Menjadi orang tua yang baik tidak berarti harus mengkhawatirkan anak setiap saat. Hal yang lebih penting adalah mencintai mereka dengan memberikan perhatian dan perlindungan.

Buku ini cocok bagi Urban Mama atau Papa yang memiliki anak-anak yang sedang tumbuh dan berkembang, juga dapat menjadi alternatif hadiah bagi sahabat kita sesama para Urban Mama dan Papa.

6 Comments

  1. adelina
    Adelina September 27, 2014 at 3:24 pm

    mbak eka, pas banget! lagi butuh.. saat anak tumbuh itu rasanya ada aja kekhawatiran kalau-kalau aku dan suami salah menstimulasi atau kurang.. jadi ortu emang harus terus belajar ya :)

  2. eka
    Eka Wulandari Gobel September 29, 2014 at 9:02 am

    iya mama adelina, meskipun anak sudah dua tapi tetap aja suka Ada lrasa deg2an menghadapi milestones mereka. dengan baca2, sedikitnya rasa panik berkurang.

  3. hananafajar
    hanana fajar September 29, 2014 at 4:22 pm

    wah mba eka… bukunya bagus yah… jadii pengen baca juga ahh:)
    tfs mama enzo&dante…

  4. dhea
    Dhea Karina September 30, 2014 at 10:56 am

    emg yah klo soal tumbang anak apalgi milestonenya suka bikin deg2ser…takut telat ini telat itu…aku bgt ini suka parnoan klo liat rei blm bisa ini ato itu tpi liat anak yg lain udh pada bisa…nah klo udh kyk gni penting bgt baca2 bnyk2 informasi di internet ato buku yg kyk mba eka share ini biar gak tambah parnoan….

    tfs mba eka

  5. Kira Kara
    Bunda Wiwit October 3, 2014 at 2:41 pm

    Jadi pengen ikutan baca bukunya… Apalagi perkembangan anak kan beda-beda yaa, jadi pengen mengenal tahapan-tahapannya :) TFS teh Eka *ketjup*

  6. cindy
    cindy vania October 3, 2014 at 9:16 pm

    wah,jadi pengen baca buku ini deh..
    bisa dibeli ditoko buku biasa kan ya teh?

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.