Menggendong Anak Itu Perlu

Untuk anda, first time parents, yang baru saja memiliki anak dan merasa clueless, salah satu buku yang saya rekomendasikan adalah Menggendong Anak Itu Perlu, salah satu dari Seri Cerdas Bersama dr Sears yang diterbitkan oleh Buah Hati. Tentu Urban Mamas dan Papas pernah mendengar istilah attachment parenting (atau melakukannya tanpa mengetahui bahwa itu adalah attachment parenting), di sini dr Sears menjelaskan lebih lanjut beberapa hal positif yang didapatkan dengan menerapkan metoda tersebut.



  1. bonding (keterikatan).

  2. breastfeeding (menyusui).

  3. babywearing (menggendong bayi).

  4. balance (keseimbangan).

  5. bedding close to baby (tidur berdekatan dengan bayi).

  6. belief in the signal value of baby’s cry (percaya pada nilai sinyal tangisan bayi).

  7. beware of the baby trainers (waspada terhadap para pelatih bayi).


Sebagai Urban Mamas dan Papas, kita tentu perlu membekali diri kita dengan pengetahuan yang baik terutama dalam mengasuh anak. Bila Urban Mamas pernah mendengar saran jangan terlalu sering menggendong anak karena nanti akan 'bau tangan' sehingga anak menjadi manja, sebaiknya membaca buku ini. Benarkah demikian? Padahal yang terjadi sebaliknya, menggendong anak itu perlu. Akan terjadi rasa kedekatan antara ibu dan anak secara fisik dan emosi. Bila orangtua dahulu menerapkan metoda 'cry it out', metoda attachment parenting justru sebaliknya. Tangisan bayi adalah sinyal penting yang harus direspon oleh orangtuanya. Always responding and being there for him.


Attachment parenting adalah metoda yang sangat natural. Bukan sebuah metoda yang baru tapi bila kita pelajari lebih baik, akan sangat menenangkan kita, terutama untuk first time parents. Dengan metoda attachment parenting, anak akan lebih percaya diri. Dia akan merasa dekat dengan orangtua-nya karena bila ada sesuatu yang dihadapi, anak tahu bahwa ada orang yang bisa diandalkan, yaitu kita sebagai orangtuanya.


Buku ini memberikan informasi yang jelas yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan terpenting anda, para Urban Mamas dan Papas, yaitu mengenal bayi Anda, membantu bayi Anda merasa nyaman, dan Anda sendiri menikmati pengasuhan. Great for all parents!


---


Ingin mendapatkan buku ini? Ikuti Quiz Attachement Parenting di Forum!

25 Comments

  1. avatar
    Noor Maulinna November 16, 2019 9:06 am

    Maaf ini artikel diatas hasil penelitian oleh ahli yang datang dari Barat yg dimana Kita ketahui kelekatan baby Dan ortu nya Dr sejak lahir sangat kurang dr RS sdh di bawa pake babycarier di Mobil pake carseat turun pake striker dirumah pake bouncer tidur dipisah ...sangat berbeda dengan dikita yang banyak sekali waktu utk menggendongnya ....kalau dikita malah berlebihan menggendongnya yang memang betul membuat anak manja Dan malah akan mengganggu perkembangannya nanti ..
    Kita di Indonesia cukup dlm menggendong malah terkadang harus dikurangi ...
    Jadi artikel ini bagus tapi tetap nasehat Dr orang lain mengenai jangan terus menerus di gendong perlu didengar ....karna pendapat ahli mengenai gendongang ini dark dunia Barat yang memang mereka perlu ditingkatkan lagi mengenai menggendong anaknya karna jarang banget digendong . .

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    yohana April 13, 2014 5:18 am

    iya, aku pernah punya pengalaman anak pertama sampai usia 2 tahun jarang kugendong... akhirnya bondingnya gak kuat ... susah nenangin kalau anak nangis ...

    bahkan sempat iri banget lihat pengasuhnya bahkan lebih dipinginin anakku daripada diriku .. huuuuu...

    akhirnya anak ke-dua aku tekad-in lebih banyak gendong si kecil, juga kakaknya meski udah berat karena lebih 2 tahun juga lebih banyak ku gendong... aduuh rasanya lebih bahagiaaa gitu

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Rinaldi March 9, 2010 12:33 pm

    hi nit....pa kabar ?
    iseng" ikut komen yaaa....waktu kebersamaan dengan anak adalah prioritas no.1, apalagi dari sisi waktu yang sangat sedikit bareng anak (pergi pagi pulang malam), menggendong anak adalah suatu perasaan yang ngga ada tandingannya, apalagi saat kita gendong, si anak merasa nyaman sampai tertidur dipelukan kita.

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Linda C February 11, 2010 2:21 pm

    So so happy with this article.. many thanks teh Ninit.
    Gw sampe nanya di thread soal menggendong bayi, krn sepupu suka ngomel2 klo gw gendong baby. Jd serba salah, n dlm hati merasa ga bener klo liat baby nangis sampe sesungguhkan nyari mama nya, sementara org sekeliling ngasih pendapat utk tdk gendong dia.
    Sepertinya kita hrsnya denger suara hati sendiri yaa, klo merasa mau gendong yah digendong aj.
    Nti mau cari bukunya ah...

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Mia K Fitri February 10, 2010 4:09 pm

    Berhubung gue kerja I hug, cuddle, gendong my kids like there's no tomorrow.... I always think they're growing too fast!!

    1. avatar

      As .