Mengisi Waktu Anak Dengan Bermain Percobaan Sains Sederhana

Salah satu konsekuensi membatasi waktu menonton televisi adalah harus menyiapkan kegiatan seru bagi Albert. Salah satu favorit kami adalah bermain percobaan sains. Alat dan bahannya cukup sederhana, biasanya yang ada di dapur saja. Percobaan yang paling sering dilakukan adalah gunung berapi, entah sudah berapa puluh kali sampai-sampai tidak punya fotonya.

Saya biasanya tidak menjelaskan secara lengkap sebab akibat terjadinya beberapa hal itu, kecuali kalau ditanyakan. Kadang saya juga tidak tahu persis penyebabnya, haha! Sekarang kami bermain percobaan sains ini untuk senang-senang dulu, karena kadang Albert sendiri yang menghubungkan teori yang ia dapat di sekolah dengan percobaan yang pernah kami lakukan di rumah.

Inspirasi percobaan sains sederhana ini biasa datang dari berbagai sumber, bisa dari buku, dari internet, atau melihat di televisi. Ide atau ajakan bisa datang dari saya dan tidak jarang Albert yang minta sendiri. Berikut ini beberapa percobaan sederhana yang pernah kami lakukan di rumah.

percobaan_sains_surface_tension

Percobaan sains ini bernama tie dye milk. Bahan yang digunakan adalah susu, pewarna makanan, dan cotton buds yang sudah dibasahi sabun cuci piring. Kadang kalau habis bikin kue masih ada sisa susu sedikit yang tanggung kalau disimpan, tapi sayang kalau dibuang. Penjelasan lebih jelasnya dapat dibaca di sini, intinya memanfaatkan perbedaan tegangan permukaan (surface tension) dari berbagai jenis cairan dan sabun akan menghilangkan surface tension tersebut. Pola-pola spiral yang terbentuk akan tampak menarik bagi anak.

percobaan_sains_beratjenis

Kalau ini adalah percobaan sains tentang berat jenis cairan. Urban mama dapat memanfaatkan berbagai jenis cairan di rumah seperti madu, minyak, air, dan sabun cuci piring. Gunakan wadah transparan seperti botol bekas air mineral untuk melihat lapisan-lapisan jenis carian yang memisah karena berat jenisnya berbeda. Minyak lebih ringan daripada air. Lalu setelah minyak dan air berpisah, coba masukkan garam dan pewarna makanan. Keterangannya bisa dibaca di sini.

percobaan_sains_telurmengapung

Kali ini masih tentang berat jenis benda: telur mengapung atau tenggelam di air? Kalau airnya dicampur dengan garam, apa yang akan terjadi? Albert terlihat sibuk menulis hasil pengamatannya. Penjelasan lebih lengkapnya dapat dibaca di sini.

Bermain percobaan sains sederhana ini tidak hanya mengajarkan hubungan sebab-akibat dan metode sains sederhana kepada anak, pastinya juga menarik dan seru. Waktu anak-anak pun jadi terisi lebih positif. Selamat mencoba ya, Urban mama.

8 Comments

  1. avatar
    Cindy Vania June 5, 2017 1:14 pm

    Percobaan sainsnya Albert selalu gampang dan menarik deh!
    Aku mau coba ajak anak-anak main tie dye milk aahh..

    1. avatar
      Gabriella F June 5, 2017 11:21 pm

      Seru lho Ciiin... apalagi kalo ada susu gak habis atau sisa dikit habis bikin kue. Daripada dibuang sia-sia, bisa buat main-main dulu.

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  2. avatar
    dieta hadi June 5, 2017 12:38 pm

    salah satu percobaan yang pernah gw bikin juga ini la, seru yaaa

    1. avatar
      Gabriella F June 5, 2017 11:50 pm

      Toss... selalu seru ya main-main kayak gini!

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  3. avatar
    Shinta Daniel June 5, 2017 8:47 am

    Albert mainannya keren & kreatif.. lebih keren daripada main gadget

    1. avatar
      Gabriella F June 5, 2017 11:51 pm

      haha, konsekuensi dari membatasi gadget, mesti banyak kegiatan biar gak cranky...

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    zata ligouw June 4, 2017 9:59 am

    kebetulan banget nih La gw lagi mau ngurangin pemakaian gadget Sabil. Mau ah bikin2 percobaan kayak gini. Makasih idenya yaaa...

    1. avatar
      Gabriella F June 5, 2017 11:53 pm

      Sama-sama ta... apa kapan2 kita main percobaan bareng2 yuk...

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .