Mengonsumsi Mie Instan



dr. Riyana Kadarsari, SpOG
Pendidikan: S1 FK Universitas Indonesia

Obgyn di RS Sariasih Ciledug dan RSB Permata Sarana Husada Pamulang. Menikah, dan baru saja melahirkan anak ketiganya di awal May 2010.



Q: 


Hallo Dokter Riyana,
Saya sedang hamil (kehamilan pertama, trimester pertama), rasanya ngga banyak makanan yang masuk. Tapi kenapa ya Dok, kalau mencium wangi mie instan rasanya selera makan saya langsung terbit. Boleh ngga sih Dok kalo ibu hamil makan mie instan?


Thanks ya Dokter Riyana.


 


A:  


Selamat ya atas kehamilannya.


Usaha yang bagus sekali untuk para Urban Mama menjaga asupan nutrisi yang bergizi bagi bayinya. Memang tidak mudah ya memberikan asupan yang bergizi sekaligus yang enak buat ibunya. Mie instan memang lezat rasanya namun sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi hal ini selain dapat memperberat gejala kembungnya pada mie instan biasanya terdapat kandungan zat aditif yaitu MSG.


Sebenarnya bukan hanya mie instan, banyak sekali produk-produk instan lainnya yang mengandung MSG di pasaran. MSG ini adalah zat aditif yang diberikan pada makanan untuk melezatkan dan menguatkan rasa pada makanan. Namun telah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa zat tersebut berbahaya pada jaringan otak.  Walaupun penelitian itu baru dibuktikan pada hewan tikus hendaknya kita mencegah zat-zat berbahaya masuk pada tubuh kita apalagi buat janin yang pada usia trimester pertama ini sangat rentan karena dalam fase pembentukan organ.


Saya tidak bermaksud menakuti ibu, walaupun FDA telah mengapprove bahwa MSG aman dikonsumsi publik, namun dari penelitian itu mensyaratkan hanya jumlah kecil saja dan paparan yang tidak sering yang relatif aman. Nah, daripada ibu khawatir akan ketidakjelasan itu sebaiknya hindari saja. Sehat memang tidak selalu terasa lezat namun ibu akan merasakan manfaat yang luar biasa jika memiliki anak yang sehat dan cerdas.


Lebih lanjut silahkan unduh http://www.chem-tox.com/pregnancy/pregmsg.htm.


--


if you have question to our resident doctor, please don't hesitate to send it to us.

21 Comments

  1. avatar
    Mpusss January 29, 2015 4:11 pm

    hi moms, pengalaman pribadi setiap makan makanan yg tidak dianjurkan cuma bisa pasrah dan Bismillah aja..
    maklum manusia palinga cuma bisa usaha nahan klo gk bisa nahan cuma bisa pake bumbu setengah...
    sulit memang tp demi masa depan bersama harus bisa tahan..
    semangat !!!

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    ralarash December 15, 2012 7:05 pm

    wkt hamil 2bulan, hujan-hujan,,kepengen bgt makan mie rebus. sampe sms dokter ku. dan dibalas boleh. mungkin jgn sering-sering kali ya, memnag ga bagus juga MSG-nya.

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    petta rosetta June 1, 2011 3:56 pm

    emang mie instan adalah cobaan besar bagi kebanyakan ibu hamil

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    indah nildha May 20, 2011 7:47 pm

    yang sebaiknya dijauhi memang jadi terasa menggiurkan... huhuhu... tapi setelah sekian lama ngga makan mie instan dan msg, malah jadi habit yang baik juga... :)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    winda_windha April 21, 2011 5:20 pm

    hee..barusan aja aq pgn mie,,, huhuuhuu...
    udah berkali2 makan mie instant,,bgtu baca artikel ini,, jadi takut,,, duh,, moga2 gpp yah :(

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.