Mengonsumsi Mie Instan

dr.riyana
Riyana Kadarsari, dr., SpOG Pendidikan: S1 FK Universitas Indonesia. Obgyn di RSIA Hermina Ciputat, Klinik Rumah Ibunda Bintaro, dan RS Sariasih Ciledug.
Have question for our experts ?
Feel free to ask them here!
dr. Riyana Kadarsari, SpOG
Pendidikan: S1 FK Universitas Indonesia

Obgyn di RS Sariasih Ciledug dan RSB Permata Sarana Husada Pamulang. Menikah, dan baru saja melahirkan anak ketiganya di awal May 2010.

Q: 

Hallo Dokter Riyana,
Saya sedang hamil (kehamilan pertama, trimester pertama), rasanya ngga banyak makanan yang masuk. Tapi kenapa ya Dok, kalau mencium wangi mie instan rasanya selera makan saya langsung terbit. Boleh ngga sih Dok kalo ibu hamil makan mie instan?

Thanks ya Dokter Riyana.

 

A:  

Selamat ya atas kehamilannya.

Usaha yang bagus sekali untuk para Urban Mama menjaga asupan nutrisi yang bergizi bagi bayinya. Memang tidak mudah ya memberikan asupan yang bergizi sekaligus yang enak buat ibunya. Mie instan memang lezat rasanya namun sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi hal ini selain dapat memperberat gejala kembungnya pada mie instan biasanya terdapat kandungan zat aditif yaitu MSG.

Sebenarnya bukan hanya mie instan, banyak sekali produk-produk instan lainnya yang mengandung MSG di pasaran. MSG ini adalah zat aditif yang diberikan pada makanan untuk melezatkan dan menguatkan rasa pada makanan. Namun telah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa zat tersebut berbahaya pada jaringan otak.  Walaupun penelitian itu baru dibuktikan pada hewan tikus hendaknya kita mencegah zat-zat berbahaya masuk pada tubuh kita apalagi buat janin yang pada usia trimester pertama ini sangat rentan karena dalam fase pembentukan organ.

Saya tidak bermaksud menakuti ibu, walaupun FDA telah mengapprove bahwa MSG aman dikonsumsi publik, namun dari penelitian itu mensyaratkan hanya jumlah kecil saja dan paparan yang tidak sering yang relatif aman. Nah, daripada ibu khawatir akan ketidakjelasan itu sebaiknya hindari saja. Sehat memang tidak selalu terasa lezat namun ibu akan merasakan manfaat yang luar biasa jika memiliki anak yang sehat dan cerdas.

Lebih lanjut silahkan unduh http://www.chem-tox.com/pregnancy/pregmsg.htm.

if you have question to our resident doctor, please don’t hesitate to send it to us.

20 Comments

  1. DewiPurwanti
    July 21, 2010 at 9:23 am

    Udah setahun lebih ngga pernah makan mie instan sama sekali, dari pertama kali tahu kalo aku hamil lagi sampe sekarang masih dalam masa menyusui.
    Paling bikin ngiler kalo ada yg makan di rumah or di kantor, kayaknya wanginya menggoda iman bgt deh :p Tapi demi my baby, aku tahan2in deh….
    hehehe, malahan curhat

  2. July 21, 2010 at 10:41 am

    Inget waktu hamil dulu, duh jadi sedih sendiri. Waktu hamil Alun, aku ga bisa makan nasi sampe 4 bulan, akhirnya konsumsi yang kurang sehat. Roti dan mie instan. Hiks hiks…jangan ditiru yah moms yang lagi pada hamil. Udah dimarah-marahin sama suami tetep aja, sebab mie instan dan roti doang yang mengundang selera makan, lainnya bikin muntah…..

  3. DewiPurwanti
    July 21, 2010 at 10:56 am

    aku udh bbrp kali mkn mi instan selama hamil ini (skrg 24minggu)abis kepengen banget :D itupun cuma pake 1/2 bumbu.

    Obgynku bilang sih boleh aja,asal jangan sering/berlebihan :)

  4. ninit
    ninit yunita July 21, 2010 at 11:01 am

    sama kayak imelda…
    sempet pas hamil, makan mie instan… huhuuhuu abis udah ga tahan. tapi cuma dua kali. sekarang udah jarang banget makan mie instan.

    tfs ya dokter riyana :)

  5. superpippo
    Astrid Lim July 21, 2010 at 11:06 am

    Gara-gara ngga makan mie instan selama hamil, jadi agak eneg pas pertama makan lagi..tapi setelah yang pertama? jadi pengen terus..hahaha..back to old habit deh.
    thx infonya dok!

  6. DewiPurwanti
    July 21, 2010 at 11:45 am

    ngacung!

    iya saya juga waktu hamil dulu…biasanya untuk menebus rasa bersalah, saya tambahin sayuran, telur, keju, sosis, baso banyak-banyak dan bumbu instan hanya dipake 1/2. biar sekalian puas dan ga nagih lagi..

    *baru ngeh, itu guilty apa laper ya?

  7. DewiPurwanti
    July 21, 2010 at 11:49 am

    wiihh kayanya emang mie instan tuh menggoda y
    ampir mirip y pengalamannya gw jg sm pas hamil ngilerrr bgt pengn makan mie trs tanya ma doktr katanya sok boleh asal jgn sering
    n triknya klo mie dah direbus airnya jgn dipake dibuang aja trs ganti aer baru direbus lg bentr biar ilang apanya gitu lupa :) LOL

    tfs budok :)

  8. sLesTa
    shinta lestari July 21, 2010 at 12:02 pm

    tfs infonya dokter Riyana!
    gue juga termasuk yang tetep makan mie instan pas hamil, karena ya emang pengen banget. tapi kayaknya itu cuma sekali deh, demi pengen doang. pas dicobain ya udah gak pengen lagi. hehe..

    tapi abis itu jadi jaraang banget makan mie instan. sekarang setelah naia udah disapih baru mulai ikutan makan lagi, tapi itu juga jaraaaaannng banget!!

  9. maminya_altaf
    atika July 21, 2010 at 2:28 pm

    jadi inget dulu pas jaman hamil selalu muntah kalo makan mie instan. gak tau kenapa anakku dari jaman diperut udah ga doyan yang serem2. makan fried chicken muntah, mie instan muntah, kornet muntah. maunya gado2 n urap kayaknya =D

  10. yenarosa
    yenarosa July 21, 2010 at 6:34 pm

    ngacung jugaa..!!
    sama kayk cyndewi & ayu, dulu wkt hamil kayknya ada kali tiap bulan aku makn mi instan :( uda tau siyh..ga bagus, tp pwengenn buanget smp kbawa mimpi. smoga ga diulangi lg utk yg khmailn brikutnya :D
    ayu: klo ga salh biar kita ga makn air rebusan mi yg mngandung lilin *katanya jg* :D

  11. July 21, 2010 at 6:46 pm

    gue kebetulan ga makan mie instan sama sekali waktu hamil. tapi emang pengen banget sih… begitu kelar nyusuin, langsung bales dendam… hehe, ga bagus juga ya :P

  12. DewiPurwanti
    November 18, 2010 at 3:02 pm

    hehehe,,,ternyata gak aku aja yang waktu hamil “bandel” karena tergoda sama harum nya mie instan,,,mau buat pengakuan dosa juga nih moms, waktu hamil aku sempet bbrp kali makna mie instan (hiks!) karena emang rasanya tuh pwengeennnn bangedd gituh, kyk yg ga bisa ditahan banged mom,,,sekarang pas baca penjelasan dr Bu Dokter jadi ngerasa salah sendiri kenapa waktu itu susahh bangedd buat nahan gak makan mie instan,,,thx ya Bu Dokter untuk infonya :)

  13. DewiPurwanti
    November 18, 2010 at 3:13 pm

    hehehe,,,ternyata gak aku aja yang waktu hamil “bandel” karena tergoda sama harum nya mie instan,,,mau buat pengakuan dosa juga nih moms, waktu hamil aku sempet bbrp kali makna mie instan (hiks!) karena emang rasanya tuh pwengeennnn bangedd gituh, kyk yg ga bisa ditahan banged mom,,,sekarang pas baca penjelasan dr Bu Dokter jadi ngerasa salah sendiri kenapa waktu itu susahh bangedd buat nahan gak makan mie instan,,,thx ya Bu Dokter untuk infonya :)

  14. DewiPurwanti
    November 19, 2010 at 11:27 am

    hehehe,,,ternyata gak aku aja yang waktu hamil “bandel” karena tergoda sama harum nya mie instan,,,mau buat pengakuan dosa juga nih moms, waktu hamil aku sempet bbrp kali makna mie instan (hiks!) karena emang rasanya tuh pwengeennnn bangedd gituh, kyk yg ga bisa ditahan banged mom,,,sekarang pas baca penjelasan dr Bu Dokter jadi ngerasa salah sendiri kenapa waktu itu susahh bangedd buat nahan gak makan mie instan,,,thx ya Bu Dokter untuk infonya :)

  15. Laurina
    Laurina Eisenring December 28, 2010 at 3:33 am

    Tetep makan mie, tapi cm sesekali aja kalo kpgn,,,kaya malem ini :slurp: hehe jgn dicontoh ya :D

  16. vitralala
    vitri lestiarini January 13, 2011 at 2:16 pm

    susah emang nahan supaya ga makan mie instant selama kehamilan. apalagi iklannya sering banget tuh di tv, begitu liat langsung kebayang enaknya kayak gimana (ngiler.com deh intinya).
    Thx infonya ya dok, mulai sekarang berjuang deh buat stop makan mie instant :)

  17. winda_windha
    winda_windha April 21, 2011 at 5:20 pm

    hee..barusan aja aq pgn mie,,, huhuuhuu…
    udah berkali2 makan mie instant,,bgtu baca artikel ini,, jadi takut,,, duh,, moga2 gpp yah :(

  18. mrs doyi
    indah nildha May 20, 2011 at 7:47 pm

    yang sebaiknya dijauhi memang jadi terasa menggiurkan… huhuhu… tapi setelah sekian lama ngga makan mie instan dan msg, malah jadi habit yang baik juga… :)

  19. akupetta
    akupetta June 1, 2011 at 3:56 pm

    emang mie instan adalah cobaan besar bagi kebanyakan ibu hamil

  20. ralarash
    ralarash December 15, 2012 at 7:05 pm

    wkt hamil 2bulan, hujan-hujan,,kepengen bgt makan mie rebus. sampe sms dokter ku. dan dibalas boleh. mungkin jgn sering-sering kali ya, memnag ga bagus juga MSG-nya.

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.