Menyapih Dari Dot

mulyssa

Fatih sudah memakai dot sejak berumur 3 bulan (untuk minum ASI perah) dan kemudian minum sufor saat 7 bulan.

Kemudian saya membaca buku yang mengatakan bahwa sebaiknya bayi sudah disapih dari dot sejak umur 1 tahun. Saya kaget! Umur Fatih sudah 11 bulan berarti tinggal bulan depan, dia harus disapih. 

Kemudian saya mencari lebih banyak referensi mengenai menyapih botol dot dan mendapatkan kesimpulan bahwa menyapih dot perlu dilakukan segera dengan alasan:

  1. Anak mendapatkan kenikmatan dari botol dot, sehingga dia menyusu bukan karena haus/lapar tetapi karena nyaman dengan dot-nya, sehingga sering terjadi anak tidak bisa tidur jika tidak nge-dot.
  2. Sedangkan tidur sambil ngedot itu juga tidak baik karena susu yang diminum sambil tidur akan tinggal semalaman di giginya dan bisa menimbulkan kerusakan gigi karena komposisi gula yang bisa membuat gigi rusak setelah beberapa lama.

Tantangan terbesar yang saya rasakan untuk menyapih Fatih dari dot adalah, “Pasti bakal susah nih!” Saya sudah membayangkan hari-hari kerewelan, hari-hari lempar botol dot, atau teriakan-teriakan memilukan. Oh no! Drama… drama… drama!

Dan ternyata…

Alhamdulillah, tidak. Alhamdulillah, Fatih bisa melewati itu semua dan Alhamdulillah, kekacauan yang terjadi tidak begitu heboh ;)

Fatih memang sempat rewel karena merasa tidak nyaman dengan spout cupnya. Susu yang tumpah-tumpah dan berceceran dan yang paling terasa adalah berkurangnya kuantitas susu yang dia konsumsi perharinya.

Biasanya orang tua memiliki cara masing-masing untuk menyapih anaknya. Khusus untuk saya, here’s the tips:

  1. Kita sebagai orang tua harus percaya dan yakin bahwa anak kita bisa disapih karena disapih itu banyak manfaatnya.
  2. Pilih waktu yang tepat. Misalnya saat Fatih berumur 1 tahun, pas di hari ulang tahunnya. Saya bangun pagi dan berkata, “Mas Fatih sekarang sudah besar ya. Jadi minumnya mesti dari gelas kayak Ayah”. Kemungkinan besar, dia belum paham arti kalimat itu, tetapi secara tidak sadar saya merasa kalimat itu lebih ditujukan untuk saya dari pada untuk dia ;) dan satu lagi, saya melakukannya di saat weekend, jadi saya bisa hadir untuk dia 48 jam.
  3. Sebaiknya urban Mama sudah menyiapkan peralatan yang diperlukan jauh-jauh hari. Ada banyak jenis spout cup, yang soft –bentuknya spout, tetapi lunak seperti dot, atau hard spout. Di awal masa peralihan, saya menyediakan 2 tipe, supaya dia bisa memilih mana yang relatif lebih nyaman.
  4. Biasanya, volume susu yang dikonsumsi akan berkurang. Oleh karenanya, urban Mama dan Papa harus menyiasatinya dengan asupan makanan yang mengandung banyak kalsium atau produk olahan susu, misalnya seperti brokoli, keju, yoghurt, dan lain-lain.
  5. Tega! Ya! Walau anak jadi rewel, walau dia merengek-rengek, saya tetap hanya akan memberikan cup-nya. Saya baru sadar, hikmah saya menyampih dari jauh-jauh hari adalah Fatih enggak akan bisa teriak-teriak minta dot-nya, karena dia belum lancar berbicara, jadi yang dia lakukan hanya merengek-rengek, yang dengan belaian, gendongan dan nyanyian bisa meluluhkan kesedihannya.

Selamat mencoba! :)

14 Comments

  1. ninit
    ninit yunita December 7, 2010 at 6:41 am

    hi siska, tks yaa buat tipsnya :)
    pas banget deh kemaren ada yg nanya ttg sapih dari botol, jadi bisa baca artikel ini. useful banget!

    salam yaaa buat fatih :)

  2. dinda permata
    dinda permata sumantri December 7, 2010 at 7:29 am

    Kebetulan anak saya 11 bulan juga, tidak kenal dot sama sekali-langsung minum ASI dari sumbernya. Mungkin salah satu keuntungan buat saya juga lepas tugas dari sapih dot..hihi…

    Salut dengan kegigihan dan kebesaran hati mom Fatih. Hebat bisa lepas dari dot di umur setahun, karena banyak kasus dimana anak tidak bisa lepas dari dot hingga usia balita.

    Makasih buat sharing tips nya ya mom…

  3. sLesTa
    shinta lestari December 7, 2010 at 9:15 am

    tips yang bagus sekali! kemaren emang ada yang nanya nih. untungnya gue pun sama kayak dinda yang gak perlu nyapih naia dari dot, krn setelah gue brenti mompa, gue ngasih naia UHT dan mesti minum dari gelas atau straw bottle. didn’t know kalo kena dot mesti pake nyapih2 segala waktu itu padahal, and thank God i went to the right path gak ngenalin dot ke naia.

  4. December 7, 2010 at 10:33 am

    waaah, fatih hebaaaat! bisa lepas dot dari umur setahun :D emang susah banget nyapih dot euy (dari pengalaman). dan bener banget bisa ngerusak gigi.

    thanks utk tips-nya ya… encouraging banget :)

  5. Ikram
    Susy Yulia December 7, 2010 at 8:49 pm

    Wahh.. Pas banget nih. Emang lg nyari gmn menyapih dgn dot. Memang sih Ikram masih 7bln. Tapi saya pernah baca, lebih baik setelah 6bln diusahakan nggak pake dot. Minum asip masih ngedot. Nah, dari skrg nyobain masih agak susah yaa. Belum mau minum dari doidy cup nya. Thanks tipsnya ya. Masih ada waktu sblm tumbuh gigi and mudah2an sethn udah bebas dot..

  6. BunDit
    BunDit December 8, 2010 at 8:40 am

    TFS moms Mulyssa, siapa tahu adiknya Dita nanti gak mau lepas dr dot, info ini pasti berguna *hehehe hamil lagi belum tp udh ngomongin adiknya Dita* :-D. Alhamdulillah kalau Dita dari bayi sdh terbiasa kalau minum ASIP dari dot tp minum yang lain (air putih/UHT)dari cangkir/gelas/pakai sedotan, jadi saya tidak mengalami nyapih dari dot. Justru sekarang PR terbesar saya, menyapih dita dari nenen. Faktor “harus tega!” yang belum bisa saya lalui :-(. Salam buat Fatih :-)

  7. mamaRaihan
    ayu December 8, 2010 at 10:35 am

    waduhhhh i fill u dech

    raihan dah 13m nih blm mao lepas dot :( ..dikasih spoutcup msh nolak2 apalagi gelas..hikshiks
    tipsny bakal dicoba
    tfs y

  8. Diyan Novrida
    Diyan Novrida December 8, 2010 at 11:11 am

    wuaa tips yg bergunaa..tfs yaaa…Keisha skrg dh mo 19bln tp saya jg binun klo mo nyapih dari dot,malah belum kepikiran,tp setelah baca artikel ini jd termotifasi d..

  9. tephdoetz
    Claudia Harvienda December 9, 2010 at 9:16 am

    Ikut nimbrung …. Baby CJ sm skali ga mau pke dot. Jd mnm asi lgs dr “kemasan”. Jd br skr ditambah pake sufor dan maunya disuapin pke sendok. Aku pikir bakal repot klo pas aku tinggal2. Thank God, CJ ga rewel pas ditinggal. Kyknya aku bakal skip masa2 pke dot :)

    Buat mommies yg blm berhasil … tetap semangat!

  10. ruuzuly
    Ruliyani Nuzuly December 10, 2010 at 11:09 am

    wah ternyata gitu yah dampak ga lepas2 dari dot.. Anakku sih masih 2bln, Alhamdulillah terus berniat ASIX mpe umur 2th nanti..
    Tapi ada nih istri omku, skrg anaknya umur 7th udah SD, tp masih pake dot, padahal udah sgala cara tp tetep ga mau lepas, dimalu2in jg ga ngaruh, dia anaknya cuek bgt. Ibunya juga kayanya pasrah gitu.. Dan emang bener lho mama fatih, dia bukan krn haus/lapar, tp krn nyaman aja dgn dotnya..
    Kira2 gmn ya cara ngellepasnya nih? Udah umur 7th gitu..

  11. mulyssa
    mulyssa December 10, 2010 at 1:40 pm

    @mbak ninit @dinda @ shinta @thalia @bundit @mama van CJ; sama2..terimakasih :)
    @sussy, @ayu, @diyan ayo semangat! :D
    @ruliyani wah maaf saya belum pengalaman kl anak 7 tahun hehehe…mungkin temen2 yg lain ada yg bisa bantu?

  12. nieque
    Nuniek Dinawati December 10, 2010 at 2:58 pm

    Al udh mau setahun umurnya..msh mimi pake dot.
    Sebaiknya dari sekarang ya disapih..Memang mau aq berikan UHT jg..tfs mom..tipsnya useful bgt :)

  13. Ginapriadini
    Gina Priadini December 12, 2010 at 8:36 pm

    Woooo, pengalaman sapih dr dot emang gampang-gampang susye. Aksara sekarang 17m alhamdulillah dah lancar bgt mimik dr doidy ato training cup.
    Awalnya dia nolak2 sih kalo training cup, kalo doidy lancar beneerr, Aksara dari umur 3 bulan dan ber-dot ria minum ASIperah maklum doi tinggal di daycare, dan pake botol saat itu cara yg plg mudah. Masuk umur 7 bulan coba diganti pk training cup, lancarnya baru umur 10 bulan. Pas setaun dah pake doidy cup itu. Bahkan sempet surprise juga bisa gak tumpah2 :D mmm, sekitar usia 14m deh dah jago dia.
    PRnya buat saya, si bocah nih gak mau pake sedotan hahaha, gak bisa dia nyedotnya.
    Dah macem2 deh straw bottle dicobain dr yg empuk, tipis, yg biasa. Gak ada yg mempan. :p
    Barangkali ada yg tau caranya?

  14. Putri Listyasari
    Putri Listyasari December 13, 2010 at 8:28 am

    Huaaah, untung ada artikel ini!!! Thanks ya mba, udh share tips2nya.. Saya sempet bingung (dan ketakutan sih sbnrny), anak saya 8 bln, dari lahir sampe skrg msh ASI tapi ga mau dari dot, awalnya bingung bgt ntar umur setaun mu disapih gmn kalo ga mau dari dot, tapi setelah baca ini, saya lega dan pengen cepet2 anak saya umur setaun deh, mau praktekin tipsnya mba.. Hehe..

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.