MPASI Saat Travelling

Truly Syarif

Menurut saya membuat MPASI saat travelling itu menyenangkan walaupun untuk sebagian orang mungkin dianggap merepotkan. Tapi percayalah repot melakukan sesuatu untuk anak dan membuat mereka senang itu tidak ternilai harganya.

Kebetulan saya sering travelling bersama keluarga karena orangtua saya dan mertua ada di luar kota dan kami sering mengunjunginya. Ketika masih ASI eksklusif (<6bulan) mungkin tidak masalah membawa Zee travelling, masalah baru datang setelah Zee mulai MPASI pastinya bawaan pun bertambah banyak.

Saya sendiri termasuk tipe ibu simpel maunya praktis dan sedikit bawaan, kali ini saya akan berbagi untuk mempersiapkan MPASI pada saat travelling. Tahun baru lalu saya coba travelling dengan Zee yang usianya 9 bulan ke Kuala Lumpur, sudah mulai MPASI dan belum mulai solid food.

1. Barang apa saja yang ingin dibawa?

Ini bertujuan agar tidak terlalu banyak alat tempur yang dibawa. Saya sendiri hanya ingin membawa alat seminim mungkin jadi saya hanya membawa Slow Cooker, tempat makan tahan panas dan alat makan.

2. Susun menu makanan

Ini bertujuan agar kita tidak terlalu banyak membawa bahan makanan yang bisa jadi mubazir dan bisa mempersiapkannya dari rumah.

3. Bahan makanan yang dibawa

  • Beras dan Oat yang sudah disimpan dalam plastik untuk tiap kali pakai
  • Bahan beku yang sudah ditempatkan di baby cube: Beef gravy, kaldu ayam kampung & butternut pumpkin
  • Bahan yang dibawa tidak dalam keadaan beku dan ditempatkan di baby cube
  • Sayuran sudah saya campur di beef gravy, agar lebih praktis
  • Xiang lie kukus parut & saus kurma

Untuk buah-buahan, unsalted butter dan toast bisa ambil di hotel.

Saya menggunakan flight pagi dengan lama perjalan kurang lebih 2 jam. Lama travelling 4 hari 3 malam.

Berikut susunan menu yang saya buat:

Hari ke-1
Sarapan:  apel+oat (Berangkat dari rumah pukul 6 pagi, jadi Zee sarapan di rumah)
Makan siang dan Makan sore: nasi lunak yg dimasak di SC + sup tomat
Buah: xiang lieHari ke-2:
Sarapan: oat + saus kurma
Makan Siang dan Makan Sore: nasi lunak + beef gravy
Buah: xiang lie

Hari ke-3:
Sarapan: oat + xiang lie
Makan Siang dan Makan Sore: nasi lunak + butternut pumpkin + kaldu ayam kampung
Buah: pepaya

Hari ke-4:
Sarapan: oat + sauce kurma
Makan Siang dan Makan Sore: nasi lunak + beef gravy + butternut pumpkin
Buah: melon

Bagaimana cara memasaknya?

Sebelum tidur saya memasak nasi di slow cooker, subuh baru dimasukan bahan matangnya seperti beef gravy, butternut pumpkin dan kaldu. Setelah matang dan tercampur masukan ke dalam tempat makan tahan panas untuk makan siang dan sore.

Untuk sarapan, seduh oat dengan air mendidih kemudian campurkan saus kurma.

Jika ada sampah sisa makanan sebaiknya dibuang di kloset agar tidak menimbulkan bau. Dan jangan buang di wastafel karena akan membuat mampet dan jadi masalah.

Tidak repot, kan tetap menyiapkan MPASI saat travelling, anak sehat ibu pun senang.

23 Comments

  1. blankdakruz
    blankdakruz December 11, 2013 at 2:53 pm

    makasih sharingnyaaa…mau nanya nih bund, kalau bawa bahan beku berarti bawa cooler bag kan ya?

  2. GalfanovMom
    Novia Ariiyana December 11, 2013 at 3:04 pm

    wah nice post banget niee…pas banget buat plan traveling stlh baby akim >6mos..kalau xiang lie nya dikukus+parut di bekukan lg ga?tahan 4 hari? *maaf kalo blm tll kebayang buahnya digimanain…menuju mpasi perdana :)

  3. sapta
    sapta ningsih December 11, 2013 at 3:51 pm

    slow cooker memang andalan yaaa..sayapun tiap kali travelling saat anak masih dibawah 1 tahun SC tidak boleh ketinggalan..tfs mom..

  4. zulaekhah
    zulaekhah December 11, 2013 at 7:19 pm

    SC emang praktis buat dibawa travelling ataupun di rumah, karena tinggal cemplung2 malam harinya dan keesokan paginya udah mateng siap santap :D. Jadi ga pake rempong kalo pagi2.

  5. Truly Syarif
    Truly Syarif December 11, 2013 at 8:06 pm

    @blankdakruz: Oiya mama kelupaan cooler bag + ice gel secara dua benda itu selalu dibawa2 tiap hari bersama perlengkapan pumping jd kelupaan deh. Mamooood tolong tambah in ya hihihi…
    @sapta: iya mama Bantu banget ya
    @zulaekhah: buat saya pun begitu mempersingkat memasak krn harus buru2 berangkat kerja, dan tetap dikaryakan buat bikin Cemilan jg ;)

  6. eka iswahyuni
    Eka Iswahyuni December 12, 2013 at 8:07 am

    mom Truly, nanya donk. saus kurma itu maksudnya kurma diblender? atau emang ada produk jadinya? aku tertarik nih buat ngasih ke baby ku (9 mos). makasih mom :)

  7. blankdakruz
    blankdakruz December 12, 2013 at 10:52 am

    Oh ya Mom, biasanya kalo travelling, nyimpen ASInya di botol kaca atau di plastik ASI?

  8. Truly Syarif
    Truly Syarif December 12, 2013 at 1:40 pm

    @eka: kurma direndam air hangat lalu diblender mom.
    @blankdakruz: klo travelling biasanya pakai plastik krn lebih ringan. Klo ke kantor atau yang deket pakai botol.

  9. hananafajar
    hanana fajar December 16, 2013 at 2:52 pm

    whuaa pas banget mbaa… bakal ada beberapa traveling bareng si kecil yang masih belum setahun dan udh mpasi..nice sharing:)

  10. Geriatrics
    Geriatrics December 16, 2013 at 6:38 pm

    Pas banget nih, pas mau traveling pertama kali sama baby pas nemu bahasan ini. Yang masih bikin galau soal menu makanannya. Kalau aku bawa sup daging yang didalamnya ada brokoli atau sawi terus dibekukan untuk makan selama 4 hari ga masalah kan ya?. Soalnya agak boros klo mau beli slow cooker atau panci listrik dlu.

  11. Truly Syarif
    Truly Syarif December 17, 2013 at 2:37 pm

    @hanana fajar: alhamdulillah…sama2 mama;)
    @geriatrics: gak masalah sih ya, tapi apa gak bosen 4 hari dengan menu sama mama? mending dipisah aja kaldu (ayam dan sapi) dan puree sayurannya biar bisa dimix. Btw banyak loh skrg jasa penyewaan slow cooker biar gak terlalu boros hehehe…

  12. andyra
    andyra December 18, 2013 at 10:55 pm

    Mba tanya dong itu kaldunya dibawa dlm keadaan beku atau cair? kl cair tahan brp jam perjalanan kah?
    Oiya bwt alternatif buah saya coba kiwi gold mayan praktis bwt dibawa travelling.

  13. Truly Syarif
    Truly Syarif January 6, 2014 at 3:20 pm

    @andyra: saya bawa dalam keadaan beku, dalam keadaan cair lebih singkat ya asal pake ice gel. Saya sendiri tidak tau pasti berapa jam lamanya tapi biasanya saya klo traveling gak langsung check in kurleb 12 jam masih ok kaldunya.
    iya kiwi praktis tinggal sendok ya;)

  14. keyika
    keyika April 10, 2014 at 8:19 am

    waahhh…..aq jg mau traveling sama baby dlm waktu dekat ini pas bgt bahasannya, btw mam andyra buah kiwi boleh diksh ke baby umur brp bulan?

  15. saskia haditama
    Saskia Piscesa May 8, 2014 at 3:50 pm

    @keyika: aku bantu jawab yaa. kalau kata dsa anakku, kiwi boleh diberikan untuk baby di atas 7 bulan. aku udah coba untuk adika dari 7 bulan kurang dikit dan aman hehehe. hth ya mom :)

  16. suliy
    Suliy May 23, 2014 at 3:27 pm

    langsung klik “bookmark this page”. TFS ya ^^

  17. tricy
    tricy August 5, 2014 at 8:20 am

    pas lagi bingung pas nemu artikel ini. makasi ya mama truly..

  18. nioanio
    nioanio October 14, 2014 at 8:43 am

    pas banget ini..besok mau travelling..tapi sc ku 1,2 ltr

  19. Zuhairah
    Zuhairah November 17, 2014 at 11:14 am

    Cari SC yang kecil sama tempat makan tahan panas kalo di surabaya dimana ya mama?

  20. Truly Syarif
    Truly Syarif November 17, 2014 at 11:54 am

    @keyika sudah dibantu jawab mom @saskia…thanks:) iya krn kiwi tekstur berbiji dan agak asam jd better 7m.
    @suliy, @tricy, @nioanio alhamdulillah…seneng klo bisa membantu, thanks mamas;)
    @nioanio: gak papa yg 1,2 tapi emang agak makan tempat, bisa juga sewa yg lebih kecil mama…
    @zuhairah: SC yg kecil saya dapet di ace hardware. Zojirushi ada counternya di galaxi mall utk surabaya mama…

  21. kikimaharani
    kikimaharani December 29, 2014 at 9:46 am

    hai mom, aku juga abis traveling dan tetep bikin MPASI sendiri buat anakku Daanish (7m), tapi aku ga bawa slow cooker, cukup panci listrik yg bisa buat ngukus juga (beli di ac* hardw*re) sama baby food maker yg ada ulekan, peresan jeruk dll. bahan makanannya bawa beras utk menur 3 hari, butternut pumpkin mentah udah di potong2, brokoli, zukini,wortel dipotong, ceker ayam, sama daging ayam bagian dada, buahnya pisang ambon dan alpukat.
    aku bikin kaldu di hotel, dan semua bahan makanan aku taro d kulkas hotel. perjalanan dr Jakarta- Bandung, kutaro bahan makanan di cooler box (sekalian simpen ASIP). bahan makanan di packing di wadah kedap udara jadi terjaga kebersihannya.

    ttiap pagi (subuh sih biasanya abis nenenin Daanish) aku bikin makanan utk 1 hari (porsi pagi dan sore biasanya sama),

    menu Karbo+protein pagi dan sore
    hari 1 pagi sore
    bubur beras+daging ayam cincang+kaldu ayam+ wortel+ brokoli
    siang: pure beras merah (gasol)+ pure pisang ambon (sempet bikin ini dulu krn baru check in di hotel)

    hari 2 pagi sore
    bubur beras+ kaldu ayam+ butternut pumpkin kukus
    siang: pure alpukat (tinggal kerok dan lumat pake ulekan)

    hari 3 pagi sore
    bubur beras+zukini kukus+daging ayam cincang + kaldu+ brokoli
    siang: pure alpukat+pisang (tinggal kerok dan lumat pake ulekan)

    menu pagi sore biasanya aku taro di termos tahan panas (merk tiger oke banget mom. udah siap, tinggal jalan2 dan belanja2 deh di kota kembang…

  22. Fajrin Dina
    Fajrin Dina July 24, 2015 at 7:59 am

    moms, kalau mau cuman bwt 1hari, yg paling praktis untuk mpasi travelling apa ya,,? TIA

  23. NiaQuazi
    NiaQuazi January 28, 2016 at 7:43 am

    Sangat bermanfaat mom, tfs :) kami sering travelling bawa baby, dalam rangka kerjaan sih =D

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.