No-Sew Tutu

rainiw

Pembuatan tutu tanpa dijahit ini sebenarnya saya dapat dari berbagai DIY tutu-tutorial di internet, lalu dimodifikasi dengan memasang hiasan pita satin di belakang tutu & menjahitkan tutu yang sudah jadi ke sekeliling pinggang celana pendek (OK, berarti namanya bukan No-Sew Tutu lagi ya). Cocok untuk last-minute halloween costume, atau sekedar jadi rok lucu-lucuan buat dipakai jalan-jalan ke mall.

Bikinnya asli nggak ribet karena bahan yang dibutuhkan hanya:

  • 2 x 1 meter kain tulle (boleh satu warna, tapi disini saya pakai tiga warna : peach & kuning-lemon. Oia, kain tulle sepanjang ini cukup untuk membuat rok ukuran anak usia 1-2 tahun).
  • Gunting.
  • Karet elastik.
  • Celana kecil/training pants.
  • Benang & jarum jahit.
  • Buku kamus ukuran besar.
  • Camilan, DVD favorit & DVD player.

1. Ambil karet elastik & ukur mengelilingi pinggang si kecil. Dikira-kira saja :-) Lebihkan sedikit & satukan kedua ujungnya dengan dijahit atau disimpul-mati.

2. Tumpuk-rapi ketiga kain tulle. Untuk membuat tutu pendek, lipat tumpukan tulle jadi empat bagian, lalu gunting searah panjang kain. Untuk membuat tutu panjang (atau untuk anak yang lebih besar… usia 3-4 tahun), lipat tumpukan tulle jadi dua bagian.

3. Tumpuk keempat bagian potongan tulle searah panjang kain (horizontal). Gulung tumpukan tulle searah lebar kain, lalu gunting vertikal kira-kira selebar 5-7 cm. Hasil guntingannya adalah lembaran-lembaran tulle sepanjang kira-kita 20-an cm.

4. Bingung tadi itu ada buku kamus buat apa? Nah ini gunanya: ambil karet elastik yang sudak disiapkan, pasang mengelilingi buku kamus. Sebenarnya bisa juga sih karetnya dipasang di sandaran kursi kecil, di kaki… tapi berhubung di rumah adanya kamus, ya pakai kamus saja.

5. Pasang tontonan DVD favorit anda & jangan lupa siapkan camilan juga :-D

6.Selanjutnya… mari kita mulai bikin tutu-nya sambil nonton DVD :lol: Ambil empat lembar potongan tulle, lipat-dua, lalu simpulkan pada karet elastik. Saya lupa apa nama simpulnya, tapi cara membuatnya kira-kira seperti pada gambar berikut:

Rapikan jarak simpul-simpul tullenya. Teruskan menyimpul sampai potongan tulle habis.

7. Supaya enak dipakai & tidak melorot, jahit rok tutu ke sekeliling pinggang celana/training pants. Hiasi bagian belakang tutu dengan pita satin atau bunga-bunga.

Voila… jadilah tutu skirt a la ngebut. :)

Selain jadi kostum ballerina, tutu ini bisa dipadu-padankan menjadi banyak kostum. Untuk kostum peri, tambahkan hiasan sayap kecil, bedak glitter di badan & pakaikan aksesoris tongkat ajaib + mahkota. Tutu panjang, blus renda berlengan poof serta mahkota bsa dipakai untuk kostum princess. Atau padukan bersama sequined tanktop + sarung tangan jala-jala hitam & legging warnawarni untuk kostum lady rocker :-D

30 Comments

  1. naylanai
    nayla naylanai July 1, 2011 at 6:28 am

    waaaw keren deh idenya… TFS ya… :)

  2. ninit
    ninit yunita July 1, 2011 at 7:33 am

    kereeen!
    btw ai… pengen gigit paha-nya alma :D gemesss hihihi…

  3. namila
    namila July 1, 2011 at 8:13 am

    Kereeen…ih itu alma masih kecil ya?

  4. teeka
    ariantika July 1, 2011 at 8:20 am

    Sudah membuktikan. Bikin nagih krn gampang n lucu bangeeeeet…

  5. fikihqueenamom
    fikih yoni July 1, 2011 at 8:29 am

    TFS mom,lucu banget.pgn deh bikin buat Queena

  6. mamakeno
    Nova Sylvana July 1, 2011 at 9:17 am

    Waaaaaaahh!! Kebetulan aku lagi cari-cari tutu buat anakku. Eeeh, td di twitter adekku RT dan mention.. Senengnyaaaa..
    Makasih ya ai.. Jd ngga perlu beli tutu di toko deh, bikin sendiri jg bisa.. :)

  7. siska.knoch
    Siska Knoch July 1, 2011 at 9:41 am

    Mantabbb Ai :D kalo gue punya anak cewek pasti langsung ke toko depan beli tule *niyat* abis gampang bgt bikinnya no-sew sih! idem sama teh Nit, itu paha Alma bikin gemesshhh :*

  8. ndatha
    PuTRi July 1, 2011 at 10:12 am

    alma cantik :)

  9. dynyafa
    Windy Firdausi Picaulima July 1, 2011 at 3:12 pm

    Waahh…idenya cemerlang.. gampang dan cepat… TFS,Mama..

  10. BundaTsabitTsaqifa
    Nurul Husna July 1, 2011 at 10:40 pm

    ih..lucu banget yah.. bener2 ga kliatan kalo ga dijahit! mantaff ^^

  11. PiNkmomma
    PiNkmomma July 1, 2011 at 11:00 pm

    Aiyayayayya Lucuuuuu ^^

    Tadi udah mikir, kamusnya buat apa? masa mau memberdayakan kertas-kertas di dalemnya :P

    Kapan2 coba ahhh..TFS ya Ai’ ..

  12. sarrah
    sarrah July 1, 2011 at 11:51 pm

    seru.., lucu…, keren…
    jadi pengen nyoba nih bwt 2 bidadari kecil dirumah…
    TFS bgt nih…

  13. ayu Ferdinand
    ayu Ferdinand July 2, 2011 at 9:34 am

    wew…ada kakak alma disini….

  14. July 2, 2011 at 11:03 am

    wah, gampang banget! jadinya juga bagus deh…

    *gigit paha alma*

  15. peachmargarita
    peachmargarita July 2, 2011 at 12:18 pm

    Alma manisnyaaaaaaaaaaa ih gemes bangettt :)

    *maap jadi ngomongin Alma bukan ngomongin Tutu*

  16. ruuzuly
    Ruliyani Nuzuly July 2, 2011 at 11:27 pm

    haaaa,, jadi pengen punya anak cewe buat anak kedua nanti :D

  17. Silvianty
    Silvianty July 3, 2011 at 10:41 am

    Mama yg kreatif ^_^, saluuut. Dtunggu karya DIY selanjutnya mam.

  18. yunitaariani
    YunCe July 4, 2011 at 7:41 am

    duh cantiknyaaaa

  19. tephdoetz
    Claudia Harvienda July 4, 2011 at 12:16 pm

    Pengen coba ahhhh … Keren!

  20. rainiw
    Aini Hanafiah July 4, 2011 at 5:42 pm

    Hihii, sama-sama mamas :D Silakan dicoba buat ngedandanin anak2 gadisnya (atau bikin buat diri sendiri juga lucu lho), dijamin nagih… bikin satu tutu aja nggak bakalan cukup :D

    di foto itu Alma masih umur 7 bulan… pahanya masih montok ginuk-ginuk *jadi pengen gigit juga tapi anaknya lagi tidur :))*

  21. bunda faris
    Yunita Maradil July 7, 2011 at 8:07 am

    wow, sooo cute.. jadi pengen segera punya baby girl, hehe.. tfs ya mom.. :)

  22. keevie
    keevie July 9, 2011 at 9:14 pm

    Langsung dicoba krn penasaran. Tp susah ya gunting kain tulle dgn rapih. Akibatnya jd berantakan bawahnya. Tp tetep tampak cute on my baby. Mdh2an next time bs lebih rapih. Rencananya mau buat banyak warna. Hihihi TFS ya!

  23. missyong
    twinkle mama July 11, 2011 at 5:28 pm

    lucu banget moms idenya… coba ah :)

  24. alika moms
    alika moms July 12, 2011 at 2:05 pm

    keren idenya patut dicoba.. makasih mama alma :)

  25. eka
    Eka Wulandari Gobel July 12, 2011 at 8:23 pm

    hihihi..tubit2 alma!
    Lucu deh, pake rok rumbe2.. Hihihi…

  26. sari cahyono
    sari cahyono October 24, 2011 at 12:06 pm

    Great ide…
    jadi dapat ide buat kostum ultahnya Aya besokk ni..ijin mencontek yahh mom..tfs. salam kenal^^

  27. jojoice
    jojoice November 15, 2011 at 11:49 am

    ahhh lucuuuu mom..aq baru liat ni..
    like it !

  28. Risqa Prasista
    Risqa Prasista March 10, 2012 at 5:32 pm

    kereeen

  29. mamiraz
    Miranti Andi Kasim February 26, 2013 at 1:22 am

    baru mampir lagi setelah berbulan-bulan dan nyangsang ke sini. Great idea! simple dan hasilnya manis!

  30. Mamaway
    Carolyne Lee April 18, 2013 at 3:21 pm

    like it so much!!! will try for my twins daughters :D:D

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.