Pak Raden

The Urban Mama

Sabtu, 25 Juni 2011, kami menghadiri acara “Kirimkan Cinta Dengan Dongeng Untuk Anak Indonesia” yang bertempat di Giggle atrium, f5 fX. Acara ini dilandasi oleh Gerakan #PeduliPakRaden. Gerakan #PeduliPakRaden adalah sebuah gerakan sosial yang dibuat oleh sekelompok orang yang merasa Pak Raden perlu mendapatkan apresiasi atas karya-karyanya dalam dunia dongeng dan anak-anak.

Sebagian besar urban Mama Papa tentu mengenal Drs Suyadi alias Pak Raden. Bagi kita generasi yang tumbuh besar dengan hiburan boneka “Si Unyil” tentunya sosok Pak Raden begitu lekat di ingatan. Tidak banyak dari kita yang mengetahui apa kegiatan dan bagaimana keadaan Pak Raden sekarang. Sesekali wajahnya masih terlihat melintas di beberapa program televisi untuk anak-anak. Dari tayangan televisi beliau masih terlihat begitu gagah dengan beskap hitam dan kumis tebalnya. Suaranya yang khas juga masih menggelegar.

Di usianya yang ke-78 tahun, Pak Raden memang masih terlihat bersemangat. Beberapa bulan lalu sempat berhembus kabar bahwa beliau memerlukan biaya untuk pengobatannya. Bahkan, lewat sebuah website lukisan hasil karyanya ditawarkan untuk dijual.

Drs. Suyadi alias Pak Raden adalah salah seorang seniman Indonesia yang karyanya luar biasa. Disadari atau tidak, kreasinya dalam “Si Unyil” juga memberikan kontribusi positif dalam kehidupan kita. Minimal, kita semua pernah merasa sangat terhibur dengan kehadiran sosok Pak Raden. Karena itu, kami ingin mengajak urban Mama Papa untuk mengingat kembali sekaligus mengapresiasi karya-karya beliau.

23 Comments

  1. desan
    desanti July 11, 2011 at 5:40 am

    saya pernah bekerja dengan beliau.. melihatnya bekerja dan merasakan energinya luar biasa. merinding. apalagi tayangan unyil dan pak raden wajib tonton sewaktu saya masih kecil dan masih terkenang sampai sekarang.

  2. Adhitya
    Adhitya Mulya July 11, 2011 at 6:40 am

    wow! pak raden. salam hormat untuk beliau. waktu kecil selalu nonton si unyil.

    sehat-sehat ya pak raden.

  3. eka
    Eka Wulandari Gobel July 11, 2011 at 7:39 am

    waktu kecil selalu nunggu hari minggu utk nonton si unyil. Tapi memang takut sama tokoh pak raden yg kumisnya tebel & suaranya yg menggelegar :)
    Waw udah 78 tahun ya usianya, udah sepuh. Tapi keren, masih bersemangat & enerjik! Sehat2 ya, pak raden!

  4. Sidta
    Dian Arsita Kurniawati July 11, 2011 at 7:42 am

    iyak betul, udah 78 tahun tapi keliatan gak banyak bedanya, tetep keren ;)
    sehat selalu ya Pak raden ..

  5. udhien
    Mohammad Syafiuddin July 11, 2011 at 8:38 am

    semoga sehat dan panjang umur ya pak raden. kangen sama cerita si unyil dan cara pak raden mengajar gambar euy…. semoga nanti ada orang yg mau ngebantu buatin museum karya-karya pak raden neh…

  6. bunda alin
    bunda alin July 11, 2011 at 8:43 am

    walah….waktu kecil jadi tontonan wajib saya dan adik-adik saya setiap minggu pagi euy…, jadi kangen…. Tetap sehat ya pak raden… :)

  7. bisri
    Achmad Bisri July 11, 2011 at 8:45 am

    wah hebat yah 78 tahun masih bersemangat… jadi inget jaman masih kecil minggu minggu berebut didepan tipi nonton unyil hehe

  8. dinda permata
    dinda permata sumantri July 11, 2011 at 8:57 am

    Inget banget ma Pak Raden, Unyil, Usro, Pak Ogah, Bu Ba’riyah dkk lainnya.. Duluuu waktu kecil rasanya bangga banget bisa ketemu, salaman n dateng ke studio tempat syutingnya, atau sekedar dengerin dongengnya. Rindu tayangan sejenis untuk anakku kelak.

  9. oci
    Oci Rajagukguk Dewono July 11, 2011 at 9:00 am

    Pak Radeeen… sehat2 Pak! Jd kangen euy liat Pak Raden di unyil..

  10. ninit
    ninit yunita July 11, 2011 at 10:27 am

    seneng banget bisa datang ke acara ini. lihat pak raden mendongeng… seneng :)

    btw itu favorit banget deh pas tokoh orang gila di si unyil muncul… dimana anakku dimana istriku… :)

    terima kasih pak raden… sehat2 ya pak.

  11. sLesTa
    shinta lestari July 11, 2011 at 10:54 am

    wow salut banget pak raden udah 78thn tapi tetap semangat dan gagah! sehat2 yah pak raden…

    sebelom ada upin & ipin, udah ada unyil & pak raden. mesti dilestarikan biar generasi sekarang tau, gak mesti nonton film/acara dari luar, hargai karya dalam negeri yang ga kalah kerennya.

  12. otty
    Pangastuti Sri Handayani July 11, 2011 at 11:17 am

    Gue terharu banget waktu baca twit2nya, dan sekarang masih terharu juga baca artikel ini. Inget banget dulu wajib nonton Si Unyil, acaranya baguuuus banget menurut gue. Sayang tontonan anak2 jaman sekarang malah biasanya import ya (termasuk tontonan Nara), harus diajak nonton Si Unyil nih.

  13. cyndewi
    cynthia dewi July 11, 2011 at 12:11 pm

    semangat terus ya pak raden! jaga kesehatan biar gak encokk :D

  14. rainiw
    Aini Hanafiah July 11, 2011 at 1:10 pm

    Jaman waktu kecil juga suka bgt nonton Unyil. Trus terkagum-kagum juga kalo lihat pak Raden cerita sambil menggambar… engaging banget ya :D Sehat2 ya pak Raden.

  15. sondang
    Sondang July 11, 2011 at 3:44 pm

    Keren banget Pak Raden, bisa nyiptain karakter-karakter di Unyil itu.Seru banget ya inget Unyil jaman dulu. keberagaman tokohnya itu loh. Sampe si Kinoi segala, dulu kalau pas ada yang nangis di keluarga, suka langsung diteriakin Kinoi :)

  16. Honey Josep
    Honey Josep July 11, 2011 at 6:20 pm

    Pak Raden seorang yang kreatif. Semoga Pak Raden senantiasa diberi kesehatan agar bisa berkarya untuk anak- anak Indonesia :)

  17. prastawa
    Nita Prastawaningrum July 13, 2011 at 7:51 pm

    Waa..sayang bgt ga tau kalo ada acara #PeduliPakRaden ini..kalo tau, pasti dateng! Keina harus kenalan langsung nih ama beliau :)

  18. arienta
    arienta May 7, 2012 at 9:20 am

    pak raden itu me legenda banget ya… kita sebagai warganegara indonesia jangan sampai melupakan budaya indonesia krn itu merupakan kekayaan kita juga yg patut dibanggakan

    1. deangelo
      deangelo May 7, 2012 at 7:19 pm

      setuju mbak..jangan asal dilupakan.
      di Indo sendiri sbnrnya banyak banget budaya loh…
      gak cuma Bali ^^..heheh,kan turis mancanegara lebih knal bali

  19. denadahar
    denadahar May 7, 2012 at 1:34 pm

    wah.. pak radennn.. dah lama deh gak denger soal pak raden..
    khas indonesia nih pak raden.. ha2 :P

    1. deangelo
      deangelo May 7, 2012 at 7:21 pm

      di Tv masih ada kok mbaknya..
      dy kan punya acara TV sendiri skrg..sygnya
      begitu juga sama boneka2nya
      *jadi inget band thekill nya unyil hehhehe

  20. arienta
    arienta May 7, 2012 at 5:47 pm

    pak raden termasuk budaya indonesia yg hrs diperhatikan nie …sebagai orang indonesia kita juga hrs memperhatikan dan mengenal budaya indonesia nie :)

  21. deangelo
    deangelo May 7, 2012 at 7:15 pm

    Pak raden itu kan boneka yang menjadi orang yah…atau orang jadi boneka…
    si pembuat pak raden itu kan si pak raden orang bukan?
    ini bisa jadi salah satu budaya indonesia nih…

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.