Pancing Kreativitas Anak Melalui Buku Celoteh Keni

Belum lama ini saya dan Kaka, 12 tahun, membaca sebuah buku bersama-sama. Buku yang kami baca kali ini cukup unik karena isinya celoteh seorang gadis kecil berumur 8 tahun bernama Keni. Celotehan Keni dalam bukunya yang berjudul sama “Celoteh Keni” bercerita tentang keseharian Keni dalam sudut pandangnya sebagai anak umur 7 tahun (saat buku tersebut ditulis).

“Celoteh Keni” lebih seperti buku harian karena isinya random tentang apa saja yang ia lakukan setiap hari, apa yang ia rasakan, dan seterusnya. Meskipun isinya terlihat random, namun isinya sangat menarik dan edukatif, ada begitu banyak hal yang bisa dipelajari dalam buku ini, terutama bagi anak-anak seumurnya.

Menurut saya, minimal ada empat hal yang bisa dipelajari oleh saya dan anak-anak dari buku ini, yaitu:

Belajar Menulis

Buku ini bisa menjadi ajakan bagi anak untuk belajar dan berani menulis. Meski dengan gaya bahasa anak-anak, Keni terus menuliskan pengalamannya, misalnya saat ia bercerita tentang pengalamannya jalan-jalan ke Eco Green Park. Ia menulis tentang apa yang ia lihat dan rasakan di sana. Tulisannya sederhana namun mudah dimengerti.

Belajar Menggambar

Selesai menulis tentang pengalaman jalan-jalannya ke Eco Green Park, Keni pun menggambarkan apa yang ia lihat, misalnya burung beraneka jenis yang ia temui di sana.

Saat menulis surat untuk sahabatnya, Keni pun menambahkan ilustrasi yang mendukung isi suratnya tersebut. Jangan harap melihat gambar yang luar biasa indah, gambar-gambar milik Keni mungkin biasa saja, khas anak seumurannya, namun caranya menggambar, paduan warna serta cerita di baliknya membuat semuanya menjadi menarik. Kreatif!. Ini lah yang saya tekan kan pada Kaka, Abang, dan si Bungsu, bahwa mereka harus berani berkarya, karena apa pun hasilnya, pasti akan unik, sesuai dengan karakter mereka masing-masing.

Belajar Kreatif

Selain menulis dan menggambar, Keni juga bisa memberi inspirasi bagi anak-anak lain untuk menjadi kreatif. Lihat saja saat ia bercerita soal hobinya membuat benda-benda DIY atau do it yourself. Pembatas buku hasil buatan tangannya berwarna-warni dan mudah untuk dibuat bersama anak-anak.

Menjadi Pembelajar

Latar belakang Keni yang homeschooling membuat buku ini semakin menarik dan edukatif. Saya pribadi suka dengan bab tentang homeschooling saat ia bercerita tentang kegiatan belajarnya sehari-hari dari mulai belajar bahasa Inggris, kelas serangga, koloni kuman, sampai science day.

Bahkan saya bisa mempraktikkan dan belajar dari buku ini bersama si Bungsu yang baru berusia lima tahun. Ia menyukai tulisannya yang cukup besar dan mudah dibaca serta warna-warni bukunya yang menarik.

INFORMASI BUKU:

Judul: Celoteh Keni
Penulis: Kenia D.S (8 tahun)
Penerbit: Bhuana Ilmu Populer (Kelompok Gramedia)
Tebal Halaman: 172 halaman 

Urban mama tertarik mau membaca buku ini juga bersama si kecil? Silakan cari di toko buku terdekat ya...

8 Comments

  1. avatar
    Leila Niwanda February 6, 2017 11:15 am

    Aku pun sukaaa bukunya... Kreatif yaaa, dan mencerminkan dukungan orangtua juga sih ke penyaluran kreativitas anak.

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Eka Gobel February 6, 2017 12:59 am

    Lucu amat bukunya! Mau cari di gramedia ah!

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    zata ligouw February 5, 2017 9:31 pm

    makasihh semua atas komentarnyaaa :)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    dieta hadi February 2, 2017 12:54 pm

    wooww kece banget ini bukunya, mau beliin ah buat mika, thanks ya zataa

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Ari Prastawati February 2, 2017 11:17 am

    iya...keren bgt buku ini...aku udah punya juga plus selalu update info ttg Keni via fb dan IG mamaknya Keni(DK Wardhani). Oya kalo mau free download karya2 keni ada di blog serusetiapsaat [dot] com lho...

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.