Perpisahan yang Manis

gabriella

Ambilkan bulan, Bu…
Ambilkan bulan, Bu…
Yang slalu bersinar di langit…
Di langit bulan benderang…
Cahyanya sampai ke bintang…
Ambilkan bulan, Bu…
Untuk menerangi
Tidurku yang lelap
Di malam gelap….

Akhir-akhir ini, lagu di atas menjadi pengiring menjelang Albert tidur. Dengan lampu remang-remang, biasanya Albert minta boboan di dada dan saya menyanyikan lagu tersebut. Setelah lagu habis, Albert akan bergulir ke tempat tidur dan mulai berusaha untuk tidur. Romantis ya. :)

Jujur saja, saya tidak terlalu menantikan saat-saat saya harus menyapih Albert. Rasanya berat sekali harus mengakhiri masa-masa indah menyusui. Saya masih terus menyusui Albert setelah ulang tahunnya yang ke-2. Tapi pada suatu titik, saya merasa, oke, sudah saatnya Albert untuk mulai disapih, dan entah apa pemicunya, mungkin inilah tandanya saya sudah siap untuk menyapihnya.

Menjelang Albert berusia dua tahun, saya sudah bolak-balik membaca-baca thread ini. Lalu saya juga membaca sharing para mama tentang proses menyapih. Saya benar-benar deg-degan dan tidak punya bayangan akan seperti apa penutup dari masa menyusui selama lebih dari dua tahun ini. Apakah akan terjadi drama atau lancar-lancar saja. Sepertinya dibutuhkan keberanian lebih untuk bisa memulai proses weaning with love ini. Selama ini saya selalu menidurkan Albert dengan menyusuinya, jadi saya juga tidak punya gambaran dengan cara apa saya bisa membuatnya tidur selain menyusui.

Berkat thread ini, saya tahu bahwa sebenarnya kalau anak bangun di tengah malam sebaiknya tidak langsung disodori susu. Apa daya, selama hampir dua tahun itulah yang saya lakukan, karena saya harus bekerja di pagi hari, jadi saya tidak mau repot terbangun di malam hari, menenangkan Albert, padahal masalah bisa langsung selesai begitu saya sodori susu. Saya berdiskusi dengan suami saya dan kami sepakat ingin kembali tidur pulas sepanjang malam. Jadi kami mencoba untuk tidak memberikan susu mama jika Albert terbangun di malam hari. Perjanjiannya, kalau Albert terbangun di malam hari, suami saya yang akan menanganinya, sementara saya boleh pura-pura tidur (Yes! Pembagian tugas yang oke, kan?!) Tiga hari pertama agak berat menurut saya. Setiap kali Albert terbangun, suami saya langsung bertanya Albert mau apa, dan menyodorkan air putih kalau Albert minta susu mama. Kadang Albert menangis, tapi toh lama-kelamaan tertidur juga. Pada hari keempat ternyata Albert bisa tidur sepanjang malam, tanpa minta susu mama dan tanpa minta ke kamar mandi. Setelah lebih dari dua tahun, akhirnya saya dan suami bisa kembali tidur pulas sepanjang malam.

Setelah berhasil menghentikan kebiasaan bangun di tengah malam dan minum susu mama, Albert hanya menyusu menjelang tidur. Kami mencoba menawarkannya susu kotak menjelang tidur. Kami berulang kali mengucapkan mantra “Albert sudah besar, kalau sudah besar minumnya susu kotak.” Beberapa hari pertama, cara ini berhasil, dengan catatan, kalau suami saya ada di rumah menjelang jam tidur Albert. Kalau suami saya pulang malam, Albert berkilah, “Kalau ada Papa, Albert minum susu kotak. Sekarang kan tidak ada Papa.” Setelah beberapa hari sukses tidak menyusu, tiba-tiba pada hari Sabtu tanggal 8 Januari 2011, Albert berulang kali mengajak saya ke kamar dan minta minum susu mama. Hal itu terjadi sepanjang hari. Saya sempat berpikir bahwa proses penyapihan itu gagal karena Albert jadi makin sering menyusu. Tapi ajaib, karena beberapa hari setelah itu suami saya selalu ada di rumah saat menjelang Albert tidur, jadi dia tidak menyusu. Setiap ditawari susu mama juga dia menolak, “Tidak, Mama, Albert sudah besar, sekarang Albert minumnya susu kotak.” Bahkan saat kebetulan suami saya pulang malam, Albert tetap menolak susu mama, juga saat demam karena teething, saya sempat menawarkan susu mama, tapi ditolak mentah-mentah walau kondisinya lemas. Wow, ini artinya Albert sudah sukses disapih. Ternyata seharian menyusu berkali-kali pada tanggal 8 Januari 2011 itu merupakan perpisahan yang manis.

Ah, sekarang memang Albert sudah besar. Ritual menyusu sebelum tidur secara otomatis langsung tergantikan dengan membaca buku bersama. Kalau belum begitu mengantuk, Albert bisa minta dibacakan banyak sekali buku. Kadang kalau kangen dengan susu mama, Albert minta ditidurkan di dada saya, sambil dinyanyikan lagu Ambilkan Bulan, Bu. Kadang kalau terpaksa saya harus pulang malam, Albert membaca buku bersama papanya atau minta diputarkan musik. Ternyata dua tahun itu berlalu sangat cepat.

45 Comments

  1. icut
    Cut Fika Lutfi July 28, 2011 at 12:15 am

    aaww Albert pinter banget sih…suka baca buku pula. semoga 1,5 tahun dari sekarang, proses menyapih Malik selancar dan seindah Albert. Thanks for sharing ya mom…

    1. gabriella
      Gabriella Felicia July 28, 2011 at 8:45 am

      sama2… semoga nanti juga lancar menyapihnya… nikmati aja saat2 menyusui… ntar kangen lho…

  2. mrs doyi
    indah nildha July 28, 2011 at 6:15 am

    albert jagoan ih… pinter… pasti mamanya bangga banget dan makin sayang sama albert… :)

    1. gabriella
      Gabriella Felicia July 28, 2011 at 8:48 am

      makasih… jelas mamanya sayang banget sama albert…

  3. jin kura-kura
    jin kura-kura July 28, 2011 at 6:57 am

    waaah, albert pinter deh… bukunya juga banyak banget :D

    1. gabriella
      Gabriella Felicia July 28, 2011 at 8:50 am

      makasih ya… bukunya banyak krn mamanya suka dapet buku gratisan…

  4. trias.kelly
    trias kelly July 28, 2011 at 7:35 am

    hiks so sweet, sampai saat ini aq jg masih menyusui naldi (2y 8m), msh merasa blm siap menyapih, dan masih blm kebayang dgn cara apa kira2 bakalan disapihnya. Semoga akan datang masanya dengan cara yang paling indah sperti albert dengan mamanya, amiiin.

    1. gabriella
      Gabriella Felicia July 28, 2011 at 8:51 am

      semoga nanti menyapihnya berkesan juga ya… aku juga tadinya gak terbayang akan seperti apa, tapi ternyata gak sesulit yang dibayangkan juga…

  5. Sidta
    Dian Arsita Kurniawati July 28, 2011 at 7:58 am

    albert pinterr .. semoga nanti asa juga gitu ya :D

    1. gabriella
      Gabriella Felicia July 28, 2011 at 8:51 am

      sip… nanti Asa juga pasti pinterrrrr…

  6. mommie jeff
    minar tiartha July 28, 2011 at 7:58 am

    aaahh…ga kebayang harus melalui masa masa menyapih..*belum rela*
    untung deadline masih lama…
    albert hebat yaaahh…! berasa udah gede deh waktu denger “Tidak, Mama, Albert sudah besar, sekarang Albert minumnya susu kotak.”
    Good job, i like it!

    1. gabriella
      Gabriella Felicia July 28, 2011 at 8:54 am

      nikmati aja… yg masih lama ntar gak terasa tau2 udah di depan mata…

  7. mommyaira
    jarvi kurnia lestari July 28, 2011 at 8:20 am

    Albert pintarrr!! And surely he has a great mom :),ahhh… masih iri dari lubuk hati yang paling dalam kalau baca kisah-kisah menyusui dan menyapih…God job mbk! Daaann, Albert memang sudah besar…:), kapan-kapan ketemu lagi sama ade Aira yaaa :)

    1. gabriella
      Gabriella Felicia July 28, 2011 at 8:57 am

      thank you kiki… yuk kapan2 janjian sama aira…

  8. tince
    agustina purwanti July 28, 2011 at 9:07 am

    kok aku bacanya malah mo nangis yah?? hiks…. ga rela banget dehhh kalau saat itu datang harus menyapih Kirana (baru 11m)… Kiss buat Albert yaaa… Good boy!

    1. gabriella
      Gabriella Felicia July 28, 2011 at 12:13 pm

      aih… tulisanku bikin pada berkaca2 rupanya… nikmati aja saat2 sekarang, nanti waktunya akan tiba juga…

  9. mrs tody
    Ari Prastawati July 28, 2011 at 9:14 am

    Ella….terharu ih bacanya….Kayla jg baru dalam proses weaning n kebetulan aku jg pake cara2 diatas. TFS ya….

    1. gabriella
      Gabriella Felicia July 28, 2011 at 9:41 am

      sama2… semoga lancar prosesnya…

  10. dadidedo
    Anggraini Karimuddin July 28, 2011 at 9:30 am

    aku jadi mewek bacanya.. belom kebayang saat menyapih nanti. kayanya bakal berat di akunya.. :’(
    TFS ya say.. Albert sudah besar dan makin pintar.. :-*

    1. gabriella
      Gabriella Felicia July 28, 2011 at 9:42 am

      Sama2 Anggi… dulu aku juga merasa kayaknya bakalan berat deh kalo mesti menyapih… tapi ternyata ada satu momen di mana aku tiba2 merasa, oke, ini saatnya… mungkin nanti akan mengalami yang sama ya…

  11. agis
    agis July 28, 2011 at 9:40 am

    albert pinter ihhh..udah saatnya punya adek kyknya *loh?* :p btw, itu yg di meja buku cerita jalan sesama ya? OOT dikit

    1. gabriella
      Gabriella Felicia July 28, 2011 at 9:44 am

      Itu alas piring bonus dari majalah Jalan Sesama…

  12. dinda permata
    dinda permata sumantri July 28, 2011 at 9:46 am

    Deadline Hazel 5 bulan lagi, dannnn sampai sekarang masih takut n kebayang bagaimana sedihnya. apalagi aku full time mother n terbiasa menyusui sesuka anak kapanpun. Semoga kami bisa….. TFS ya!

    Albert, pinjem bukunyaaa duonggg..

    1. gabriella
      Gabriella Felicia July 28, 2011 at 12:15 pm

      Semangat… semua pasti bisa… sini kalo mau pinjem buku main2 ke depok…

  13. niens
    Nina Setyawati July 28, 2011 at 10:20 am

    Baca artikel ini jadi makin deg2an bayangin 2 bulan lagi Karina bakal 2thn. Bener2 nggak kebayang gimana cara nyapihnya. Takut nggak tega… hik hiks… Err…, ini sih kyknya mamanya yg belum rela ya..??

    1. gabriella
      Gabriella Felicia July 28, 2011 at 12:17 pm

      Tenang, ada satu saat di mana kita tiba2 jadi merasa siap… nikmati aja… aku juga dulu mikirnya gak rela… tapi ngeliat Albert sekarang yg udah makin besar… rasanya gimana gitu…

  14. IntanDian
    Dian Sarwono July 28, 2011 at 10:29 am

    Aaah Ella.. manis banget perpisahannya, sampai berkaca-kaca bacanya. I feel you… Kai 17 bulan sekarang, sama banget kaya Albert, kalau malam baru tidur setelah nyusu. Dan gw waktu balik kerja minta sama kantor selama Kai masih nyusu gw gak mau dikirim ke luar kota atau luar negri dulu (untung boleh). Gw juga gak menanti saat menyapih, bener juga yang banyak para mama bilang ya.. biasanya yang gak siap justru ibunya.. Tapi gw mau coba latih Kai kalau malam bangun untuk gak langsung disodori susu ibu..

    1. gabriella
      Gabriella Felicia July 28, 2011 at 12:18 pm

      Ya ampun, gw jadi ikut berkaca2 juga… paling sedih pas Albert teething dan udah gak mau minum susu mama lagi… rasanya gimana gitu, bagai kehilangan senjata andalan…

  15. di_okti
    Okti Palandeng July 28, 2011 at 10:34 am

    pagi2 baca artikel ini jd berkaca-kaca :’( ga kebayang kl udh waktunya nyapih Nicholas..TFS ya dear..

    1. gabriella
      Gabriella Felicia July 28, 2011 at 12:19 pm

      sama-sama… semoga perpisahannya juga jadi manis…

  16. crey
    Chrisye Wenas July 28, 2011 at 11:42 am

    Ella, komen gw sudah terwakili sama IntanDian di atas :’)…
    Kalo emang sudah waktunya pasti manis yaaa…
    Tapi tfs ya baru tau info kalo anak terbangun malem justru jangan disodorin susu mama… Sama ama Intan, mau latihan juga ah…
    Salam toss buat Al(bert) dari (Gavri)El :D

    1. gabriella
      Gabriella Felicia July 28, 2011 at 12:22 pm

      Gw juga taunya pas baca thread itu Crey…
      Toss juga buat El dari Al…

  17. MamaAlula
    Rina Aulia July 28, 2011 at 1:17 pm

    ella, tfs :) akupun sampai hari ini masih mengalami fase kebangun malam2. Jadi pengen segera kirim artikel ini ke papanya lula :D smoga dia mau meneladani papanya albert :D
    Well, 6 bulan lagi semoga bisa mengalami perpisahan indah seperti albert dan susu mama :)

    1. gabriella
      Gabriella Felicia July 28, 2011 at 3:44 pm

      sama-sama… semoga proses penyapihannya juga jadi indah ya…

  18. oci
    Oci Rajagukguk Dewono July 28, 2011 at 3:25 pm

    Huhu terharu.. Albert pinter dehh… Tfs Ella :)

    1. gabriella
      Gabriella Felicia July 28, 2011 at 3:45 pm

      sama2 oci…

  19. keevie
    keevie July 28, 2011 at 7:30 pm

    Berkaca2 baca artikel ini. Gak kebayang kalo nanti hrs menyaph Esha(6mos). Mdh2an nanti semua bs lancar seperti mama Albert ya. TFS yahh

  20. prastawa
    Nita Prastawaningrum July 28, 2011 at 7:48 pm

    terharu..iya, albert pinter yaa..papanya jg supportif bgt! congrats mba ella!

  21. tephdoetz
    Claudia Harvienda July 29, 2011 at 11:18 am

    Albert pinterrr! Albert sudah besar siyhhh … Tante Dut bangga sm Albert! *tosssss*

    Ellaaa … gw punya crita yg bs dikatakan hampir sama dgn dirimu. Sdh mulai baca2 nih soal proses menyapih. CJ sdh 14bln skr. Udh mulai dibilangin siyh, klo sbtr lg sdh hrs mandiri&ga tergtg sm susu mama. Gw blgin aja tiap mlm sblm bobo. I do hope it really works :)

  22. anita_depe
    Anita DP August 9, 2011 at 4:36 pm

    ughh so sweet… kok jadi terharu yah. Semoga saya juga akan mengalami penyapihan yang manis tanpa meninggalkan kesan trauma.

  23. ayupermatadewi
    Ayu Permata Dewi December 1, 2012 at 10:40 pm

    aduhhh, sedih :’) tapi pasti bangga banget yaaa…
    sebentar lagi nihh, 10 bulan lagi menjelang S3 untuk Audrey..
    doakan aku bisa WWL juga yaaa

  24. rizqa_amalia
    rizqa_amalia December 7, 2012 at 3:28 pm

    hihihi…sama mba, aku juga rasanya berat berhenti menyusui..
    rasanya belum “ikhlas”
    tapi sekarang lagi cari dan browsing tips2 nya wwl

    makasih banyak share nya ya

  25. Lusiane SN
    Lusiane SN October 5, 2013 at 12:16 pm

    Sy jg awalnya ngebayangin susahnya nyapih Lio, mengingat dia begitu lengket dgn susu mamanya, tidur mesti nenen dulu, ditambah lg dgn drama menyapih anak ala teman2 sy. Tp tnyt ga sesulit yg dibayangkan koq. Umur 22bln Lio sdh setengah lepas nen, tidurpun sdh tanpa nen, tp klo tengah malem kebangun masi cari nenen. Nen tengah malam (kdg2 minta nen, kdg dikasi air putih aja mau) masi berlanjut sampe usia 26bln. Stlh itu baru benar2 total lepas nenen stlh sy kasitau berulang2 ‘Lio sdh besar, nenennya brenti yah, nanti buat adeknya Lio aja’. Sy ga mau terlalu memaksa anak, jd sy biarkan dia ‘melepas’ susu mama sendiri. Merasa kehilangan jg stlh selama 2thn sy selalu menyusui dia, tiba2 dia ga nyusu lg, hikss…. Tp yah semua memang ada waktunya. Sampe skrg, sy masi suka terharu, soalnya Lio sometimes bs tiba2 deket2 sy trus blg ‘Lio mau nenen mama’ hikkssss… Tp sdh ga pernah sy kasi hehehehe.
    PR buat sy, sy blm konsisten ngelatih Lio mik susu pake gelas, dia masi pake dot. Klo selain susu dia mau mik pake gelas, tp klo susu entah knp maunya hrs pake dot, PR banget nih…
    TFS mom Ella ;)

  26. Mami Nathan
    Mami Nathan June 24, 2014 at 10:45 pm

    Waaaahh smga baby nathan nnti bs wwl yaa mom sm sprti kk albert
    dan tentunya butuh kesabaran bt ak sbg mamii nya :D

  27. Yenni274
    Yenni274 September 11, 2014 at 8:40 pm

    Wow hebat bgt, aku kmrn menyapih si koko penuh air mata.. ga maminya ga anaknya dua2nya nangis(╥﹏╥). Puji Tuhan skrg uda lewat. Semoga nanti saat menyapih dedenya aku bs “perpisahan yang manis”

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.