Pohon Hafalan

Ramadhan tahun ini terasa lebih seru lebih bagi keluarga kami, karena Alma (7 tahun) mulai belajar berpuasa. Pastinya untuk menjaga motivasinya berpuasa, setiap hari kami harus menyediakan kegiatan pengisi waktu. Biasa ya, waktu-waktu kritis itu kan saat jam anak pulang sekolah sampai menjelang berbuka puasa. Di waktu-waktu tersebut pasti anak sering bolak-balik bertanya kapan waktunya berbuka puasa, tetapi makin ditunggu justru makin terasa panjang, haha! Akhirnya kami ajak saja mengerjakan art crafting, membaca buku, menggambar, dan memintanya membantu menyiapkan meja makan sebelum berbuka puasa bersama.

Satu lagi untuk memotivasi Alma, kami memberikan tugas hafalan doa & surat-surat pendek juz 'amma. Sekalian kami bilang ke Alma, saat Ramadhan kalau menghafalkan surat-surat pendek nanti pahalanya lebih berlipat ganda. Agar Alma lebih semangat menghafalkan surat-surat pendek, kami buat semacam reward system yang kami sebut pohon hafalan. Berikut cara membuatnya:

Alat & bahan:

  • karton atau kardus bekas
  • pensil
  • kuas
  • cat akrilik
  • kertas warna-warni
  • gunting
  • pulpen
  • sticker

Cara membuat:

1. Dengan pensil, gambar pohon utuh beserta batang dan percabangan batang pohonnya. Di sini saya membuat cabang-cabangnya sejumlah surat-surat pendek juz 'amma untuk tugas hapalan Alma.

2. Warnai sketsa pohon dengan cat akrilik. Tugas ini seru juga dikerjakan bersama si kecil!

3. Gunting kertas warna-warni menyerupai bentuk bulatan, buah atau hati. Pada setiap ranting, tempelkan kertas berwarna tersebut sebagai 'buah' pada pohonnya.

pohon_hafalan

Ajak juga si kecil untuk menghias pohon tersebut dengan tempelan gambar lain seperti sarang burung dan bunga.

4. Pada masing-masing buah, tuliskan nama surat yang menjadi tugas hapalan untuk si kecil.

pohon_hafalan

5. Setiap kali si kecil sudah menghapalkan satu surat yang tertulis namanya dalam satu 'buah pohon', beri reward berupa tempelan stiker. Di sini Alma menempelkan stiker smiley face hologram sebagai penanda rewardnya. Urban mama dapat menggunakan berbagai jenis stiker lucu lainnya sebagai penanda reward.

pohon_hafalan

Pohon hafalan ini cukup membantu Alma untuk tetap termotivasi menambah hafalan surat-surat juz 'amma. Biasanya dalam sehari kami mengajaknya untuk mengulang hafalan seusai shalat berjamaah dan sebelum tidur, sambil juga menguji 1-2 surat pendek yang sudah dia hafalkan sebelumnya agar tidak lupa.

Selain untuk hafalan surat-surat pendek, Urban mama juga dapat menggunakan pohon hafalan ini untuk reward system catatan kegiatan Ramadhan anak. Tinggal buat 30 cabang ranting, masing-masing ranting nantinya ditempeli reward stickers kegiatan Ramadhan yang sudah anak-anak lakukan dalam satu hari tersebut seperti berwudhu, shalat lima waktu, membaca doa, membantu menyiapkan makanan takjil, tadarus, serta shalat tarawih. Pohon hafalan ini juga bisa Urban mama pakai untuk reward system kegiatan sehari-hari dan untuk membantu hafalan lainnya seperti hafalan perkalian. Selamat mencoba!

8 Comments

  1. avatar
    Leila Niwanda June 14, 2017 1:20 pm

    Menarik dan kreatif nih Mba, pengin ngikutin juga, makasih udah sharing ya...

    1. avatar
      Aini Hanafiah July 3, 2017 6:09 pm

      sama2 Leila :D selamat bikin!

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  2. avatar
    dieta hadi June 12, 2017 12:20 pm

    wahh kece idenya nih, bisa di tiru buat mika, tfs ya ai, gw masih pr banget buat mika hafalan surat pendek

    1. avatar
      Aini Hanafiah July 3, 2017 6:10 pm

      sama2 Dieta :D iya, pr ngelatih hafalan surat2 buat Alma agak terbantu sama reward system pohon hafalan ini hehe

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  3. avatar
    ninit yunita June 12, 2017 7:59 am

    aaak! lucu ai! bikin alma semangat yaaa buat menghafal surat-surat pendek :) idenya oke banget ai!

    1. avatar
      Aini Hanafiah July 3, 2017 6:11 pm

      makaciii teh Ninit :D kemarin iseng googling lihat ide reward system lainnya serupa pohon hapalan ini, ada yang pake bentuk puzzle robot juga

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    Cindy Vania June 12, 2017 7:24 am

    Wah keren banget ide pohon hafalan ini mba Ai.
    Kayaknya bisa nih aku pake buat hafalan yang lain. :)
    Makasih sharenya ya mba Ai dan Alma!

    1. avatar
      Aini Hanafiah July 3, 2017 6:12 pm

      sama2 Cindy :D iya, buat hafalan perkalian dkk bisa juga

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.