Puasa Saat Hamil

dr.riyana
Riyana Kadarsari, dr., SpOG Pendidikan: S1 FK Universitas Indonesia. Obgyn di RSIA Hermina Ciputat, Klinik Rumah Ibunda Bintaro, dan RS Sariasih Ciledug.
Have question for our experts ?
Feel free to ask them here!
dr. Riyana Kadarsari, SpOG
Pendidikan: S1 FK Universitas Indonesia

Obgyn di RS Sariasih Ciledug dan RSB Permata Sarana Husada Pamulang. Menikah, dan baru saja melahirkan anak ketiganya di awal May 2010.

Q: Halo Dokter Riyana,

Saat ini saya sedang hamil. Bagaimana menurut Dokter, apakah ibu hamil bisa berpuasa? Mohon penjelasannya ya, Dok.

Terima kasih ya Dokter Riyana.

A:  Dear urban mama…
Tentunya kita semua sangat menantikan kesempatan untuk berpuasa di bulan Ramadhan. Pada prinsipnya puasa bukan berarti tidak makan tapi kita memajukan waktu makan pagi di waktu sahur dan makan siang di waktu maghrib.

Bagi urban mama yang sedang hamil sebaiknya pastikan dalam kondisi sehat, lakukan konsultasi dengan dokter anda. Jika mama sehat, tentu saja sangat boleh untuk berpuasa. Tipsnya adalah bangun sahur lebih awal pastikan makan sahur dengan menu yang bergizi dan kalori yang cukup. Pilihlah karbohidrat komplek seperti beras merah, makanan dari gandum karena cukup lama bertahan dimetabolisme sehingga tidak membuat lapar.

Penuhi kebutuhan protein dengan mengonsumsi ikan laut, putih telur, daging ayam tanpa kulit, kacang-kacangan. Selebihnya lakukan aktivitas seperti biasa dan cukup istirahat dengan tidur 8 jam sehari. Ketika berbuka makanlah dengan makanan yang mudah dicerna terlebih dahulu dengan yang manis-manis. Kurma termasuk makanan yang berkalori tinggi dan baik dicerna. Jangan langsung makan dengan porsi berat.

Selama pertumbuhan janin baik tentunya tidak ada halangan untuk berpuasa. Namun tentunya dalam agama pun ada keringanan, jika mama merasa pusing atau muntah-muntah sebaiknya tidak berpuasa.

Mudah-mudahan tips ini membantu mama menunaikan ibadah puasa. Kami sekeluarga menghaturkan mohon maaf lahir batin karena sebentar lagi kita memasuki bulan suci Ramadhan. Semoga kita disampaikan pada bulan suci dan dapat melakukan ibadah puasa yang terbaik.

Yuk urban Mama, ikuti diskusi mengenai puasa untuk ibu hamil dan menyusui di forum http://theurbanma.ma/f3ulr4

if you have question to our resident doctor, please don’t hesitate to send it to us.

7 Comments

  1. DewiPurwanti
    August 3, 2010 at 10:43 am

    insya Allah aku mau puasa taun ini :)
    mudah2an kuat & lancar di kehamilan 26minggu :)kapan lg bisa puasa full sebulan tanpa halangan haid? hehe..mudah2an sih kesampean,amin :)

  2. DewiPurwanti
    August 3, 2010 at 10:11 pm

    terimakasih dr.Riyana, awalnya aku jg ragu utk puasa, tp skrg insya Allah ga ragu lg, mdh2an diberi kekuatan utk berpuasa di umur kehamilan yang masuk 28 minggu ini, mdh2an kalo qta puasa, anak yg qta kandung menjadi anak yang soleh/solehah, krn nemenin ibunya utk puasa, amin yarabbalalamin :)

  3. DewiPurwanti
    August 5, 2010 at 8:29 am

    sempet bingung pengen bgt puasa pas lagi hamil, kebetulan aku lagi hamil 24 minggu. tp pas baca artikel ini jd yakin tuk puasa. mudah2an dilancarkan puasanya.

  4. DewiPurwanti
    August 6, 2010 at 4:17 pm

    just sharing moms
    waktu saya hamil 22 weeks 2 tahun yang lalu alhamdulillah bisa, awalnya saya ragu tapi setelah konsul dengan obgin dan dibolehkan krn kondisi saya dan janin sehat plus support dari suami, teman2 dan orang2 terdekat juga niat yang kuat, akhirnya bisa puasa meski bolong 3 hari krn pusing. tp bolongnya itu pas diawal2 puasa aja. padahal saya juga bekerja dan bolak balik jakarta-bogor. dan fantastic sekali baru 2 minggu puasa saya naik hampir 4kg hehe.tipsnya adalah setelah sholat tarawih / sebelum tidur saya makan lagi dan ketika sahur saya bangun lebih awal jadi bisa makan banyak tentu dengan gizi seimbang seperti yang dokter sarankan.semoga janin yang ikut berpuasa bisa ikut merasakan energi keimanan mamanya dan menjadi anak yang soleh/soleha aminnn.

  5. mrs doyi
    indah nildha May 20, 2011 at 7:54 pm

    wah.. jadi pengan puasa tahun ini… pengen juga membiasakan anak untuk ikut ibadah… semoga diberi kekuatan dan kelancaran… :)

  6. Ikram
    Susy Yulia August 4, 2011 at 12:54 pm

    Insya Allah, dikehamilan awal ini saya juga ikut puasa, tp kalau juga menyusui impactnya gmn ya dok? ASI nya jadi sedikit karen kehamilan… Mudah2an ada yg bisa sharing ya. Thank u

  7. Nufis
    Nufis June 19, 2013 at 1:51 pm

    Dok, mau nanya nih, saat ini sy sedang hamil anak pertama, usia kandungan baru berumur 4 minngu. Nah, bisakah saya puasa full untuk bulan Ramadhan ini dan tidak mengganggu perkembangan janin? Trims :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.