Puasa Saat Hamil



dr. Riyana Kadarsari, SpOG
Pendidikan: S1 FK Universitas Indonesia

Obgyn di RS Sariasih Ciledug dan RSB Permata Sarana Husada Pamulang. Menikah, dan baru saja melahirkan anak ketiganya di awal May 2010.



Q: Halo Dokter Riyana,


Saat ini saya sedang hamil. Bagaimana menurut Dokter, apakah ibu hamil bisa berpuasa? Mohon penjelasannya ya, Dok.


Terima kasih ya Dokter Riyana.


A:  Dear urban mama...
Tentunya kita semua sangat menantikan kesempatan untuk berpuasa di bulan Ramadhan. Pada prinsipnya puasa bukan berarti tidak makan tapi kita memajukan waktu makan pagi di waktu sahur dan makan siang di waktu maghrib.


Bagi urban mama yang sedang hamil sebaiknya pastikan dalam kondisi sehat, lakukan konsultasi dengan dokter anda. Jika mama sehat, tentu saja sangat boleh untuk berpuasa. Tipsnya adalah bangun sahur lebih awal pastikan makan sahur dengan menu yang bergizi dan kalori yang cukup. Pilihlah karbohidrat komplek seperti beras merah, makanan dari gandum karena cukup lama bertahan dimetabolisme sehingga tidak membuat lapar.


Penuhi kebutuhan protein dengan mengonsumsi ikan laut, putih telur, daging ayam tanpa kulit, kacang-kacangan. Selebihnya lakukan aktivitas seperti biasa dan cukup istirahat dengan tidur 8 jam sehari. Ketika berbuka makanlah dengan makanan yang mudah dicerna terlebih dahulu dengan yang manis-manis. Kurma termasuk makanan yang berkalori tinggi dan baik dicerna. Jangan langsung makan dengan porsi berat.


Selama pertumbuhan janin baik tentunya tidak ada halangan untuk berpuasa. Namun tentunya dalam agama pun ada keringanan, jika mama merasa pusing atau muntah-muntah sebaiknya tidak berpuasa.


Mudah-mudahan tips ini membantu mama menunaikan ibadah puasa. Kami sekeluarga menghaturkan mohon maaf lahir batin karena sebentar lagi kita memasuki bulan suci Ramadhan. Semoga kita disampaikan pada bulan suci dan dapat melakukan ibadah puasa yang terbaik.


--


Yuk urban Mama, ikuti diskusi mengenai puasa untuk ibu hamil dan menyusui di forum http://theurbanma.ma/f3ulr4


--


if you have question to our resident doctor, please don't hesitate to send it to us.

Related Tags : ,

7 Comments

  1. avatar
    Nufis June 19, 2013 1:51 pm

    Dok, mau nanya nih, saat ini sy sedang hamil anak pertama, usia kandungan baru berumur 4 minngu. Nah, bisakah saya puasa full untuk bulan Ramadhan ini dan tidak mengganggu perkembangan janin? Trims :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Susy Yulia August 4, 2011 12:54 pm

    Insya Allah, dikehamilan awal ini saya juga ikut puasa, tp kalau juga menyusui impactnya gmn ya dok? ASI nya jadi sedikit karen kehamilan... Mudah2an ada yg bisa sharing ya. Thank u

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    indah nildha May 20, 2011 7:54 pm

    wah.. jadi pengan puasa tahun ini... pengen juga membiasakan anak untuk ikut ibadah... semoga diberi kekuatan dan kelancaran... :)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Nury Fadilah August 6, 2010 4:17 pm

    just sharing moms
    waktu saya hamil 22 weeks 2 tahun yang lalu alhamdulillah bisa, awalnya saya ragu tapi setelah konsul dengan obgin dan dibolehkan krn kondisi saya dan janin sehat plus support dari suami, teman2 dan orang2 terdekat juga niat yang kuat, akhirnya bisa puasa meski bolong 3 hari krn pusing. tp bolongnya itu pas diawal2 puasa aja. padahal saya juga bekerja dan bolak balik jakarta-bogor. dan fantastic sekali baru 2 minggu puasa saya naik hampir 4kg hehe.tipsnya adalah setelah sholat tarawih / sebelum tidur saya makan lagi dan ketika sahur saya bangun lebih awal jadi bisa makan banyak tentu dengan gizi seimbang seperti yang dokter sarankan.semoga janin yang ikut berpuasa bisa ikut merasakan energi keimanan mamanya dan menjadi anak yang soleh/soleha aminnn.

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    astrina primadewi August 5, 2010 8:29 am

    sempet bingung pengen bgt puasa pas lagi hamil, kebetulan aku lagi hamil 24 minggu. tp pas baca artikel ini jd yakin tuk puasa. mudah2an dilancarkan puasanya.

    1. avatar

      As .