Puding Jayam

BunDit

Dari umur 8 bulan (usia aman untuk mengonsumsi makanan yang mengandung nitrat), Dita sudah saya perkenalkan dengan bayam. Namun Dita selalu tidak mau. Bayam sudah dirajang kecil-kecil pun, Dita selalu menolaknya, sampai sekarang. Entah kenapa. Waktu itu belum kepikiran untuk “menyembunyikan” bayam ke dalam makanan kesukaannya. Karena kecuali bayam, Dita suka sebagian besar sayuran seperti brokoli, buncis, wortel, kacang panjang, kol dll.

Nah, setelah Dita lepas 1 tahun, Dita makin menyukai yang namanya puding. Awalnya saya membuat puding jagung yang merupakan camilan favorit suami. Ternyata Dita juga suka. Baru sekarang setelah Dita berusia 2,5 tahun, saya kepikiran untuk mencoba menambahkan bayam ke dalam puding jagung. Menurut informasi yang saya baca, bayam mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalium, zat besi, amarantin, rutin, purin, dan vitamin (A, B dan C) yang bagus untuk pencernakan dan berkhasiat untuk obat disentri.

Maka mulailah saya mencoba membuat puding jagung untuk suami dan puding Jayam alias Jagung Bayam untuk Dita. Sekali mendayung, 2 macam puding terlampaui.

Bahan-bahan:

  • 2 bungkus bubuk agar-agar warna putih
  • 3 buah jagung manis
  • 7 untai bayam merah
  • 50 ml santan
  • 200 gr gula jawa
  • 20 ml susu kental manis (encerkan menjadi 50 ml)
  • setengah sendok teh garam
  • 2 lembar daun pandan

Saya sengaja memakai gula jawa untuk memunculkan cita rasa yang berbeda dan karena suami tidak suka puding yang terlalu manis.

Cara membuat:

  • Setelah jagung dicuci bersih, dipipil, diblender kemudian disaring (kira-kira menjadi 2,5 gelas/250 ml). Sisihkan.
  • Bayam merah dicuci bersih, diblender kemudian disaring (kira-kira jadi 0,5 gelas/50 ml). Sisihkan.
  • Masak gula jawa sampai larut, saring (kira-kira menjadi 1 gelas/100 ml). Sisihkan.
  • Siapkan panci, larutkan agar-agar dengan 2 gelas (200 ml) air, kemudian masukkan jagung saring, gula jawa, susu kental, garam, daun daun pandan. Aduk supaya tercampur rata.
  • Masak hingga mendidih.
  • 2/3 bagian masukkan kedalam loyang/cetakan besar.
  • 1/3 bagian yang masih tersisa didalam panci dicampur dengan bayam merah saring. Didihkan lagi sebentar, kemudian masukkan kedalam cetakan lebih kecil.
  • Tunggu hingga dingin.
  • Masukkan ke-2 cetakan puding ke dalam kulkas sampai dingin.
  • Siap disantap. :-)

Gambar puding saat masih di cetakan:

Gambar puding siap santap.

Setelah jadi, puding jagung warnanya kuning, sedangkan puding Jayam warnanya agak kehijauan. Rasanya? Dua-duanya sama-sama lezat. Tidak ada rasa bayam di puding Jayam, jadi Dita suka banget.  Setiap kali disuapi dan suapan di mulut habis selalu bilang, “Lagi Bun….”. Lama-lama karena tidak sabar, Dita ingin makan sendiri.

Jadi, mari kita “sembunyikan” sayuran yang tidak disukai si kecil ke dalam makanan favoritnya. Cara yang paling mudah supaya anak mengkonsumsi sayuran. Dijamin zero rejected!

Selamat mencoba. :-)

26 Comments

  1. amnah atisah
    amnah atisah July 21, 2011 at 1:56 am

    toss dulu bundit..kita sama2 “tukang selundup” hehehe
    aku juga suka selundupin wortel ke puding raihan
    atau brokoli ke telor dadarnya.
    berasa puas banget abis melakukan “penyelundupan” :)

    1. BunDit
      BunDit July 22, 2011 at 7:56 am

      Hehehe Toss mam :D

  2. arvasmom
    ade nuryulianti July 21, 2011 at 8:37 am

    patut dicoba wiken ini :) tfs ya bundit…

    1. BunDit
      BunDit July 22, 2011 at 7:56 am

      U r welcome mom :-)

  3. eva linda
    eva linda July 21, 2011 at 8:42 am

    toss sama Dita …. anakku wina juga suka banget puding. Tapi selama ini aku selalu buatin puding buah buat Wina. Jadi pengen nyoba puding sayur juga nih ..

    1. BunDit
      BunDit July 22, 2011 at 7:58 am

      Toss juga Wina. Yuk bikin mam, semoga Wina suka :-)

  4. nina pristiwa
    nina pristiwa July 21, 2011 at 8:47 am

    exciting banget baca aksi menyelundupkan sayur dari bundit :) ga sabar segera masa mpasi jadinya :)

    1. BunDit
      BunDit July 22, 2011 at 8:00 am

      Masa MPASI memang masa yang seru bun. Anak makan lahap, ketemu GTM hehehe :-)

  5. mama matthew
    mama matthew July 21, 2011 at 9:35 am

    wah.. boleh tuh ide selundupin sayurnya.. bagus jg,, tar aku cobain ah.. thx ya Bun idenya..

    1. BunDit
      BunDit July 22, 2011 at 8:00 am

      U r welcome mam :-)

  6. markutub
    vinny dwi astuty July 21, 2011 at 10:16 am

    keren banget idenya bun, jadi punya ide buat variasi puding atha… tfs

  7. July 21, 2011 at 10:31 am

    Bundit, mohon pencerahannya. Sependek pengetahuanku, bayam itu hanya bisa bertahan 4 jam. Lewat dari itu sudah tergolong berbahaya untuk dimakan karena ada zat racun apaaa gitu,aku juga kurang tau. Nah kalau dibuat puding kayak gini pasti ga sehari habis yah? Alias bisa berhari2 baru habis. Kira-kira gimana bun?

    1. BunDit
      BunDit July 22, 2011 at 8:11 am

      Bayam mengandung zat Nitrat (NO3)mam. Maka berdasar referensi yang perlu diperhatikan :
      * Jangan mengkonsumsi bayam yang sudah dimasak > 5 jam.
      * Jangan memanaskan sayuran bayam, karena memicu timbulnya toxic.
      * Jangan terlalu lama menyimpan bayam dalam lemari es, langsung olah setelah membeli bayam segar.

      Untuk puding jayam ini maka saya sengaja membuat sedikit buat Dita supaya langsung habis mam. Untuk mengkonsumsi bayam pun, anak harus menunggu usia 8 bulan untuk menghindari “Blue Baby Syndrome”. Saya pernah menuliskannya di blog http://alumongga.wordpress.com/2009/03/04/tentang-bayam/. Begitu kira-kira mam. CMIIW :-)

      1. July 22, 2011 at 9:56 am

        bundit : wuah infonya super lengkap. TFS banget bundit. Skr gw ngerti, jadi bikinnya dikit aja yah, supaya sekali konsumsi langsung ambles bles bles…:)

  8. MamaAlula
    Rina Aulia July 21, 2011 at 11:31 am

    Bundit..TFS kayaknya mo dicoba weekend ini.
    Tadi pagi sebenernya sudah baca artikelnya bareng lula. Pas di scroll down dan liat Dita lagi maem..lula lansung ‘aaam..aamm’ gitu dan excited liat foto2 dita lagi maem.. Hahahaha…
    Mo langsung komen td pagi ga bs, karena si laptop digebrak2 lula -__- jadilah baru inget mo komen sekarang :D
    Kayaknya lula bakal suka nih :D

    1. BunDit
      BunDit July 22, 2011 at 8:12 am

      Semoga Lula suka ya mam :-)

  9. Mama Kinan
    Sugiharti Sudiono July 21, 2011 at 11:42 am

    Congrat bunda dita, akhirnya dimuat juga, sekarang kak dita udah 3 tahun 1 bulan yah hehehe 18 juni kemarin..:) waiting listnya lama yah bun untuk dimuat, dari baca diblog kapan hari dah dicobain bikin ke kinan, karena emang kebetulan kinan juga susah banget makan bayam, hasilnya dia tolak mentah mentah nggak mau.hehehe…akhirnya jagung aja yang dia mau..:) tak pantang menyerah nanti coba saya bikinkan lagi..pertanyaan saya juga sama sama bunda imelda….soal bayam ini, kayaknya emang harus dihabiskan dalam 4 jam yah bun..nggak bisa lama, kalo jagung mungkin itu yang boleh sedikit agak lama …didalam kulkas tentu simpannya :)

    1. BunDit
      BunDit July 22, 2011 at 8:15 am

      Iya mam, saya submit tulisan ini 5 bulan yang lalu hehehe. Sekarang Dita udah sekolah *gak ada hubungannya :D*.

  10. aveev
    avivah amalia July 21, 2011 at 12:47 pm

    bundit..
    kayanya enak bgt yaaa. mo coba aaah.. tfs ya, bun.

    mama kinan..
    kayanya sengaja pudingnya dibagi 2, mom. kan bayamnya dibikin di cetakan yang kecil. biar cepet abis. bener bukan begitu, bundit? hehe, sotoy.com :p

    1. BunDit
      BunDit July 22, 2011 at 8:17 am

      Benar mam, sengaja buat Dita sedikit aja, biar langsung habis :-)

  11. otty
    Pangastuti Sri Handayani July 21, 2011 at 3:30 pm

    Wah idenya oke juga nih, blom pernah nyoba puding sayuran begini. TFS :)

    1. BunDit
      BunDit July 22, 2011 at 8:19 am

      sama-sama mam :-)

  12. trias.kelly
    trias kelly July 21, 2011 at 3:59 pm

    Waah ide yg sangat menarik, lsg dicontek buat bikin wiken ini. TFS Bundit.

  13. BunDit
    BunDit July 22, 2011 at 8:20 am

    sama-sama mam Trias :-)

  14. bunda aqila pawpaw
    Rika Cahya Oktaviana July 22, 2011 at 7:45 pm

    trims bundit,akhirnya ada pencerahan bwt menu aqila yg lg susah makan….

  15. riskaa
    riskaa February 2, 2016 at 1:31 pm

    menu untuk anak aku yg GTM nih, makasih mamasss sharingnya :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.