Q: Apakah Hypno-Birthing Itu?

The Urban Mama
Have question for our experts ?
Feel free to ask them here!
dr RiyanaEvariny Andriana CHt
Hypnobirthing Practitioner
Jl. Janur Elok Raya QC 14 No.4 Kelapa Gading 14240 Jakarta Utara – 085711441711
www.hypno-birthing.web.id

Q:  Saya sedang hamil, EDD bulan Mei 2010. Saya pernah mendengar tentang Hypno-Birthing dan tertarik. Bisakah dijelaskan lebih lanjut?

A:  Melahirkan memang suatu proses yang alami dan konon menimbulkan rasa sakit.
“Konon”? Ya betul, karena sebenarnya rasa sakit saat melahirkan bisa dibilang hanya mitos. Namun banyak wanita yang merasakan sakit tersebut lebih parah dari seharusnya karena banyak dipengaruhi oleh rasa panik dan stress. Hal ini disebut fear-tension-pain concept (takut-tegang-sakit), dimana rasa takut menimbulkan ketegangan/kepanikan yang menyebabkan otot – otot menjadi kaku dan akhirnya menyebabkan rasa sakit.

Bayangkan sebuah proses melahirkan dengan rasa sakit yang minimal atau bahkan tidak dirasakan sama sekali. Hal itu bukanlah sesuatu yang tidak mungkin jika kita telah berlatih relaksasi Hypnobirthing. Hypnobirthing merupakan metode alamiah yang dipergunakan untuk menghilangkan rasa takut, panik, tegang dan tekanan – tekanan lain yang menghantui calon ibu dalam proses persalinan.

Saat orang mendengar kata “hypnobirthing”, yang terbayang dalam pikiran biasanya sebuah proses hipnosis yang bisa membuat subjek menjadi tidak sadar dan akhirnya menuruti perintah apapun yang disampaikan penghipnotis. Sayang sekali, demikianlah image tentang hipnosis yang telah menyebar karena maraknya penggunaan metode hipnosis dalam tindakan kriminal.

Hypnobirthing bukan sihir, bukan ilmu hitam, bukan hal yang bertentangan dengan ajaran agama manapun. Justru sebaliknya, ibu dan suami diajak agar semakin mendekatkan diri pada Tuhan karena ibu diajarkan untuk melakukan relaksasi mendalam, bersikap ikhlas dan melakukan sugesti agar proses kelahiran berjalan normal, tenang, lancar, nyaman. Saat seseorang sudah bisa merasa tenang dan selalu bersikap positif, segala efek seperti melahirkan nyaman dan lancar adalah bonus.

Hypnobirthing pada dasarnya terdiri dari kata hypnos (bahasa Yunani yang berarti “tidur”) dan birthing yang berarti “melahirkan”. Jika diterjemahkan langsung, Hypnobirthing berarti proses melahirkan dengan hipnosis. Bukan berarti calon ibu tidak sadarkan diri, sebaliknya calon ibu akan sepenuhnya sadar dan menikmati masa – masa kelahiran si buah hati. Hypnobirthing lebih mengacu pada hipnoterapi, berbeda dengan bentuk hipnosis pertunjukan seperti yang kita lihat di TV (stage hypnosis). Hypnobirthing mengajarkan bahwa selama proses kehamilan, calon ibu akan berlatih menanamkan sugesti pada alam bawah sadarnya secara berulang – ulang, agar saat proses melahirkan berlangsung, calon ibu dapat bersikap santai dan tenang, dan membiarkan autopilot atau rekaman alam bawah sadarnya mengatur jalannya proses persalinan.

Beberapa pihak juga beranggapan bahwa Hypnobirthing akan membuat calon ibu tertidur dan tidak sadarkan diri selama proses melahirkan. Jelas pendapat ini salah besar karena jika ibu tidak menggunakan obat bius apapun, ia akan tetap sadar dan bisa mengingat setiap detik dari proses kelahiran bayinya.

Kelebihan yang kita dapatkan dengan menggunakan metode Hypnobirthing antara lain :

  1. Meminimalisasi bahkan menghilangkan rasa takut, tegang, sindroma terhadap rasa sakit dan kepanikan selama proses melahirkan dan setelahnya (tidak menjadi trauma).
  2. Meminimalisasi bahkan menghilangkan keinginan untuk menggunakan obat bius dan obat penahan sakit untuk proses melahirkan.
  3. Mempersingkat fase awal proses persalinan yaitu proses pembukaan yang biasanya dapat berlangsung lama, antara10 hingga 24 jam (terutama untuk kelahiran pertama).
  4. Menghilangkan lelah yang amat sangat, sehingga setelah proses kelahiran, ibu tetap memiliki energi tambahan.
  5. Mengurangi kemungkinan terjadinya hiperventilasi saat proses kelahiran berlangsung (pernafasan cepat dan pendek karena menahan sakit).
  6. Mempercepat masa penyembuhan pasca-kelahiran.
  7. Membuat proses kelahiran alami menjadi sesuatu yang indah dan tidak traumatik.
  8. Mempererat ikatan batin terhadap bayi dan suami.
  9. Memperlancar ASI.
  10. Menghindari terjadinya robekan dan tindakan penjahitan perineum (episiotomy).
  11. Meningkatkan kecerdasan spiritual dan emosional anak yang otomatis berpengaruh pada IQ.
  12. Membentuk daya tahan tubuh yang kuat bagi anak.
  13. Membuat anak terlahir dalam kondisi netral yang tenang dan tidak rewel.
  14. Menghindari terjadinya baby blues.
  15. Menghindari tindakan bedah cesar karena indikasi medis.
  16. Menghindari bayi lahir prematur atau berat badan rendah.
  17. dan sebagainya (masih sangat banyak).

Latihan relaksasi Hypnobirthing dapat dimulai kapan saja oleh ibu hamil. Akan sangat baik jika calon ibu telah menerapkan latihan hypnobirthing sejak awal kehamilan. Hypnobirthing adalah sebuah proses belajar yang akan terserap dengan baik saat seseorang sering melakukan latihan tersebut. Seperti belajar mengemudi. Semakin tinggi jam terbangnya, semakin mudah dan mahirlah seseorang dalam mengemudi. Namun tidak ada kata terlambat, walau due date sudah dekat, hypnobirthing juga berfungsi untuk ASI, menghindari baby blues dan pola pengasuhan anak

Dalam proses persalinan kita membutuhkan tenaga dan kondisi seperti saat kita hendak melakukan olahraga, menari, mengendarai mobil, atau pekerjaan lain yang membutuhkan konsentrasi. Kita tetap sadar dalam melakukan semuanya, namun apa yang kita lakukan sudah tidak perlu dipikirkan secara aktif. Kita dapat melakukan kontrol penuh dalam situasi tersebut walaupun pikiran telah “terhipnotis” dengan adanya pengulangan proses – proses itu. Demikian pula cara bekerja Hypnobirthing.

Saat kontraksi datang, kita memulai suatu proses yang membutuhkan tenaga dan konsentrasi, juga keharmonisan yaitu berusaha bernapas teratur untuk menyesuaikan adanya kontraksi. Nikmatilah berlangsungnya proses ini sehingga energi tidak terbuang percuma dan dapat terus menuntun kita sampai proses kelahiran. Dengan demikian, Hypnobirthing akan membawa hasil dan manfaat yang memuaskan.

if you have question to the expert, please don’t hesitate to send it to us.

18 Comments

  1. eka
    Eka Wulandari Gobel February 16, 2010 at 4:55 am

    senangnya bisa ktemu mbak eva di TUM to say thank you!
    dari awal hamil pertama (enzo) udah baca bukunya mbak eva tentang HB, and it helps much.

    terus terang aja, saya senang menikmati kehamilan, tapi takut melahirkan; takut sakit.

    dengan bekal teknik HB ini, saya jadi lebih PD pada saat melahirkan. kontraksi hebat saat melahirkan enzo saya rasakan hanya sekitar 2 jam, sedangkan saat melahirkan dante (anak ke-2) hanya berlangsung sekitar 45 menit; dan sangat mudah :-)

  2. desan
    desanti February 16, 2010 at 5:33 am

    terima kasih mbak.. saya juga sedang belajar menghipnotis diri supaya nggak tegang.

    semoga nanti di ruang persalinan, saya bisa mengaplikasikan :)

  3. nyanya
    almaviva landjanun February 16, 2010 at 6:23 am

    Wah,mba Eva..kemaren saya juga direkomendasiin bukunya mba Eva oleh mid-wife yg ngajar saya senam hamil. Baca comment dari Eka jd tambah pgn beli. Oiya,EDD saya April 2010..berarti ga terlalu terlambat ya buat mempelajari hypnobirthing itu.. Saya dulu sebelum nikah pernah bilang ke suami (yg pd saat itu calon suami)..saya ga mau punya anak sampe saya siap berkompromi sama rasa sakitnya. Hehe,sempet mau mutusin adopsi juga. Trus 7bln stlh pernikahan saya hamil dan sampe sekarang masih takut ama yg namanya melahirkan. Duh,mudah2an metode ini bisa ngebantu saya pas proses ngelahirin anak pertama saya nanti ya mba. Btw,hypnobirthing bisa dipelajari sendiri ga ya? Thanks mba Eva buat smua infonya :)

  4. otty
    Pangastuti Sri Handayani February 16, 2010 at 8:22 am

    Wah thanks untuk bukunya Mbak Eva, alhamdulillah proses kehamilan dan melahirkan yang saya jalani berjalan cukup lancar dan menyenangkan :)

    Sewaktu mo melahirkan, air ketuban udah pecah tanpa kontraksi apa pun. Akhirnya diinduksi, dan selama proses induksi (dan kontraksi) saya masih bisa ngobrol sambil makan :p Memang sih at certain point saya udah ga bisa makan lagi karena kontraksi tambah terasa, tapi rasa sakitnya sangat2 jauh dari cerita2 “horor” yang saya dengar.

    Oya, bayi saya juga sangat sangat anteng dan alhamdulillah saya ga pernah begadang karena bayi selalu tidur pada jam yang teratur :)

  5. superpippo
    Astrid Lim February 16, 2010 at 8:41 am

    Hallo Mbak Eva…thanks buat bukunya ya…kebetulan aku agak telat baca tentang Hypnobirthing ini (baru tau pas udah hamil 8 bulan), jadi nggak sempat mendalami banget. tapi tips” dasarnya sangat berguna, dan memang sempat dipraktekkan waktu aku mulai kontraksi dan menjalani proses persalinan (yang hampir 20 jam!!!).

    ternyata emang ngefek banget ya, jadi lebih tenang dan nggak fokus di rasa sakitnya itu. sampe” suster di rumah sakitnya ngomong, “hebat banget ya, bisa tenang gitu, kalau ibu” lain biasanya udah jerit” aja…”

    hehehe…i will definitely recommend this method to all my preggo friends =)

  6. evariny
    Evariny Andriana February 16, 2010 at 8:46 am

    Untuk semua yg sudah post di comment ini, saya yakin semuanya ibu2 yang hebat dan bisa selalu positif dan tenang. Because that’s why hypnobirthing’s all about… Tenang dan positif adalah kunci utamanya, melahirkan nyaman, tanpa jahitan, ASI lancar dsb adalah bonus. Jangan lupa untuk melanjutkan penerapan hypnosis-nya sampai ke anak ya.. hypnoparenting juga sangat baik untuk diterapkan. Tentunya dengan dasar yang sudah kita miliki saat menjalani hypnobirthing.

    Ingat untuk selalu berkata positif, khususnya saat melakukan hipnosis terhadap diri sendiri. Hindari kata2 “tidak, jangan, bukan” (jenis kata perlawanan), hindari kata2 negatif seperti “sakit, nyeri”, hindari kata “akan” (karena pikiran kita menerima kata “akan” sebagai proses yang belum sampai ke tujuan)

    Sukses selalu ya :)

  7. rooslain
    Rosi February 16, 2010 at 9:12 am

    terimakasih mbak eva atas penjelasannya.. tadinya kupikir kalau mau menerapkan hypnobirthing harus ikut kelas atau konsultasi ke dokter khusus (karena ada proses hipnosis, dsb). ternyata dari buku sudah bisa banyak membantu ya? harus langsung cari bukunya nih :)

  8. ninit
    ninit yunita February 16, 2010 at 10:17 am

    hi mbak eva, saya juga punya lho bukunya :) diimpor dari indo ;) dan diterapkan pas melahirkan kemarin, alhamdulillah lancar. pengennya belajar langsung sama mbak eva, tapi apa daya… bisanya via buku.

    mbak eva, pengen juga nih yg hypno-parenting. dibuka kelasnya kah? bulan april nanti ada rencana mudik ke jkt-bdg. info2 yaa kalo ada :)

  9. nandra
    Nandra Janniata February 16, 2010 at 11:24 am

    seneng baca tulisan jeng Eva di TUM,akupun penganut Hypnobirthing, sekarang teman dan adikku yg sedang hamil,aku “tularin” ilmunya dari bukunya mba Eva.

    Menhypnosis diri ternyata ga cuma bisa dipraktekin saat mau melahirkan saja ya,tapi jg untuk parenting supaya orang tua dan anak2 sama2 memunculkan energi positif.

    Ayo mba Eva ditunggu buku Hypnoparentingnya ya :D

  10. udhien
    Mohammad Syafiuddin February 16, 2010 at 1:02 pm

    Wah artikel-nya berguna sekali.

    thanks for sharing

  11. NisaNara
    Nisa February 16, 2010 at 2:46 pm

    hai mba eva, read ur book front to front..:D dan sempat ikutan juga kelasnya bu lanny..alhamdulillah karena latihan serta juga positif affirmation yang saya ulangi ke diri sendiri dari saat hamil, dan saat kontraksi mampu mendorong saya untuk percaya diri dan melahirkan normal..dan lancar.

    pengen tahu nih jadinya tentang hypnoparenting

  12. mommyaira
    jarvi kurnia lestari February 16, 2010 at 2:48 pm

    Mbk evaaaa, ya ampyuuunn ketemu dirimu di sini!!! ini Kiki…iya mbk,aku terapin kok metode hypnobirthing ini…kalo sakit sih jujur masih terasa ya..(dan anakku kayanya emang ditakdirkan utk lahir prematur) tp yang jelas terasa adalah aku berhasil untuk fokus bernapas, gk pake acara teriak2 kesakitan, jangka wkt yang terhitung cukup cepat dari mulas awal sampe Aira lahir (cuma 6 jam), dan aku gk ngerasa kelelahan setelah melahirkan…masih bisa langsung ngerumpi sama mamaku, nelp heboh adekku, cerita2 sama temen2ku yang heboh nelp krn kaget aku nglahirin lbh cepat, dsb deh…Aira juga terhitung bukan anak yg gampang rewel gk jelas dan cepat akrab sama org baru…thx to mbk eva n hypnobirthing!!!
    PS: kapan kita ke Lampung lagi, wkwkwkwk!

  13. mila
    Mila I'anawati February 16, 2010 at 3:33 pm

    baca artikel dan comments di atas jadi menguatkan keinginan untuk beli buku mbak Eva. Thank you…

  14. evariny
    Evariny Andriana February 16, 2010 at 4:48 pm

    @ninit : untuk kelas hypnoparenting saya ngga ada kelas khusus mbak, karena saya pun masih banyak belajar dan menganggap bahwa ilmu parenting adalah ilmu yang tak kunjung habis.. jadi bukan berarti saya lebih pinter dari yang lain :). Sejauh ini cuma kelas hypnobirthing aja dulu mbak… ayooo join kelas sama saya yukkkk

    @kiki : wahhh.. senang sekali ketemu lagi kita disini. Apa kabarnya Lampung? Kapan2 undang aku talkshow disana lagi ya…

    @Mila : bukunya bisa didapatkan di toko gramedia atau online di http://www.hypno-birthing.web.id

    Kalau ada yg ingin ikut kelas privat dengan saya juga silahkan contact aja yaaaa :) *skalian promosi*

  15. sLesTa
    shinta lestari February 16, 2010 at 5:29 pm

    waktu lahiran kemaren, sempet ada yang nyaranin ini, tapi berhubung sibuk sama kantor baru & adjustment tinggal di negara baru, akhirnya gak kesampaian cari tau.

    next time, kalo dikasih kesempatan hamil lagi, pengen belajar ttg ini, jadi bisa diterapin.

  16. abyanmema
    amyra bagdadi March 2, 2010 at 10:33 am

    wah ada juga ya topic hypnobirth di TUM…I’m envy this hypnobirth method, saya mengikuti kelas ibu lanny, sangat membantu saya, dan benar-benar menekan rasa sakit,alhamdulillah sewaktu lahiran saya membutuhkan waktu setengah jam dari pembukaan 1 ke pembukaan 7….memang di saat proses kelahiran membutuhkan konsentrasi yang tinggi dan support dari orang terdekat, dan membuat saya lebih tenang baik dalam proses melahirkan maupun setelah melahirkan..
    ditunggu hypno-parentingnya ya mba

    many success for you ya mba eva

  17. khodijah
    khodijah March 18, 2010 at 12:05 pm

    wah, saya sng skali…
    brtmbhlah pengthuan ttg hypnobrthg, oya mb’ eva..
    saya ingin bertanya apakah hypnobirthing dalam persalinan selain mengurangi rasa nyeri, apakah ada pengaruhnya terhadap robekan jalan lahir ya??
    apakah dalam metode hypnobrthing tidak akan di lakukan pengguntingan pada jalan lahir??

  18. evariny
    Evariny Andriana March 23, 2010 at 7:54 am

    Yth Ibu Khodijah,
    Alhamdulillah beberapa client hypnobirthing bisa melahirkan berhasil menghindari terjadinya robekan atau jahitan pada perineum. Saat saya melakukan terapi pada client, saya pun mengajarkan pijat perineum yang fungsinya untuk meminimalisasi kemungkinan terjadinya robekan.
    Tetapi saya tetap tidak dapat menjanjikan bahwa sesuatu itu “pasti” atau “harus” berhasil, karena kita pastinya berusaha ya mbak… tapi hanya Tuhan yang menentukan apapun yg terbaik untuk kita pada akhirnya :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.