Q: Dapatkah Wanita Dengan Mata Minus Melahirkan Secara Normal?

The Urban Mama
Have question for our experts ?
Feel free to ask them here!
dr Rovadr. Rova Virgana
Pendidikan: S1 FK Universitas Padjajaran, Bandung

Saat ini merupakan peserta program studi pendidikan dokter spesialis ilmu kesehatan mata, di salah satu universitas di Indonesia.

Q: Saya pernah dengar bahwa seseorang dengan mata minus sangat tidak dianjurkan untuk melahirkan secara normal. Mengapa hal ini bisa terjadi?
Sebenarnya batas atau sampai ukuran minus berapa yang tidak dianjurkan untuk melahirkan normal?
Apakah seseorang dengan mata minus masih bisa atau boleh untuk melahirkan secara normal?
-Pertanyaan dari restya mariano.

A: Sepengetahuan saya tidak ada batasan bahwa seseorang dengan “mata minus” tidak boleh melahirkan secara normal. Pada proses kehamilan memang bisa terjadi perubahan ukuran refraktif mata seseorang (“ukuran kacamata berubah”) yang bersifat sementara. Yang penting pada mata dengan minus tinggi adalah pemeriksaan lengkap matanya untuk melihat kemungkinan komplikasi yang ditimbulkan oleh keadaan matanya tersebut, terlepas dia hamil atau tidak.

Untuk keterangan tambahan silakan berdiskusi dengan dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan untuk mengetahui indikasi persalinan yang tidak diperbolehkan secara normal.

if you have question to our resident doctor, please email to [email protected].

16 Comments

  1. meralda
    meralda April 14, 2010 at 2:01 am

    waaah, pertanyaan yang sama dengan apa yang pernah gue tanyain. gue minus 5,5. alhamdulillah bisa melahirkan normal, kata dokter yg ngurus gue, kalo minus 6 udah beresiko. gak nanya lagi sih knp. soalnya wkt itu lg mules bgt :)

  2. charissarhanie
    rani nurcharissa April 14, 2010 at 7:09 am

    Mmm, gue minus 6.5 gapapa ko lahiran normal. Mungkin harus diperhatiin proses mengejannya kali ya. Tp kmrn obgyn gak bilang masalah apa2 ttg minus mata dan lahiran normal jadi kayanya masih gapapa deh, CMIIW.

  3. otty
    Pangastuti Sri Handayani April 14, 2010 at 8:25 am

    Hehehe… Gue minus 6.25 n 6.75. Alhamdulillah bisa melahirkan normal :) Ga sempet konsul lagi ke dokter mata soalnya anaknya udah keburu pengen keluar :p

  4. restya
    Neneng Restiana April 14, 2010 at 8:34 am

    Senengnya pertanyaannya dimuat..& lebih seneng lg ngebaca jawaban dr dokternya.Dlu waktu hamil pertama minus mata cuma 3.5 & Alhamdulillah ngelahirin normal,cuma pas sekarang hamil kedua ini mata gue minus 5 & 4,bersyukur banget klo ntar tetep bisa ngelahirin normal,karena emang maonya sih ttp normal. Ternyata banyak banget yah yg mata minusnya lebih gede dr gue & ttp bisa ngelahirin normal. Tfs yah mamas..
    & thanks jg urbanmama udah ngebahas ini.

  5. eka
    Eka Wulandari Gobel April 14, 2010 at 9:50 am

    wah, ibu2 ini minus matanya pada gede2 yaa.. hayoo..pada doyan baca sambil tiduran yaa? :-)
    kalo mataku minusnya cuma 1 ma 1.5 jadi ga mas aleh lahiran normal ;-) udah gitu jarang pake kaca mata n soft lens pulak..hehe..geli soalnya kayak ada yg ngeganjel gitu..
    Tfs ya pak dokter :-)

  6. otty
    Pangastuti Sri Handayani April 14, 2010 at 1:27 pm

    @Eka – Gue dulu ga pernah baca sambil tiduran ato di tempat yang gelap, rajin makan wortel juga. Ternyata tetep pake kaca mata, ya udah mending sekalian aja deh. Abis itu gue suka baca sambil tiduran :p

  7. herliana85
    April 14, 2010 at 7:14 pm

    Ga sebesar mba Pangastuti siih..hehe, tp lumayan gw minus 5.25 dan 6. Tp alhamdulillah 2x melahiran 22nya normal. Pernah “ditakut2in” ma seseorg, ktnya nanti ngedennya harus merem kalo ga syaraf bisa putus dsb. Terlepas dr bener atau ga..tp..haloooww..bukan kalo ngeden, refleknya merem ya?!! Mana bisa ngeden melotot?! Ga enak bgt..hihihi.. Yah..bismillah & optimis aja. Coz bisa normal atau tidak selain faktor medis, sedikit banyak diperngaruhi sugesti & tekad.. ;)
    Banyak doa aja krn mata minus bukan menjadi penghalang tuk bisa melahirkan normal..

    @ mba eka : bukannya ada faktor keturunan juga mba?? hehe..

  8. rozalina
    Rozalina L Zulkarnain April 15, 2010 at 9:27 am

    IMO, sepanjang minus mata yang diderita tidak menyebabkan degenerasi pada retina bagian perifer (tepi), berapapun minusnya tidak menjadi penghalang utk melahirkan spontan (normal) :)

    Asal tidak ada faktor obstetrik lainnya ya.

    :)

  9. rozalina
    Rozalina L Zulkarnain April 15, 2010 at 9:46 am

    IMO, sepanjang minus mata yang diderita tidak menyebabkan degenerasi pada retina bagian perifer (tepi), berapapun minusnya tidak menjadi penghalang utk melahirkan spontan (normal) :)

    Asal tidak ada faktor obstetrik lainnya ya.

    :)

  10. dr.riyana
    dr. Riyana Kadarsari, SpOG June 25, 2010 at 7:52 am

    Memang dari dulu problem minus ini gak ada kesepakatan yang pasti, intinya harus dipastikan tidak ada kelainan pada retina jadi bukan faktor berapa minusnya. jadi baiknya di cek ke dokter matanya. Jika dipastikan tidak ada maka aman untuk mengedan..

  11. herliana85
    September 1, 2010 at 12:33 pm

    wah, saya baru tahu kalo ada hubungannya minus tinggi dengan melahirkan normal. Hmm, saya minus 5.5 & 4.5 .
    Thanks banget infonya :)

  12. septy norika
    septy norika February 20, 2014 at 9:50 am

    minggu lalu saya baru cek ke Klinik Mata Nusantara (KMN) minus saya 6 sama 6,5 sbnrya kata dokter spesialis retina nya, sbrnnya minus itu ga ada batasan utk lahiran normal, asal kondisi retina nya baik,tidak tipis dan tidak ada potensi untuk robek, tapi ternyata dari hasil pengecekan minggu lalu di KMN rtina ku tipis jadi harus di kasi istilah kita org awam “pondasi” lah untuk di bagian2 yang berpotensi sobek tapi klo sudah hamil di lakukan sudah telat, soalnya pas di lakukan pondasi (dengan cara di laser) bisa jadi akan berpengaruh ke janin, dan untuk mengurangi resiko sobek nya retina lbh baik caesar saja, tapi jumat bsk ini saya akan cek mata k JEC utk cari 2nd opinion, krn sy pgn bgt mlahirkan normal, dan saya yakin bisa kok, karena sobek nya retina itu ada byk penyebab nya, bukan hanya pas mengejan saat mlahirkan tetapi bisa jadi krn angkat berat, smoga informasi ini bermanfaat yah

  13. momytherez
    momytherez July 1, 2014 at 8:40 am

    halo septy norika,,
    saya juga cek ke JTEC minggu lalu dianjurkan sc saja..
    keyakinan saya sama sperti mba :)
    rencana mau ke JEC jg,,
    boleh tau mba ke dokter siapa di JEC?
    thanks dan salam kenal ^^

  14. septy norika
    septy norika August 23, 2014 at 10:41 am

    saya kemarin cek dengan dokter elvioza atas referensi dari dokter kandungan saya, yang menyatakan beliau lebih senior, dan beliau mnegatakan bahwa orang yang memiliki minus itu memiliki selaput retina yang tipis tetapi bukan berarti tidak bisa melahirkan normal,jadi pada tanggal 16 maret 2014 saya berhasil mlahirkan normal tanpa ada masalah dengan mata

  15. she_chia
    she_chia October 20, 2014 at 11:56 am

    Saya dulu juga dianjurkan c-sectio begitu obgyn tahu bahwa saya minus di atas 5. Tapi saya bilang bahwa belum tentu minus tinggi harus c-sectio karena tergantung kondisi retina. Tidak semua mata minus tinggi retina nya tidak bagus. Akhirnya saya pindah obgyn, obgyn yang kedua ini lebih berpengalaman sehingga dia menyarankan untuk cek retina ke dokter mata. Kalau menurut dokter mata bagus dan bisa melahirkan nornal, dia oke saja. Alhamdulillah hasilnya baik padahal minus saya 8.00 ka dan 5.50 dan saya bisa melahirkan normal. Setelah melahirkan pun rasanya mata saya masih baik-baik saja.

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.