Q: Dapatkah Wanita Dengan Mata Minus Melahirkan Secara Normal?



dr Rovadr. Rova Virgana
Pendidikan: S1 FK Universitas Padjajaran, Bandung

Saat ini merupakan peserta program studi pendidikan dokter spesialis ilmu kesehatan mata, di salah satu universitas di Indonesia.



Q: Saya pernah dengar bahwa seseorang dengan mata minus sangat tidak dianjurkan untuk melahirkan secara normal. Mengapa hal ini bisa terjadi?
Sebenarnya batas atau sampai ukuran minus berapa yang tidak dianjurkan untuk melahirkan normal?
Apakah seseorang dengan mata minus masih bisa atau boleh untuk melahirkan secara normal?
-Pertanyaan dari restya mariano.


A: Sepengetahuan saya tidak ada batasan bahwa seseorang dengan "mata minus" tidak boleh melahirkan secara normal. Pada proses kehamilan memang bisa terjadi perubahan ukuran refraktif mata seseorang ("ukuran kacamata berubah") yang bersifat sementara. Yang penting pada mata dengan minus tinggi adalah pemeriksaan lengkap matanya untuk melihat kemungkinan komplikasi yang ditimbulkan oleh keadaan matanya tersebut, terlepas dia hamil atau tidak.


Untuk keterangan tambahan silakan berdiskusi dengan dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan untuk mengetahui indikasi persalinan yang tidak diperbolehkan secara normal.


--


if you have question to our resident doctor, please email to [email protected].

16 Comments

  1. avatar
    wieke_juand November 24, 2014 10:01 pm

    Wah, saya kekurangan info rupanya. Kmrn pas hamil, dsarankn sm obgyn buat melahirkn nt dng c-section, krn minus saya minus 9 n minus 6.. silinder 4... jdlah pas melahirkan kmrn dng c-section... sdh pny baby, bru nemu TUM ini... hehehe... rupany trgantung sm retina ny ya.. bukan minus :(

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    thia October 20, 2014 11:56 am

    Saya dulu juga dianjurkan c-sectio begitu obgyn tahu bahwa saya minus di atas 5. Tapi saya bilang bahwa belum tentu minus tinggi harus c-sectio karena tergantung kondisi retina. Tidak semua mata minus tinggi retina nya tidak bagus. Akhirnya saya pindah obgyn, obgyn yang kedua ini lebih berpengalaman sehingga dia menyarankan untuk cek retina ke dokter mata. Kalau menurut dokter mata bagus dan bisa melahirkan nornal, dia oke saja. Alhamdulillah hasilnya baik padahal minus saya 8.00 ka dan 5.50 dan saya bisa melahirkan normal. Setelah melahirkan pun rasanya mata saya masih baik-baik saja.

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    septy norika August 23, 2014 10:41 am

    saya kemarin cek dengan dokter elvioza atas referensi dari dokter kandungan saya, yang menyatakan beliau lebih senior, dan beliau mnegatakan bahwa orang yang memiliki minus itu memiliki selaput retina yang tipis tetapi bukan berarti tidak bisa melahirkan normal,jadi pada tanggal 16 maret 2014 saya berhasil mlahirkan normal tanpa ada masalah dengan mata

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    momytherez July 1, 2014 8:40 am

    halo septy norika,,
    saya juga cek ke JTEC minggu lalu dianjurkan sc saja..
    keyakinan saya sama sperti mba :)
    rencana mau ke JEC jg,,
    boleh tau mba ke dokter siapa di JEC?
    thanks dan salam kenal ^^

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    septy norika February 20, 2014 9:50 am

    minggu lalu saya baru cek ke Klinik Mata Nusantara (KMN) minus saya 6 sama 6,5 sbnrya kata dokter spesialis retina nya, sbrnnya minus itu ga ada batasan utk lahiran normal, asal kondisi retina nya baik,tidak tipis dan tidak ada potensi untuk robek, tapi ternyata dari hasil pengecekan minggu lalu di KMN rtina ku tipis jadi harus di kasi istilah kita org awam "pondasi" lah untuk di bagian2 yang berpotensi sobek tapi klo sudah hamil di lakukan sudah telat, soalnya pas di lakukan pondasi (dengan cara di laser) bisa jadi akan berpengaruh ke janin, dan untuk mengurangi resiko sobek nya retina lbh baik caesar saja, tapi jumat bsk ini saya akan cek mata k JEC utk cari 2nd opinion, krn sy pgn bgt mlahirkan normal, dan saya yakin bisa kok, karena sobek nya retina itu ada byk penyebab nya, bukan hanya pas mengejan saat mlahirkan tetapi bisa jadi krn angkat berat, smoga informasi ini bermanfaat yah

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.