Q: Keputihan & Pap Smear Saat Hamil



dr Riyanadr. Riyana Kadarsari, SpOG
Pendidikan: S1 FK Universitas Indonesia

Obgyn di RS Melati Tangerang, RS Sariasih Ciledug dan RSB Permata Sarana Husada Pamulang. Menikah dan memiliki 2 anak.



Q:  Kebetulan istri saya baru hamil, tapi mengalami keputihan yang berlangsung lama dan ingin skali papsmear. Kalau mau papsmear, sebaiknya di usia kehamilan berapa bulan ya, Dok? Apakah ada pengaruhnya pada kehamilan ?


A:  Keputihan bisa disebabkan berbagai macam. Terbanyak karena infeksi baik jamur atau bakteri. Pada wanita hamil juga lebih sering terjadi karena kondisi hormon dan kelembapan tubuh yang meningkat. Sebaiknya dicek apakah keputihan ini akibat jamur atau bakteri. Biasanya dokter anda akan melakukan pemeriksaan dengan melihat daerah vagina dan mengambil sampel pada keputihan tersebut untuk diperiksa jenis mikroorganismenya, apakah jamur atau bakteri.


Papsmear tujuan utamanya adalah mendeteksi adanya kelainan berupa lesi pra kanker mulut rahim. Jadi yang dicari adalah adanya sel-sel yang mencurigakan ganas pada mulut rahim. Namun dia juga bisa mendeteksi kelainan lainnya seperti radang atau keputihan.


Kapan waktu dilakukan papsmear? Jika hamil boleh kapan saja, dengan disertakan keterangan hamil berapa bulan. Namun jika ada keputihan baiknya justru diobati dulu karena khawatir sel-sel pada mulut rahim malah tidak bisa terdeteksi karena tertutup oleh keputihannya. Biasanya dokter akan menunda papsmear dan mengambil swab atau sampel keputihan saja. Jika papsmear akan dilakukan syaratnya 24 jam sebelumnya tidak ada senggama. Hindari juga melakukan papsmear saat ada perdarahan atau haid.


--


if you have question to our resident doctor, please don't hesitate to send it to us.

26 Comments

  1. avatar
    Melia Agustin July 21, 2018 5:51 pm

    Hallo dok sy melia usia 26thn yg ingin sy tanyakan :
    1.sy Kb spiral n berencana papsmear boleh apa tidak???
    2.sy melahirkan secara Sc awal april 2018 nifas selesai sekitar 2bulan lanjut menstruasi namun keluar cairan bening seperti keputihan pdhl sblm melahirkan sy tdk ada keputihan apakan itu sisa cairan nifas?? Trimakasih

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    aukwinda March 25, 2014 11:26 am

    Sy jg mengalami keputihan.tapi sy tdk hamil.sdh beberapa x k dktr.sembuh tp muncul lg.adakah bunda2 d sini yg sm dgn sy?mohon solusinya...

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Aline Jihan Putranto September 12, 2011 10:07 am

    Dear urban mamas and Dr. Riyana, big thanks for all information ttg keputihan.

    Tapi dok, saya sblm hamil sudah keluar keputihan biasa..dan cek tes IVA, rahim saya masih normal (mulut rahimnya), cek di puskesmas..tapi lama2 pas hamil pertama, keputihannya makin sering dengan warna putih kekuning2an..sampai gatel banget, cek lab untuk keputihan, trnyata ada jamur..dan dikasih obat ama dokter kandungan flagelstatin yang diberikan tiap malam melalui vagina..trus udh 5 hari..masih gak sembuh2, pergi lagi berobat ke dokter kelamin..dikasih obat yang sama..dengan jarak 1 minggu..gak ilang2 juga..lalu kata dokter kandungan..tunggu 2 minggu..hasilnya apa..

    :( tetep gak ilang, kata dokter, yang rajin aja ganti celana..dan jgn dipakai lagi obatnya, krn keputihan itu memang faktor hormonalnya..akhirnya saya pakai pembalut..ganti celana bisa sampai 4 kali...eh sekarang krn panas dan keringatan..jadi lecet deh, saya sih kasih caladyne..habis perih,

    ada salep yang manjur gak dok selain caladine? trus keputihan saya gimana? apakah berpengaruh ke kandungan saya..usia kehamilan sudah masuk 7 bulan dan alhamdulillah kondisi normal semua..

    Thanks dokter riyana..

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Rosa Adelina November 10, 2010 2:28 pm

    wah makasi infonya ya dr.riyana n mamas :) infonya berguna banget ^^

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    dr. Riyana Kadarsari, SpOG February 5, 2010 12:27 pm

    Halow ibu2 cantik.. Papsmear itu skrining buat yg sudah melakukan aktivitas seksual. Spt kita ketahui, kanker serviks disebabkan oleh virus hpv tipe yg onkogenik (high risk) dan HANYA ditularkan melalui kontak seksual. Jadi buat yg blm pernah melakukan aktivitas seksual utk mencegah terkena kanker serviks dianjurkan utk vaksin. Skrg sudah tersedia vaksinasi HPV. Jadi memang buat yg masih 'nona' tdk perlu papsmear, dianjurkan sekali utk vaksinasi.
    Keputihan pada dasarnya normal apabila warnanya bening, tidak bau dan gatal. Sering timbul menjelang haid dan setelah haid, jadi dibersihkan dgn pembersih kewanitaan sih boleh2 saja. Yg penting minimal dgn air mengalir dan rajin dikeringkan setelah membersihkannya. Bagi perempuan yg sedang hamil akan lbh sering mengalami keputihan, biasanya krn metabolisme yg meningkat daerah v jadi lbh lembab. Perhatikan saja apabila keputihannya sudah tidak normal harus diobati, krn dpt mencetuskan kontraks, kelahiran prematur atau ketuban pecah dini. Oke deh smg bermanfaat ya.

    1. avatar

      As .