Q: Tanda-tanda Anak Membutuhkan Kacamata

The Urban Mama
Have question for our experts ?
Feel free to ask them here!
dr Rovadr. Rova Virgana
Pendidikan: S1 FK Universitas Padjajaran, Bandung

Saat ini merupakan peserta program studi pendidikan dokter spesialis ilmu kesehatan mata, di salah satu universitas di Indonesia.

Q: Dokter, apakah tanda-tanda anak membutuhkan kacamata? Nilai anak saya sedikit turun dan menurut guru di sekolahnya, dia sering bolak balik ke papan tulis. Bisa kah Dokter memberikan penjelasan?

A: Hi Urban Mama/Papa. Ada beberapa tanda yang bisa Urban Mama dan Papa cermati. Bila di rumah, coba lah untuk memperhatikan apakah si kecil suka memicingkan mata terutama kalau melihat jauh? Apakah si kecil sering menonton TV dengan jarak yang dekat? (meski sudah diberi tahu untuk menjauh, anak cenderung kembali mendekat ke TV).

Kalau si kecil sudah sekolah, awal masuk sekolah dia memiliki kesulitan untuk beradaptasi dengan kegiatan sekolah, baik akademik maupun ekstrakulikuler. Di kelas sering bolak balik ke papan tulis, prestasi anak disekolah mengalami penurunan, dan kalau si kecil berjalan dan kadang dia menabrak. 

Tanda-tanda diatas belum pasti anak butuh kaca mata, tapi kalau anak seperti itu, kelainan tajam penglihatan perlu dianggap sebagai salah satu kemungkinan penyebab.

Sebaiknya ada kunjungan rutin, terutama untuk yang jelas mempunyai kelainan mata, misalnya kelainan tajam penglihatan. Secara umum kunjungan setiap 6-12 bulan sekali bisa dianggap cukup. Semoga membantu ya Urban Mamas dan Papas.

if you have question to our resident doctor, please email to [email protected].

13 Comments

  1. alin
    alin ramadhan January 7, 2010 at 6:45 pm

    wow! tambah asik aja nih The Urban Mama, ada topik ask the doc :)

    saya sendiri cukup teratur untuk membawa anak saya, eron 3yo, ke dokter mata dan juga dokter gigi sekali dalam kurun waktu 6 bulan.

    lebih baik mencegah kan daripada mengobati? :)

  2. ninit
    ninit yunita January 7, 2010 at 6:47 pm

    ttg tv, saya menetapkan jarak minimal pada alde untuk menonton tv. jadi dia ga boleh melewati garis batas tersebut. kalau sudah terlalu dekat, langsung saya kasih tau.

    pengen deh kayak alin, bawa anak untuk kontrol ke dokter mata juga.

  3. mama kinar
    mama kinar January 7, 2010 at 6:49 pm

    iya nih keponakan gue, kecil-kecil udah pake kacamata karena sering banget nonton tv dari jarak yang dekat. trus baca buku sambil tiduran. kalo kinar udah gede, gue juga harus jadi satpam nih biar dia ga cepet-cepet pake kacamata.

  4. fira basuki
    fira basuki January 7, 2010 at 6:50 pm

    rajin juga makan buah & sayur yang mengandung banyak vitamin A.

  5. muti
    muti January 7, 2010 at 6:52 pm

    aisya juga suka tiba2 deket banget nonton tv apalagi kalo ada tokoh kesayangannya (barney) muncul di tv. kayak mau dipeluk-peluk.

    kalo udah gitu, harus cepet-cepet ditarik lagi biar ga terlalu deket nonton tv.

  6. January 7, 2010 at 6:56 pm

    muti, sama nih… aina juga susaaaaah banget untuk ga nempel ama TV… gimana ya? ga lama abis dibilangin, udah balik lagi berdirinya pas di depan tv… susah banget.

    btw, alin… mo nanya dong. umur brp ya eron mulai dibawa ke dokter mata dan gigi? aina blum mulai nih.

  7. sLesTa
    shinta lestari January 7, 2010 at 8:20 pm

    setuju ama mbak fira, mesti rajin makan buah & sayur yang mengandung banyak vitamin A.

    selaen TV, anak2 sekarang juga mulai ter-expose sama komputer. jadi itu juga bisa jadi penyebab loh.

  8. alin
    alin ramadhan January 7, 2010 at 8:25 pm

    thalia,
    eron saya bawa ke dokter gigi & mata pas umur dia 2 tahun. jadi ceritanya hadiah ulang tahun gitu. maklum deh dia suka banget dokter. cita2nya jadi dokter. jd sekalian mendukung cita2 dia dari kecil dan keuntungan buat saya, gampang ngajak ke dokter ;)

  9. January 7, 2010 at 10:52 pm

    @alin – wah, enaknya, eron mau dapet hadiah ke dokter… anakku suka takut ama dokter. kao dikasih hadiah ke dokter, kayaknya dia bakal minta tuker ama playdoh aja… hu hu hu… umur 2 tahun ya? wah, berarti besok mesti bikin appointment nih… thanks ya, lin!

  10. ninit
    ninit yunita January 8, 2010 at 6:45 am

    @alin – hebat banget siiih anaknya :) sementara kebanyakan anak suka protes kalo diajak ke dokter, eron malah semangat ya :) keren!

  11. bundalia
    lia January 8, 2010 at 10:09 am

    wah senangnya ada section “ask the doc” ini. resident doctorsnya spesialis apa aja ya?

    thanks buat info nya. jadi tau kalo anak2 pun udah mulai cek2 ke dokter.

    @alin – eron hebat deh!

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.