Road Trip With My Prince

Kebetulan saya dan suami memiliki hobi yang sama, jalan-jalan! Lebih spesifik lagi, jalan-jalan naik mobil alias road trip. Selain menyalurkan kecanduan suami akan menyetir (entah kenapa dia sangat suka menyetir, PP Jakarta-Surabaya non stop tidak dianggap hal yang memberatkan), kami sangat menikmati melihat pemandangan di berbagai daerah yang kami lewati. Selain itu, kami rasa road trip juga sangat fleksibel; kalau capek tinggal berhenti, kalau lapar tinggal cari restoran yang kelihatannya enak.


Setelah Nara (6 bulan) lahir, banyak orang yang bilang bahwa hobi jalan-jalan harus dihentikan sementara, at least sampai Nara berumur 1 tahun karena sangat sulit jalan-jalan membawa bayi. Ternyata hal itu tidak terbukti karena sampai sekarang Nara sudah pernah road trip ke Semarang, Jakarta, Bandung, dan Bali. Dan dua road trip lainnya sudah direncanakan dalam waktu 2 bulan ke depan. Berdasarkan pengalaman, memang ada beberapa hal yang harus diperhatikan kalau pergi bersama bayi agar orang tua dan bayi sama-sama merasa nyaman.



1. Gunakan car seat


Hal ini sangat penting terutama karena alasan keamanan. Selain itu, berdasarkan pengalaman pribadi. Kalau ditaruh di car seat, Nara jadi lebih tenang saat tidur. Bahkan menurut sang Oma, car seat memiliki pengaruh "mistis" bagi Nara karena setelah ditaruh di car seat dan mobil dijalankan, Nara akan langsung mengantuk dan tertidur.


2. Bawalah mainan yang menarik


Tentunya perjalanan panjang di kendaraan yang kecil akan terasa agak membosankan bagi bayi. Untuk menyiasatinya, bawalah beberapa mainan favorit si kecil.


3. Sediakan makanan dan camilan yang cukup


Ini sangat penting bagi bayi yang sudah mulai makan. Memang mungkin agak repot membawa “peralatan perang” makanya menurut saya justru lebih mudah road trip bersama bayi yang masih ASIX, kalau bayinya haus tinggal buka warung ;)


4. Pastikan kondisi kesehatan bayi


Kalau sekiranya bayi berada dalam keadaan yang kurang fit untuk perjalanan jauh, lebih baik rencana tersebut diundur daripada berisiko bagi kesehatan bayi. Kita yang sudah dewasa saja merasa cukup lelah saat bepergian, apalagi bayi yang masih kecil.


5. Siapkan rute perjalanan yang jelas, termasuk tempat perhentian atau penginapan


Jika perjalanan cukup jauh dan dirasa terlalu melelahkan untuk ditempuh tanpa menginap, sebaiknya dari jauh hari kita sudah menentukan akan menginap di mana.


6. Berhenti setiap beberapa jam sekali
Hal ini bisa sekalian dilakukan saat kita ke toilet atau sholat, sementara bayi diganti diapersnya dan diajak keluar mobil sejenak atau direbahkan di kursi penumpang.



 


Memang harus diakui, salah satu efek samping bepergian membawa bayi adalah bawaan yang cukup menggunung (stroller, koper sedang untuk keperluan bayi, peralatan MPASI, you name it!). Namun sekali lagi, itulah enaknya road trip. Tidak ada berat bagasi maksimal jadi jumlah barang yang bisa dibawa bergantung pada kapasitas bagasi saja.


Enjoy your road trip!

21 Comments

  1. avatar
    3boys August 10, 2011 12:05 pm

    bener klo jalan2 bw anak2 barang bawaannya kaya mo pindahan hehehe (apalagi 3 anak :) ) tapi asyik koq terutama anak2..paling hepi klo dah acara jalan2...nah besok mudik perdananya si kecil baru 4bln tapi mg kemarin dah dicoba jalan ke bogor naek mobil no problem deh...jadi kayaknya lancar nih mudik besok..cuma belum dapet car seat nih...mo sewa tapi pada nggak bisa ke cilegon...hik..hik...

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Yuannisa June 16, 2011 3:54 pm

    whuaaa..seru...Rea juga udh naik pesawat dr umur 2 bulan..Pekanbaru-Medan..kerjanya dipesawat cuma mimik smbil bengong ngeliatin Mamanya (mungkin dakan hati nanya2, "kita lg dimana ya Ma?hehehe)..dan perjalanan balik ke Pekanbaru kita lewatin naik mobil (14 jam perjalanan)..bner bgt ya, car seat itu punya mistis..Rea juga klo ditaruh di car seat, dan mobil jalan, pasti lgsg kehipnotis tiduurr...hehehhee...klo mobil berhenti pun, lgsg otomatis bangun.. :D
    nanti lebaran (Rea umur 6 bulan) mau kita bawa mudik ke Medan lagi bawa mobil..biar bisa bawa perlengkapan perang yang banyakk..hehehehe

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Nadia February 22, 2010 4:54 am

    jd inget pas ajak Faiqa yg pas road trip ke yogya wkt itu berumur 17 bln...

    Sempet rada deg2an awalnya krn ini road trip dia yg pertama kali....Alhamdulillah jd perjalanan yg cukup menyenangkan...cuman emang perjalanan jd agak lbh panjang, krn mesti berenti2 di bbrp tempat (buat makan, buat ke kamar mandi, atau buat sekedar jalan2 sebentar...

    jadi kepingin road trip lg dalam waktu dekat ini...;)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    rullyp February 18, 2010 11:28 pm

    Sama..my baby before 1 yrs old dah road trip darat, pulang kampuang! Setiap lebaran juga road trip alias ikut mudik juga..:)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    dhira rahman February 16, 2010 11:24 pm

    Hobi suaminya kereen, sama kaya hobi papa saya, jadi masakecil saya amatlah puas road travelling hahaha...
    Road travelling Zua yang pertama ketika dia (ehm) sebulan didalam perut saya tanpa saya tau kalau saya hamil hehehe, selanjutnya ya minimal 2 bulan sekali Surabaya-Lumajang (4 jam perjalanan dari Surabaya)

    Perjalanan terjauh di usia 1 tahun 3 bulan, keliling jogja-solo (dengan carseat Britax andalan muah muah aku cinta Britax), lalu usia 2 tahun ke Semarang...

    1. avatar

      As .