Selalu Ada Saat Pertama

Sazki

There’s always the first time.

Happy Menik

Beberapa bulan yang lalu, tepatnya 22 Januari 2011, Menik berusia 3 bulan 5 hari. Hari dimana kali pertama Menik berenang. Literally berenang karena berenangnya di kolam renang umum bukan di Baby Spa yang nge-trend belakangan ini. Bukan apa-apa, saya belum ada kesempatan untuk mencoba baby spa di Jakarta, sudah keburu mau pindah ke Bandung. Tapi nanti kalau ada kesempatan, pasti mau banget mengajak Menik pergi ke Baby Spa.

Bagaimana persiapan membawa bayi usia 3 bulan berenang di kolam renang umum?

Pertama, saya tanya dokter soal usia aman bayi berenang, jawaban dari DSA Menik: “Tidak ada batasan umur yang pasti, paling aman kalau kepala sudah tegak. Dan jangan lupa menyeleksi kolam renangnya.”.

Jadi pastinya saya survey dulu yang bener beberapa kolam renang yang menyediakan fasilitas air hangat dan bersih. Pilihan pertama jatuh di Dago Pakar Resort. Air di kolamnya hangat sekitar 36 derajat. Bersih karena jarang ada yang berenang di sini dan murah -hanya Rp.20.000,- saja per-orang yang berenang (jadi kalau mengantar saja, tidak berenang tidak bayar).

Selanjutnya yang perlu dibawa adalah:

  1. Baju Renang. Ini nyarinya setengah mati, akhirnya dapet di sale mothercare. Susah apanya? Susah mendapatkan ukuran Menik.
  2. Ban. Ini cukup penting ya, saya browsing dulu sebelumnya. Kemudian memutuskan untuk memakai neck ring (ban yang dipasang di leher) karena Menik sudah tegak kepalanya namun belum stabil. Nyari neck ring juga gak mudah. Di Mothercare/ELC gak ada, nyari di LAVIE (Bandung) gak ada, akhirnya dapet di YEN’S Baby Shop (Setiabudi, Bandung) dengan harga Rp.26.900,- saja. :) Di Yen’s ini banyak pilihan dan perlengkapan berenang bayi dari usia 0 bulan. Dan sebetulnya neck ring ini banyak pilihan dan harganya, dari mulai 26ribu sampe 60ribu. Tapi karena modelnya sama saja dan setelah dipompa saya lihat tidak ada bedanya kecuali merk, maka saya memutuskan untuk membeli yang murah. Kenapa? Karena terus terang, neck ring ini tidak mau saya pakai lama-lama, kalo udah duduk tegap, mau saya belikan yang bentuknya ban biasa.
  3. Handuk tebal. Untuk membungkus badannya setelah keluar dari kolam dan mengeringkan.
  4. Tissue Basah. Ini buat menyeka badan bayi. Karena saya di Bandung dan berenang di daerah gunung, cuacanya cukup dingin. Begitu keluar dari kolam, saya langsung bungkus badan Menik, menyeka dengan tissue basah dan membalur badannya dengan minyak telon.
  5. Baju ganti. Bawa yang hangat juga. Saya tadi bawa celana panjang, kaos, jaket ber-hoodie, dan kaos kaki.

Menurut pengetahuan saya, bayi boleh berenang saat tidak lapar dan bukan jam tidurnya. Maka tadi Menik saya susui dulu, kemudian membiarkan ia tertidur. Sampai di kolam, Menik bangun dalam keadaan fresh, hatinya senang karena terus tertawa dan ketika masuk ke kolam, tidak pakai acara menangis segala.

Ibu&Menik

Afterall, saya seneng banget bisa bawa anak saya berenang di usianya yang baru 3 bulan ini karena ternyata Menik menikmati momen berenang pertamanya. Menik meluncur ke sana kemari karena kakinya memang sedang hobi sekali menendang dengan kencang. Oh iya, berenang pertama ini saya ditemani oleh Ibu saya yang memang punya hobi berenang :) dan jangan lupa, menurut saya setiap bayi cukup menghabiskan waktu sekitar 15-20 menit saja. Karena kalau kelamaan bisa kedinginan dan terlalu lelah.

Eycan&Menik

Senjata terakhir setelah berenang dan dibersihkan badannya? Disusui tentunya :D -semua orang juga suka makan kan sehabis berenang? ;) Saya susui langsung saja karena selain membuat bayi tenang, juga bisa menghangatkan tubuh mungilnya. Badan sehat, hati riang deh pokoknya. Selamat punya hobi baru ya, sayang :)

24 Comments

  1. Risan
    afriani sandra February 27, 2012 at 7:29 am

    wahhh.. menik senang sekali ya.. Assyifa dulu saya bawa berenang sekitar umur 4 bln an.. dan ampe sekarang jadi suka berenang..

    katanya berenang juga bagus untuk perkembangan bayi kan ya.. happy swimming.. :)

    1. Sazki
      Sazkia Ghazi February 27, 2012 at 3:49 pm

      Hihii iya nih, Alhamdulillah ketawa terus tiap diajak berenang :D menurut literatur sih begitu ya, bisa mempengaruhi perkembangan motorik kasar.. Happy swimming too Assifa :)

  2. eka
    Eka Wulandari Gobel February 27, 2012 at 8:24 am

    hello, menik.. cekcih deh kamuu..*cubit2*
    btw, di bandung jg ada koq baby spa, selamat berenang ya menik cantik :)

    1. Sazki
      Sazkia Ghazi February 27, 2012 at 3:51 pm

      Halloowww tanteee, *cubit balik* :p iyaaa kemaren2 belom survey, di Galenia MCC ya tempat baby spa-nya? Janjian yuk spa bareng hahahaa

  3. iyu
    yuliana karang February 27, 2012 at 9:01 am

    uaaahhh menik sekseh, baju renangnya 2pcs :D

    semangat berenang yaa, biar motorik kasarnya bagus dan tidurnya enyak nyenyak :)

    1. Sazki
      Sazkia Ghazi February 27, 2012 at 3:53 pm

      Dapetnya yang 2 pcs nih bajunya, padahal niatnya nyari baju yg kayak buat snorkelling biar kulitnya yang sudah hitam manis itu tetap terlindungi hehee. Iya nih kalo pulang berenang, pasti bobok pulesss.. zzzzz..

  4. alcyone
    alcyone February 27, 2012 at 9:20 am

    Menik cute bangett. Itu pas 4 bln 5 hari? Kayak udah gede bgt ya…seneng bgt liatnya hepi gitu renang & foto *hugsss*

    1. Sazki
      Sazkia Ghazi February 27, 2012 at 3:55 pm

      hahaha efek kamera nih tanteeee.. makanya keliatan gede gitu. Berat aslinya baru 6kg kok sekarang :)

  5. mama mili
    mama mili February 29, 2012 at 12:34 pm

    menikk ….lutuna bgt sichh ….
    seneng dech liat happy face-nya ….
    kiss ceprottt …

    1. Sazki
      Sazkia Ghazi February 29, 2012 at 10:23 pm

      Thank you Mama Mili.. kiss celepot balik :D

  6. buwie
    ruri nurbani March 1, 2012 at 8:11 pm

    TFS mama menik, cantiiiiiiik deh menik,kliatan banget happynya:-)
    Kebetulan lg pengen banget ngajak amaia renang, tdnya takut dng kaporit dll…ternyata yg usia menik aja dah berani yaaa…eh klo kitanya ikut renang itu asi jd dingin ga ya?

    1. Sazki
      Sazkia Ghazi March 1, 2012 at 9:02 pm

      Iya Buwie :) thank you… aku konsul dulu ke DSA, nanya2 usia aman renang dan pemilihan kolamnya,dan pas ke kolam renangnya pun nanya2 soal pembersihan dan pemberian kaporitnya.. ASInya gak ikut dingin kok, karena ASI kan ‘ajaib’ bisa menyesuaikan suhu sesuai kebutuhan bayi :).. IMO asal kita pede, anak juga pede pasti pas masuk kolam, jadi berani deh.. happy swimming dear Amaia :-* Abis berenang langsung susui ya supaya suhu tubuhnya hangaatt kembali..

  7. Fidele adya
    Fidele adya March 2, 2012 at 8:05 am

    wahhh aku jadi ngiri mbak,.. secara kita tinggal didaerah pinggiran semarang,belum lg aktivitas papa sm mamanya yg sll sibuk,. jd sampai saat ini usia jagoanku jason yg udah hampir 6 bln belum pernah aku ajak berenang,..
    moga akhir pekan ini kesampaian berenang bareng jason,. =))

    1. Sazki
      Sazkia Ghazi March 2, 2012 at 12:56 pm

      Jangan ngiriiii dong :D yuk disempetin browsing-browsing cari kolam yg available, hotel misalnya. Atau beli kolam karet sendiri, abis gitu disempetin juga waktunya. Aku alhamdulillah gak kerja kantoran, jadi waktunya lebih fleksibel. Kalo Ayahnya sih gak usah ditanyaa.. sibuk juga gak ketulungan, makanya begitu ada libur, langsung aku ‘paksa’ melek pagi2 pas weekend, biar bisa main bareng-bareng.. :D Semangaat! Kecup buat Jason..

  8. adhya
    adhya pramono March 10, 2012 at 8:13 pm

    syookk baru tau kalo di Bandung masi ada kolam renang bagus harganya segitu. soalnya pernah ke Siliwangi waterpark tiketnya 50.000,bahkan yg nganter tp ga berenang pun bayar. kapan2 mesti coba nih beenang di Dago Pakar Resort,lumayan deket dr rumah. kapan2 swimdate sama Almira ya. Almira sampe umur 18 bln baru 2x euy berenang2an di kolam renang umum :(

    1. Sazki
      Sazkia Ghazi March 10, 2012 at 9:24 pm

      hihiii iyaaa, saya juga sempet stress pas tanya2 harga tiket untuk berenang di Bandung ini. Beruntung saya punya ibu yang hobi berenang, jadi tau mana kolam renang yang murah tapi bersih dan nyaman :)… Yuk yuk Almira, berenang bareng Menik :-*

  9. adhya
    adhya pramono March 10, 2012 at 8:14 pm

    syookk baru tau kalo di Bandung masi ada kolam renang bagus harganya segitu. soalnya pernah ke Siliwangi waterpark tiketnya 50.000,bahkan yg nganter tp ga berenang pun bayar. kapan2 mesti coba nih berenang di Dago Pakar Resort,lumayan deket dr rumah. kapan2 swimdate sama Almira ya. Almira sampe umur 18 bln baru 2x euy berenang2an di kolam renang umum :(

  10. ininin
    indah wahyuni March 21, 2012 at 5:44 pm

    Aww.. lucu sekaliiiiih meniik.. *kecup

    Thanks for sharing ya mama, abis baca ini jadi mantap ngajakin Oddy berenang, maunya sih coba pake kolam plastik dulu di rumah, nanti kalo keliatan dia udah happy baru deh diajak k e kolam renang..

  11. Sazki
    Sazkia Ghazi March 21, 2012 at 7:36 pm

    thank you Ininin :) Selamet berenang dear Oddy.. titip cium hihihiii

  12. Weni
    Weni Lovita Sari February 4, 2013 at 4:25 pm

    jadi g sabar pengen ngeliat Drey berenang, masih harus nunggu 1,5 bulan lagi (umur Drey sekarang 2 bulan lebih dikit)

  13. kanahayaku
    kanahayaku April 18, 2013 at 11:16 am

    Manis bangeettt meniik <3
    Kalo kenes dh cukup gede jg mo ksana jg dh hihii :D

  14. tian
    tian September 30, 2013 at 5:28 pm

    Dago Pakar Resort tuh kawasan perumahan atau hotel ya? deket apa ya.. pengen ngajak baby ku ke sana juga

  15. ikanwulan
    Ika Nawang Wulan February 24, 2014 at 3:36 pm

    menik lucu bangeeet….itu airnya air dingin ya? waah aku masi agak parno soalnya bawa anakku berenang kl airnya dingin. tpi penasaran hihihi

  16. LokahittaLover
    LokahittaLover October 27, 2014 at 9:25 am

    Di jkt dmna yaaa??? Mupeng nih

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.