Seri Pengenalan Profesi

ZataLigouw

Bicara soal buku, Sabil akan suka semua buku anak-anak yang berwarna cerah dan gambarnya bagus. Saat ia mulai bertanya-tanya, “Ayah kerja apa?”, “Mama kerja apa?”, saya pun langsung mencarikan buku yang bisa menjelaskan kepadanya tentang beragam profesi tanpa membuat ia bingung dan tentu saja yang berwarna-warni.

Setelah mencari-cari, saya memutuskan untuk memberikan ia buku Seri Pengenalan Profesi dari Esensi, Erlangga Group. Ketika diminta memilih, ia menunjuk seri yang berjudul “Aku Ingin Menjadi Pemadam Kebakaran”, mungkin karena warna sampulnya yang menarik, berwarna merah dan ada gambar anak berseragam pemadam kebakaran.

Sampai di rumah, ia langsung membuka plastiknya dan minta dibacakan. Saya pun membacakan buku tersebut dari awal sampai akhir. Dan seperti biasa, setelah saya membacakan, ia akan ‘membaca’ lagi sendiri, mengamati halaman demi halaman, bahkan menceritakan kembali apa yang tadi ia dengar dari saya, dan tentunya ditambahkan oleh ceritanya sendiri.

Buku Seri Pengenalan Profesi ini diterbitkan dengan tujuan agar anak-anak mengerti pentingnya memiliki cita-cita dan bisa mendapatkan gambaran tentang profesi yang dicita-citakannya. Untuk anak seumur Sabil mungkin belum pas jika tujuannya adalah membuat ia mendapat gambaran tentang cita-citanya, namun buku ini saya gunakan untuk menjawab keingintahuan-keingintahuannya mengenai pekerjaan orangtuanya dan orang lain.

Penjelasan dalam buku ini pun mudah dicerna karena bentuknya adalah cerita, bukan deskripsi, jadi Sabil dan kakak-kakaknya justru menikmati ceritanya dan mendapat pengetahuan baru mengenai profesi yang ada.

5 Comments

  1. eka
    Eka Wulandari Gobel October 19, 2014 at 5:45 pm

    seru yaa..sama nih enzo & dante juga suka banget sama profesi2 kayak gini, pemadam kebakaran, polisi, tukang pos, dll.
    sekarang ada ya, yg berbahasa indonesia dari erlangga. mau cari ah.. tfs ya, mama zata!

    ciyum sabil ah, ganteng banget sih kamu nak :*

  2. ZataLigouw
    Zata Ligouw October 19, 2014 at 9:09 pm

    makasihhh tante Ekaaa…

  3. cindy
    cindy vania October 19, 2014 at 10:35 pm

    bukunya Sabil bagus bangeet..
    jadi pengen cari yang seri profesi juga nih buat anak2 dirumah :D
    TFS ya Sabil dan mama Zata :)

  4. ninit
    ninit yunita October 22, 2014 at 6:45 am

    gue selaluuu suka buku2 dari erlangga! baguuus isinya dan punya juga seri pengenalan profesi. biar anak2 ngerti dan tau juga cita2nya dari kecil.

  5. ZataLigouw
    Zata Ligouw October 22, 2014 at 7:16 am

    sama teh, buku2 erlangga yang biasa gw baca dan gw kasih ke anak2 emang terbukti berkualitas sih..

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.