Slow and Steady Get Me Ready

Bunda MedinaMecca


*image dari amazon.com

Saya mengenal buku ini di tahun 2005, sejak sebelum menikah. Pasalnya, mantan atasan saya yang waktu itu memiliki anak balita sering membawa buku ini ke kantor. Di waktu luang iseng-iseng saya ikut membacanya, dan wow… what a great activity book for baby and toddler! Jadi saat itu juga saya memutuskan kalau kelak saya menikah, saya akan membelinya.

Sekarang dengan 2 anak balita, buku ini saya rasakan sangat bermanfaat bagi saya untuk mengisi hari-hari “bermain sambil belajar” mereka di rumah. Apalagi sebagai ibu bekerja dengan waktu terbatas, quality time sangat penting.

Slow and Steady Get Me Ready disusun oleh June R Oberlander, ibu dua orang anak dan nenek 7 orang cucu. Semula dia menulis buku ini untuk putrinya, Barbara, yang meminta saran untuk mendidik putra pertamanya. Sebagai pensiunan guru TK dan pengalaman mengajar lebih dari 25 tahun, June terus mengembangkan ide-ide pendidikan dan pengembangan anak-anak dini usia. Ia tahu segala kesulitan selama belajar dapat dihilangkan bila anak-anak diberikan aktivitas yang singkat, terstimulasi dan menantang yang diberikan pada usia yang tepat dan perkembangan mental yang tingkatnya sesuai. Anak-anak yang kurang mendapat stimulasi biasanya akan tertinggal dibandingkan mereka yang rajin distimulasi di rumah sejak dini. Penelitian tentang kecerdasan otak menunjukkan bahwa untuk memaksimalkan kepandaian anak, stimulasi harus diberikan sejak tiga tahun pertama dalam kehidupannya.

Buku ini berisi 260 kegiatan mingguan untuk menstimulasi otak dan saraf-saraf si kecil yang baru lahir sampai usia 5 tahun. Aktivitas diberikan setiap minggu selama 5 tahun dan berlangsung (minimal) selama 10 menit setiap harinya. Menggunakan perlalatan rumah tangga biasa yang mudah dibuat dan murah. Bertujuan memaksimalkan kemampuan motorik halus dan motorik kasar si kecil, sensitivitas panca-indra, koordinasi anggota badan, pemahaman tentang konsep, keterampilan memecahkan persoalan, pengayaan bahasa, pengenalan berhitung, menumbuhkan minat dan kemampuan mengamati, meningkatkan konsentrasi, rasa percaya diri, kemandirian, dsb.

Contoh-contoh kegiatan:

Usia 0-1 tahun: menggerakkan anggota tubuh, respons terhadap cahaya, menggerakkan benda, bermain dengan benda gantung, mendengarkan bunyi-bunyian, mengamati mimik muka, dll.

Usia 1-2 tahun: melukis dengan jari, bagaimana berpakaian, bermain dengan corong, bermain bola, konsep buka-tutup, coba cari aku, dll.

Usia 2-3 tahun: konsep besar-kecil, melempar ke dalam kotak, mencari warna, berjalan 1-2, berjingkat, dll.

Usia 3-4 tahun: lompat gembira, dengar dan gambarlah, bagaimana rasanya, lipat dan temukan, lagu tentang alfabet, dll.

Usia 4-5 tahun: bermain dengan bentuk, membuat pola, melompati tali, dengar dan beri nama, rasakan dan katakan, tulis namaku, dll.

Buku ini juga dilengkapi daftar parameter untuk mengukur perkembangan anak yang dikategorisasi menurut kelompok umur dan skor yang tercatat memperlihatkan apakah kemajuan si kecil memuaskan atau terlambat.

Juga saran untuk menyelesaikan dilema yang berhubungan dengan tingkah laku anak. Seperti dilema waktu tidur, dilema senang memukul, dilema suka membanting pintu, dilema bila ada tamu cilik, dll. Menurut June, “menghadapi anak kecil, cobalah kontrol emosi anda dan jauhi niat untuk menghukum”, karena orangtua belajar menjadi orangtua justru dari anak-anaknya, oleh sebab itu sangatlah penting untuk belajar memahami karakteristik, tingkah laku dan perkembangan anak.

Satu quote dari buku ini yang saya ingat baik-baik “Hal yang paling baik yang dapat dilakukan orangtua adalah menghabiskan waktunya bersama anak-anak.”

Semoga bermanfaat.

45 Comments

  1. ruuzuly
    Ruliyani Nuzuly August 31, 2013 at 1:57 am

    waaahh Buku baguuss..
    TFS yaah Bunda MediaMecca..
    Aku sendiri ngerasa harus banyak berbenah diri dalam ngedidik Lian 2y10y anakku..
    Langsung new tab cari di Toko Buku online :D

  2. Kira Kara
    Bunda Wiwit August 31, 2013 at 1:30 pm

    baca artikel ini jadi tertohok deeh.. makin penasaran dengan bukunyaaa.. *gugling dulu* :D

  3. ninit
    ninit yunita August 31, 2013 at 7:14 pm

    penasaran banget sama bukunya. mau beli! *segera meluncur ke toko buku*

  4. alfi
    Ning Alfiyah September 1, 2013 at 7:20 pm

    Bunda MediaMecca, makasih banget ya sudah berbagi, baru baca reviewnya langsung gugling tapi ternyata susah dan tidak ada lagi ya apalagi yang versi Bahasa Indonesia. Akhirnya nemu versi pdf (tapi fotokopian), ah senangnya :D

  5. Bunda MedinaMecca
    Bunda MedinaMecca September 2, 2013 at 8:46 am

    Maaf yaa Mama semua kalo ternyata buku ini udah susah dicari.
    Aku punya edisi bahasa Indonesia-nya, penerbitnya PT Primamedia Pustaka terbitan tahun 2005 (wew ;).
    Kalo Mama ada yg berminat difotokopikan, sila email yaa..

  6. middutt
    mia utami September 2, 2013 at 10:22 am

    bunda medina mecca,

    boleh minta alamat emailnya, mom? makasih :)

  7. hary
    hary augustina September 2, 2013 at 10:25 am

    minat :) aku PM ya

  8. hary
    hary augustina September 2, 2013 at 10:27 am

    bunda medinamecca saya berminat banget boleh di emailkan?
    ke saya?

  9. bunda Opi
    bunda Opi September 2, 2013 at 4:12 pm

    bunda medina saya mau donk dikopikan,,, nani saya email ke bunda medina ya.. makasih banyak

  10. Bunda MedinaMecca
    Bunda MedinaMecca September 3, 2013 at 11:55 am

    Mama semua, terima kasih atensinya yaa. sekali lg maaf karena sy me-review buku yg mungkin sdh tdk diterbitkan lg (terutama versi Bhs Indonesianya).
    Ttg fotokopian bukunya sdh sy email ke semuanya ya. Terimakasih.

  11. Niniek Rofiani
    niniek rofiani September 3, 2013 at 2:00 pm

    quotenya keren. let,s spend the time withbour kids. :)

  12. verhakay
    verhakay September 9, 2013 at 2:47 pm

    Bunda MedinaMecca, bukunya udh nyampe.. tq ya..

  13. eL-eL
    eL-eL January 17, 2014 at 11:48 am

    Versi aslinya bisa diunduh di sini http://eric.ed.gov/?id=ED332802

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.