Slow Cooker

ardianingms

Setelah memiliki Slow Cooker, saya merasa seperti punya koki pribadi dalam memasak MPASI.

Sebagai stay at home Mama tanpa asisten dan ngga bisa masak (tapi tetap ingin memberikan MPASI homemade!), saya sangat membutuhkan pertolongan ketika saya harus berhadapan dengan menyiapkan MPASI Hagan yang menginjak 7 bulan selepas tamat bubur tepung beras plus puree. Sebulan pertama, saya begitu kerepotan. Tidak punya waktu untuk berkutat di dapur dan merasa tidak bisa membagi waktu antara menyuapi, bermain, mengurusi pernik-pernik rutinitas Hagan dan tetek bengek rumah tangga lainnya. Rasanya seluruh hari saya hanya ada di dapur sementara Hagan sering terabaikan. Belum lagi hasil masakan ditolak mentah-mentah olehnya karena ngga enak. :(

Akhirnya setelah menjelajahi TUM (di forum ada thread peralatan perang MPASI) dan karena sering mampir di OLS, saya jadi tau ada alat ajaib bernama Slow Cooker. Saya memutuskan membeli ketika Hagan berusia 8 bulan dan masih terpakai hingga sekarang. Setelah baca review, saya memutuskan untuk membeli Slow Cooker merk Takahi kapasitas 1,2 liter.

Beberapa kelebihan SC khususnya merk Takahi antara lain:

  • SC Takahi tersedia dalam kapasitas kecil (0,7liter dan 1,2liter) cukup untuk porsi makan bayi.
  • SC Takahi daya listriknya kecil (75watt untuk 0,7liter dan 95watt untuk 1,2liter). Kata Bapak saya kurang lebih seperti daya listrik TV (sekitar 80watt).
  • SC Takahi pot keramiknya bisa dipakai di atas api kompor. Jadi ngga perlu tergantung sama listrik.
  • SC spesialisnya bikin nasi beserta sayur tim yang mana gizi proses pengetiman lebih baik daripada proses perebusan maupun pengukusan. Selain itu hasil masakan yang di-tim menurut saya lebih enak.

Setelah membaca dari beberapa sumber, penggunaan suhu rendahlah (1,2L), memasukkan makanan bisa dilakukan menjelang tidur dengan proses pemasakan 6-8 jam jadi tidak perlu bangun pagi-pagi.

Hingga sekarang setiap hari saya memasak MPASI untuk Hagan menggunakan SC. Sekali masaknya untuk 3 kali porsi makan (pagi, siang, dan sore) dengan menu yang berbeda.

Pagi-pagi (sekitar pukul 2) saya bangun untuk memasukkan bahan-bahan seperti beras, sayur, lauk, dan blok es kaldu (it takes 3-5 minutes) yang sudah saya siapkan sebelum tidur ke dalam pot, dan menghidupkannya. Lalu saya kembali tidur lagi. Kira-kira 3-4jam kemudian matang. Pagi pukul 6.30 (jadwal Hagan sarapan) sudah bisa dikonsumsi. Begitu pula ketika akan makan siang dan sore tinggal dihangatkan di penghangat yang tersedia di rice cooker.

Setelah memiliki SC ini saya merasakan bedanya dibandingkan sebelumnya yakni memiliki banyak waktu yang ketika dulu saya habiskan di depan kompor menjadi punya banyak waktu untuk mengurusi Hagan dan melakukan pekerjaan lainnya. :)

Untuk resep-resep dengan SC, sila urban Mama lihat di thread ini ya.

29 Comments

  1. tisyonk
    tisa 'tisyonk' May 24, 2011 at 4:27 am

    Tak sabar pengen pake buat bayi kedua saya euy… :)
    TFS!!

  2. rrraisha
    Raffa Isha May 24, 2011 at 5:33 am

    Samaaaa dengan mommy-nya Hagan yang tak punya asisten.. hihihi.. Anakku udah gede2 sekarang tapi slow cooker ini memang asik ya, pagi2 jadi lebih santai.. ;)

  3. ninit
    ninit yunita May 24, 2011 at 5:54 am

    akhirnya ada juga yg review ttg the famous takahi :) info yg berguna bgt buat mama2 yg anak2nya mau mulai MPASI nih.

  4. ayuning
    Ayuning Martha Riskiyani May 24, 2011 at 8:15 am

    Aku suka pakai SC ini krn si kecil gamau makan kl masak di panci ( masih lebih kasar )…SC bener2 lembut buat makanan si kecil.

  5. superpippo
    Astrid Lim May 24, 2011 at 8:25 am

    ini life saver gw nih =) praktis bgt terutama buat mama yg nggak suka masak ky gw hehe…

  6. reakea
    reakea May 24, 2011 at 8:52 am

    wah.. ada ponakan n cucu ni.. hehehe.. sip lah mun ntar klo adeknya ai dh mpasi bis pinjem dong buat trial.. hihihihi..

  7. tari quennell
    lestari yudiastuti May 24, 2011 at 8:55 am

    aku juga baru beli SC, tapi belum dipraktekkan masih bingung pemakaiannya plus resep2nya, tapi sepertinya mommynya hagan mudah banget ya…:)emang TAKAHI sepertinya semua mama yang punya bayi must have!!!!!!

  8. cyndewi
    cynthia dewi May 24, 2011 at 9:49 am

    bener! SC kepake banget! gw punya yg ukuran 2 liter, dan masih kepake buat bikin kaldu ayam kampung sampe skrg. lumayan hemat gas :)

  9. dekania
    Dewi Kania May 24, 2011 at 10:36 am

    Ya ampun pas bgt waktunya review ini, menguatkan iman utk beli SC, dari kemarin sempat ragu dgn konsumsi listriknya boros apa ngga, Talita skrg 7bln dan sedang siap2 mkn bubur yg lebih menantang setelah gasol. Thanks mom Hagan! :)

  10. otty
    Pangastuti Sri Handayani May 24, 2011 at 11:33 am

    Slow cooker emang mantap banget deh! Buat ibu2 yang kerja juga oke banget lho, tinggal siapin bahan2nya, colokin sebelum tidur, dan besok paginya semua udah mateng :)

  11. yeyensurani
    MamaQiandhraGanteng May 24, 2011 at 12:31 pm

    SC nih emang sangat membantu, dari Qiandhra mulai MPASI sampai sekarang (13 M) SC ini masih jadi bintang utama kalo buat MPASI.

    sayangnya, hari minggu kemarin tutup SC-nya pecah (bukan pecah tapi retak terbelah jadi dua gitu, ga tau apa sebabnya, yang jelas bukan jatuh, hiks… :( )

  12. Travinan
    Travina May 24, 2011 at 1:24 pm

    pengen beli deh ! buat Noor Audrey yang udah 8 Bulan dan ga sanggup lagi masak sementara kejar kejaran dengan jam tidurnya. neneknya mulai kecapean huhuhu mahal ga sih ? beli dimana yah itu ?

  13. AmbunyaPasukanKa
    AmbunyaPasukanKa May 24, 2011 at 2:53 pm

    ikutan ngasi dua jempol untuk Takahi slow cooker ini :D dengan alasan yang sama telah diutarakan para Mamas hohoho

  14. Ajeng Amanda
    Ajeng Amanda May 24, 2011 at 3:28 pm

    Iiiiihh,,jadi pengen punya SC juga..
    Kayanya berguna dan praktis banget ya..Walaupun baby azka masih 3 bulan..hehe..

  15. annys
    annys May 24, 2011 at 3:52 pm

    pengen beli SC jugak! Tunggu baby sam 7mo :D Ada info kah beli takahi yg murahmeriah ukuran 1,2 liter dimana? Hihi Btw, TFS yaa :)

  16. nov afni
    sinta khairunnisa May 25, 2011 at 8:40 pm

    iya ni..pengen beli SC..pertama sempet ragu..tp gara2 baca reviewnya jadi mantep lagi
    oya recommend belinya di toko ocha, itc kuningan..waktu itu sempet tanya harganya lebih murah dr toko2 yang lain..
    tp beli di os juga banyak ko yang jual..atau di kaskus banyak thread yang jual SC..

  17. thesusanos
    thesusanos June 1, 2011 at 12:13 am

    Aku jg pake SC takahi sejak anakku 6,5 bln. Sbg FTM yg ga pny ART,sangat membantu.berasa jago masak,tinggal cemplung² bahan sebelum bobo ^^

  18. stay_asmaa
    stay_asmaa June 1, 2011 at 11:44 pm

    mauuuuu….pernah liat ortunya privat dulu pakai ini buat masak ikan tongkol asam pedas…ternyata multifungsi juga buat baby ya…
    aku lagi di LN ni, dah cari dsni tp ga ada yg kecil, adanya yg 6ltr…ckckckck…buat masak sekampung…hehe
    kebetulan mo mudik bulan ini, jadi beli di indo aja x ya….tolong infonya dong OLS yang jual SC ini…thanks…

  19. sacutie
    Sakinah Ahmad June 5, 2011 at 3:22 pm

    ooh..ternyata very helpful..
    TFS yaaa :)

  20. Tickzie
    Mustika Kusumaningtyas June 7, 2011 at 12:27 pm

    inpo! takahi 1.2 di audrey cemas 350, di jungle itk 335. nah kalo jungle belum buka (doi buka siang), kira2 2 toko sebe;ahnya ada toko alat2 masak yg authorized sellernya Phi*#ip, disitu takahinya 330 hehehhe. senang!

  21. Bonita
    bonita June 15, 2011 at 12:50 am

    Takahi ku sudah berumur 4 setengah tahun ,mulai dari anak pertama,dan skrg di lanjutkan adiknya,buat nambahin kegunaannya,takahi ga sekedar buat mpasi ajah ,tapi. Isa untuk membuat healthy soup,dan bubur utk saat anak sakit,jadi ngebubur ga perlu bulak balik ke dapur sambil jagain bubur biar ga gosong lagi :) … Moms bisa tetep fokus ngurusin si kecil yg lg demam… Utuk tutup yang retak atau pecah,mungkin pada saat panas kita lap atau cuci dengan cool water ,jadi perubahan suhu mendadak bisa memungkinkan retak tutup nya .. , takahi SC sangat membantu sekali :)

  22. LiDyaManik
    LiDyaManik September 9, 2011 at 5:28 pm

    wow…makasi infonya moms.
    baby RaphaeL sekarang 4m13d, bentar lagi MPASI deh..
    berhubung Mamanya lagi ada uang lebih (gaji terakhir, baru resign seminggu.hehehe) kayaknya pengen beli si Takahi ini deh :-)

    thanks mommy’nya Hagan utk reviewnya

  23. Licuu
    Licuu September 14, 2013 at 8:43 pm

    Halo… Mau bertanya tentang Takahi Slow Cooker. Saya beli yg 1,2 L yang ada stelan high sama low. Itu bedanya apa ya? Apa kalau kita masak malam sambil ditinggal tidur kita setel ke low?

    Lalu ukuran air yg digunakan brp ya? Anak saya masih 6 bulanan. Sementara ini pakai gasol tapi mau nyoba bikin bubur dari nasi hehe… Misalnya kalau saya mau masak 1,5 sdm beras putih di slow cooker 1,2 L berapa banyak air yg digunakan kalau mau masak malam2 yang ditinggal tidur.

    Many thanks para mamas :))

  24. dita_odet
    dita adittya September 15, 2013 at 1:23 am

    moms mau tanya dong…
    kemarin sempet nyari di bandung dia daerah jalan abc.
    kata engko2 yg jual elektroniknya. sekarang distributor takahi sc ga keluarin lagi takahi tapi jadi takebono (kalau ga salah). betul ga sih?
    trs ada online shop yg jual 1.2 L harganya 44orb (kemahalan ga?)?
    kalau bener jadi takebono berarti yg jual takahi barang lama yah?
    trims sebelumya the mamas

  25. piyopiyo
    piyopiyo March 11, 2014 at 12:12 am

    Moms..mau tanya dong..kalau maksudnya sekali masak untuk 3 porsi tp dengan menu yg berbeda itu gimana ya? Ga kebayang..makasih sebelumnya..

  26. qmellybmw
    qmellybmw March 16, 2014 at 11:06 pm

    Moms kl sy pake takahi 1,2l utk 1kali masak 3 porsi kl sy 5sendok beras airnya 400ml blom ditambah sayur, lauk yg disesuaikan saja banyaknya diset auto shift aja (apabila masakan matang maka suhu akan auto ke suhu rendah. Biasanya bahan sy masak jam 11pm jd sy set auto shift saja. Kl mau 3porsi pagi siang malam beda rasa arti bikin menu basic nya bubur kaldu aja, sayur mayur dan lauk pauk tambahan dimasak terpisah begitu kali ya moms, untungnya anak saya doyan banget makan dgn 1 menu sama pagi siang malam soalnya rasanya yummy gurih banget pake takahi, sy suka cicipin jg mmg ada rasa yg lebih enak masak pake sc takahi, dijamin!

  27. qmellybmw
    qmellybmw March 16, 2014 at 11:14 pm

    Takahi 1,2l sy beli di samarinda bulan lalu harganya hampir 700rb kl 0,7l skitar 380rb, kl 1,2 l hrgnya 440rb ya murah, gak ada ruginya beli takahi standartnya sih kl beli 1,2l, soalnya 0,7l itu mini banged menurut saya sih moms

  28. qmellybmw
    qmellybmw March 24, 2014 at 12:12 am

    Innalillahi tutup takahi sukses pecah 3hr lalu, alhamdulillahnya berhasil menemukan supplier tutup takahi nanti saya sharing ya moms cp nya… I

  29. mama aqeil
    mama aqeil June 2, 2014 at 12:22 pm

    share dong beli tut takahi dimana, punya saya pecahhhh

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.