Taman Film Bandung

anggiabonyta

Taman ternyata tidak harus selalu identik dengan bunga saja. Dengan ‘menyulap’ ruang kota yang belum terpakai, kini Bandung memiliki Taman Film Bandung yang terletak dibawah jembatan layang Pasupati. Letaknya tidak jauh dari Taman Jomblo dan Skatepark. Saya sendiri termasuk salah satu di antara ratusan penonton yang excited untuk ikut berdesak-desakkan demi menyaksikan soft launching Taman Film Bandung yang diresmikan Ridwan Kamil  tanggal 14 September 2014 lalu.

Sebuah megatron sebesar 4 x 8 meter terpampang megah di area seluas 700 meter persegi. Ditunjang dengan kualitas tata suara yang baik, para penonton jadi bisa menikmati film layaknya berada di bioskop. Sore itu, kami disuguhi penayangan film-film pendek karya anak muda Bandung. Genrenya pun bermacam-macam. Ada fiksi, dokumenter, animasi, dan eksperimental. Rencana ke depannya, film yang diputar di sini akan bervariasi, misalnya hari ini menayangkan film Hollywood, keesokannya film Bollywood, lalu film Indonesia, film Korea, dan digunakan juga untuk nonton bola bareng, terutama untuk menonton pertandingan Persib Bandung. Nantinya kita bisa memperoleh informasi mengenai jadwal film melalui akun twitter @BDG_TamanFilm. Meski belum ada jadwal tetap soal penayangan film, kita tetap bisa datang dan menikmati tayangan film setiap Senin-Jumat jam 18.30-21.00 WIB dan Sabtu-Minggu jam 17.00-22.00 WIB. Berdasarkan pengalaman datang ke Taman Film ini setiap hari, film kartun menjadi film yang paling sering diputar.

Dengan kapasitas yang dapat menampung 500 penonton, tempat duduknya pun didesain dengan konsep terasering yang memungkinkan penonton bisa menyaksikan film dengan nyaman tanpa takut terhalang orang di depannya. Penonton juga bisa menikmati film sambil lesehan di rumput sintetis yang bisa diduduki layaknya karpet. Konsepnya benar-benar didesain mirip dengan bioskop, walaupun menurut saya sih lebih enak nonton di sini karena areanya terbuka. Kita bisa merasakan semilir angin, dan menikmati matahari senja yang hangat juga tidak khawatir kehujanan. Lebih asyiknya lagi, untuk menikmati tayangan film disini, tidak dipungut biaya alias gratis! Hanya ada dua syaratnya yaitu harus menjaga kebersihan dan tidak merokok. Ini penting sekali untuk diperhatikan karena rumput sintetis sangat rentan dengan api sehingga mudah terbakar. Tempat sampah dengan desain yang baru pun disebar di semua sudut taman guna mengedukasi pengunjung untuk selalu membuang sampah pada tempatnya.

Walaupun pembangunan taman ini belum sepenuhnya selesai, namun sudah bisa dinikmati masyarakat. Tidak hanya sekadar menonton film, namun juga digunakan sebagai sarana belajar dan bermain. Rasanya  senang sekali karena memiliki  tempat alternatif baru untuk dinikmati bersama keluarga. Yuk kita sama-sama menjaga kebersihan dan keindahan taman ini agar bisa dinikmati anak-cucu kita kelak.

15 Comments

  1. iprytz
    Pryta Aditama October 10, 2014 at 12:14 am

    waaaaahh..taman film..!! TFS anggi..
    mau ngajak Qavi ke sana belum jadi aja nih..
    pengen kumpul bocah di sana bareng Birth Club juga belom sempet terlaksana..
    meski anak-anak belom pada bisa nonton dengan tenang tapi pasti seru lari-larian di sana, tamannya luas.. :D

  2. rikandun
    rikandun October 10, 2014 at 9:17 am

    Gue terharu loh baca artikelnya, Nggi :”)

    Enak yah udah dibuatin Taman Film, mudah2an semua yang memakai bisa menjaga bersama. Kalo ke Bandung main ke situ aaah

  3. ninit
    ninit yunita October 10, 2014 at 9:23 am

    bandung tambah juara ajaaa! ini beneran deh taman film bikin ngiriii! kebayang asik banget nonton film sama anak2… mereka lari2… outdoor…
    keren bgt gi! taman2 tematik di bandung tambah seru ya. kilau keliatan seneng bgt! :)

  4. hananafajar
    hanana fajar October 10, 2014 at 10:25 am

    Asik bangettt ya mba anggi taman film di Bandung:)
    Bandung makin kerenn nihhh..
    semogaaa kota2 lain bisa nyusul bikin kaya gitu:)

  5. ZataLigouw
    Zata Ligouw October 10, 2014 at 10:39 am

    kereeenn bangettt…, duh harus mampir ke sana nih kalo lagi ke Bandung :)

    makasih artikelnya ya nggi…

  6. ipeh
    Musdalifa Anas October 10, 2014 at 1:35 pm

    Bandung Juara. Senang ih Bandung tamannya bagus-bagus, apalagi taman film ini. Tfs Ya nggi, jadi pengen mampir kesana kalau ke Bandung nanti.

  7. cindy
    cindy vania October 10, 2014 at 1:47 pm

    Taman film bandung keren bangeeeeett!!

    enak yaa ada rumput sintetiknya,bisa buat gelesot2an *duh bahasanya* kids friendly pula!
    kalo ke bandung pengen deh mampir kesini,TFS ya nggi :)

  8. Mama Jo
    Mama Jo October 10, 2014 at 2:45 pm

    Waaa….kerennnnn….
    Apalagi dengan konsep no smoking, pasti makin nyaman untuk kongkow dengan keluarga ya (secara disini orang belum punya kesadaran untuk tidak merokok disekitar anak-anak *sigh)

    Two thumbs up for Bandung….!

  9. siska.knoch
    Siska Knoch October 11, 2014 at 10:12 am

    wuiiiih… udah mau jadi ya? seru bgt! Bandung konsisten nih dengan taman tematiknya!
    kalo pulang bandung pgn bawa miguel kesini deh.
    eh nggi nanya dong, itu kilau lepas sepatu? trus sepatu kita taro dmn?
    Semoga fasilitas yg sudah ada ini,dapat dijaga dengan baik oleh semua penikmatnya ya.
    Merdeka!!!

  10. eka
    Eka Wulandari Gobel October 11, 2014 at 12:47 pm

    keren ya, taman film ini. seneng deh, makin banyak taman yg keren, bersih, dan family friendly. semoga kebersihan dan ketertibannya bisa dijaga terus, dan makin banyak kota2 yg terinspirasi dari kota Bandung.
    TFS, ya mama abon :)

  11. anggiabonyta
    Anggi October 11, 2014 at 12:58 pm

    Hi @pryta. Iya banyak bgt anak-anak yg lari-larian disana, lbh seru lagi kalo janjian sama birth clubnya hehe slamat palydate di taman film! :) Oya, parkirnya mending di Baltos aja, trus jalan kaki dikit, soalnya ga ada tpt parkir disini :)

    @rikandun sama ih aku jg terharu *anaknya suka ikut2an :D terharu ada taman dkt rumah, jadi lumayan irit kalo ngajak main Kilau :) Amin,,smoga smuanya ngejaga tamannya dengan baik biar tetep enak dan nyaman :)

    @teh ninit: iya teh seneng banget dia lari-lari disini, trus kalo udah cape, tidur2an di rumputnya *barebas :D

    @hanana fajar iya banget, semoga kota lain juga punya banyak ruang publik yg bisa dinikmati bersama *udah kaya PRnya taman film blm? :D

    @zata @musdalifa : sama-sama zata dan ipeh, nanti main2 sini ya *kaya punya sendiri :D

    @cindy haha itu banget, kilau seneng bgt glesot-glesotan disini, iya sama-sama :)

    @mama jo iya, walopun masih ada aja yg ngerokok disini :( smoga lama-lama jadi pada segan utk ngerokok di taman ini ya :)

    @siska chikaa iya ntar main ksini yaa. Itu Kilau lepas sepatu kalo main di rumputnya, spatunya ditaro di deket situ aja chik..amin, merdeka!!!!! :)

  12. sLesTa
    shinta lestari October 13, 2014 at 10:04 am

    sungguh super keren!! di singapur aja ga ada nih kayaknya.. dulu waktu di amerika (di NY), ada satu taman yang emang kalo lagi summer dijadiin tempat buat nobar. tapi ga khusus untuk nonton film kalo hari lainnya. seruuu banget, bisa sambil piknik dan nonton film2, biasanya film2 jadul. jadi kangen!

  13. iprytz
    Pryta Aditama October 13, 2014 at 10:07 pm

    updaaateee..nggiii..
    jadi dong gue sama inna kopdar BC mini (karena berdua doang, ber4 ama bocah2,hehee) weekend kemarin..
    tapi ternyata kalo weekend rame banget yaa..penuh gitu jadinya..tapi gapapa sih tetep seru..anak2 juga seneng banget lari-larian sana sini..

    Ohya soal tempat parkir bener bgt, untuk yg naik mobil pribadi mending parkir di Baltos, atau cari parkiran di pinggir jalan kecil samping taman, tapi agak susah sih jalannya kecil. Kalau pakai motor sih enak ada tempat parkir motor di antara taman film dan skatepark.

    Yuuuk yang main ke bandung jangan lupa mampir sini yaa.. :D
    #promotakberbayar

  14. enjimagetsari
    Enji Magetsari October 13, 2014 at 11:54 pm

    Tfs tante ngiiing, ga sabar nih pgn nemenin Maha ngapelin Kiyaw nonton di Taman Film Bandung.. ;)

  15. anggiabonyta
    Anggi November 9, 2014 at 2:18 pm

    Maafkan baru balas lagi…
    @shinta huaaa asik banget pasti..seasik marathon di NY kemarin yaa :)))) btw congrats ya Shinta! *colongan ngucapin disini hehe

    @Pryta: prytaaa maafkan baru bales lagii..iya wiken parah ya ramenya. Harus pasang mata ekstra ngliatin anak-anaknya, takut ketuker hehehe
    Oya selain weekend, hindari datang kesini kalo ada Persib main, selain ga akan bisa ngapa-ngapain, suasananya di taman film udah kaya stadion beneran sama bobotoh hehe kecuali kalo emang pengen nonton bareng juga disini :)

    @enji: aaaaaa…mau banget..nanti sebelum ke taman film, Ibu masak dulu di rumah aku trus makan di taman deh yaaa hihi

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.