The Baby Book

Urban Mama Papa, buku yang satu ini menurut saya layak dimiliki sebagai salah satu sumber referensi kita untuk memahami perkembangan bayi hingga ia berusia 2 tahun.

Awalnya saya tertarik dengan covernya yang bertuliskan "terjual lebih dari 500.000 kopi." Memangnya apa bagusnya sih buku ini? Ketika itu saya masih berstatus new mama yang walaupun keseharian berkutat sebagai praktisi kesehatan tapi masih banyak ketidaktahuan tentang menjadi seorang ibu (dan sampai sekarang masih tetap belajar).

Dan ternyata isinya menarik sekali! Pembahasannya cukup menyeluruh mengenai setiap aspek perkembangan bayi hingga usia 2 tahun, terjemahannya pun mudah untuk dimengerti, tambah lagi beberapa pokok sub bahasan disertai ilustrasi.

Buku ini terdiri dari 5 bagian pembahasan antara lain "dasar-dasar perawatan bayi","nutrisi dan pemberian makan bayi", "pengasuhan anak pada zaman sekarang", "perkembangan dan tingkah laku bayi", dan yang terakhir adalah "menjaga keamanan dan kesehatan anak anda".

Edisi revisi terbaru membagi buku ini menjadi beberapa buku yang terpisah namun tetap dijual per-set (cmiiw) sedangkan ketika saya beli masih menjadi satu kesatuan buku. Buku ini dibuat oleh keluarga dr. Sears yang memang mendalami dunia kesehatan khususnya ilmu kesehatan anak.

Saya bersyukur memiliki buku ini, malah saya rekomendasikan buku ini kepada teman yang berprofesi sama dan dia mengakui tertolong sebagai new mama juga kala itu. Sering ketika bingung apa yang harus saya putuskan ketika melihat milestone anak-anak saya, saya buka lagi dan lagi buku ini hingga sekarang.

Beberapa contoh pembahasan menarik yang ada di buku ini adalah belajar cara memijat bayi yang benar lalu cara sederhana mengatasi pilek pada bayi tanpa obat dan bagaimana memilih sepatu yang tepat untuk bayi yang baru belajar berjalan, apa yang harus di perhatikan dari calon sepatu yang mau dibeli, mau tahu jawabannya? Miliki dan baca deh buku ini. :)

[gallery columns="2"]

13 Comments

  1. avatar
    fika irfhia April 30, 2013 4:12 am

    setuju... buku ini bagaikan primbon bagi saya ketika dulu baru memiliki anak. dari tidak tau apa2 menjadi pede sekali mengurus anak :)
    kalau liat ukurannya yg besar dan tebal, kebayang apa sempet bacanya? tapi ternyata, tanpa terasa tamat jg baca buku ini, krn dibaca per kebutuhan.
    ga nyesel invest 300rb utk buku ini ;)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Yani Tandry April 15, 2012 5:32 pm

    Betul banget, khususnya buat moms-to-be yg masih hamil, sangat perlu baca buku ini. Tapi mengingat size-nya yang amat bulky, awalnya bisa sangat overwhelming utk membacanya. Saran saya sbg alternatif baca juga Your Baby's First Year week by week, Glade B. Curtis M.D., M.P.H and Judith Schuler, M.S. In short, pembahasan buku ini dibagi per minggu. Tiap minggu dibagi menjadi beberapa section atnara lain : Care & Development, Changes & Milestones, serta Toys & Play. Mungkin lebih sederhana buat working mommies yang sibuk. Cheers.

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    kiky harahap March 15, 2012 10:21 pm

    Setuju..
    Jadi tau banyak hal, apalagi buat orang tua baru.. sayangnya versi terjemahan Indonesia-nya agak kurang enak dibaca. Saran saya lebih enak baca yang versi aslinya aja :)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Retno Nindya December 1, 2011 9:07 am

    Kebetulan aku masih hamil - Insya Allah si kakak baru "halo halo" ke dunia tahun depan :D - tapi ada dosenku yang ngasih buku ini. Dibilangnya, "kadang-kadang orang tua baru suka lupa beli ini. Maklum lah, masih baru. Bayi ga nongol sambil bawa-bawa manual book dari perut kan? Nah ini manual book-nya, hehe."

    Awalnya ogah-ogahan bacanya, hihi. Abis kan satu set, agak banyak gitu. Tapi lama-lama jadi sukaaaa :D Insya Allah lebih nyiapin mental kalo bayi udah lahir :) Terutama mitos "bau tangan"/"bayi jadi manja kalo sering digendong". Setuju banget! Jadi nanti kalo ntar ada yang udah nyap-nyap soal "ga boleh gendong bayi sering-sering! Bisa manja!" bisa dilawan, hehe.

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    rini November 25, 2011 10:39 pm

    @nwidayanti n @bubu freya : mari toss yukkk hehehe...

    1. avatar

      As .