The Baby Book

mamarini

Urban Mama Papa, buku yang satu ini menurut saya layak dimiliki sebagai salah satu sumber referensi kita untuk memahami perkembangan bayi hingga ia berusia 2 tahun.

Awalnya saya tertarik dengan covernya yang bertuliskan “terjual lebih dari 500.000 kopi.” Memangnya apa bagusnya sih buku ini? Ketika itu saya masih berstatus new mama yang walaupun keseharian berkutat sebagai praktisi kesehatan tapi masih banyak ketidaktahuan tentang menjadi seorang ibu (dan sampai sekarang masih tetap belajar).

Dan ternyata isinya menarik sekali! Pembahasannya cukup menyeluruh mengenai setiap aspek perkembangan bayi hingga usia 2 tahun, terjemahannya pun mudah untuk dimengerti, tambah lagi beberapa pokok sub bahasan disertai ilustrasi.

Buku ini terdiri dari 5 bagian pembahasan antara lain “dasar-dasar perawatan bayi”,”nutrisi dan pemberian makan bayi”, “pengasuhan anak pada zaman sekarang”, “perkembangan dan tingkah laku bayi”, dan yang terakhir adalah “menjaga keamanan dan kesehatan anak anda”.

Edisi revisi terbaru membagi buku ini menjadi beberapa buku yang terpisah namun tetap dijual per-set (cmiiw) sedangkan ketika saya beli masih menjadi satu kesatuan buku. Buku ini dibuat oleh keluarga dr. Sears yang memang mendalami dunia kesehatan khususnya ilmu kesehatan anak.

Saya bersyukur memiliki buku ini, malah saya rekomendasikan buku ini kepada teman yang berprofesi sama dan dia mengakui tertolong sebagai new mama juga kala itu. Sering ketika bingung apa yang harus saya putuskan ketika melihat milestone anak-anak saya, saya buka lagi dan lagi buku ini hingga sekarang.

Beberapa contoh pembahasan menarik yang ada di buku ini adalah belajar cara memijat bayi yang benar lalu cara sederhana mengatasi pilek pada bayi tanpa obat dan bagaimana memilih sepatu yang tepat untuk bayi yang baru belajar berjalan, apa yang harus di perhatikan dari calon sepatu yang mau dibeli, mau tahu jawabannya? Miliki dan baca deh buku ini. :)

13 Comments

  1. wikit
    wikit November 22, 2011 at 7:34 am

    Agree!!! I loved the book very much!!! :)

  2. AmbunyaPasukanKa
    AmbunyaPasukanKa November 22, 2011 at 11:01 am

    ikut menebar dukungan :D
    bener banget, ini adalah parimbon-nya orang tua hehehe

  3. wikit
    wikit November 22, 2011 at 11:17 am

    Oh iya, mo nambahin review sedikit:

    Di buku ini juga ada dibahas mengenai teknik menggendong bayi dan mematahkan banyak komentar mengenai “bau tangan pada bayi yang sering digendong” dan “bayi akan jadi manja jika selalu digendong”. Bayi yang sering digendong juga akan jarang menangis. Penulisnya membeberkan fakta bahwa jika bayi sring digendong, kelak akan tumbuh jadi pribadi yg percaya diri dan dekat dengan keluarganya.

    Dan ini yang aku rasakan sekarang… meskipun danny boy baru mau berusia 5 bulan, aku nda segan2 sering menggendongnya, begitu juga dengan eyang, oma, opa, tante, om dan papanya. Kecuali nanti dia mulai nda betah digendong baru deh diturunkan dari gendongan. Dan… dia juga amat sangat jarang menangis!

    Worth to try :)

    Bener2 rekomendasi yang sangat kumplit bwat new parents ataupun yang mom-wanna-be…

  4. November 22, 2011 at 11:25 pm

    catt : gambar “the baby book” versi terbaru diambil dr http://keluargakamil.wordpress.com/2009/03/16/the-baby-book-by-william-sears-md/

    @wikit n @ambunya.. : toss ah :)
    @wikit again : thanks dear :), for me buku ini tidak terasa menggurui malah lebih ke sharing apa yg sudah menjadi pengalaman dr.sears sekeluarga dibekali dengan referensi medis :)

  5. bunda raina
    bunda raina November 23, 2011 at 10:16 am

    wahhhh penasaran pgn baca buku nya!!! ini sudah diterjemahkan ke bhs indonesia ya?pgn cepat2 beli..apa buku nya dijual di gramedia??

  6. wikit
    wikit November 23, 2011 at 4:19 pm

    @ mamarini : bener banget!! sama sekali tidak terkesan menggurui, karena apa yg tertulis di buku itu adalah hasil pengalaman dari keluarga Dr. Sears :)

    @ bunda raina : ini sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa kok, termasuk bahasa Indonesia dan YUP!! dijual di gramedia. Harganya diatas 200 ribu deh klo edisi terbarunya (terbagi 2 ke dalam 5 buku & dibundel dalam hard carton)

  7. nwidayanti
    nwidayanti November 24, 2011 at 12:52 pm

    Agree mamarini!! Beruntungnya aku karena dapet buku ini sbg hadiah lahiran. Buku ini berguna banget deh, bahkan si nanny aku suruh baca ini juga suka. Jadi lebih gampang ngajarinnya..

  8. bubu freya
    bunga sitaresmi November 25, 2011 at 4:29 pm

    Aku jg ga nyesel deh beli buku ini..buat monitor setiap perkembangan freya, jg klo dia demam, disitu ada panduan penanganan step by stepnya lengkap..bisa dibilang ini salah satu ‘buku dewa’ buat new mom..:)

  9. November 25, 2011 at 10:39 pm

    @nwidayanti n @bubu freya : mari toss yukkk hehehe…

  10. December 1, 2011 at 9:07 am

    Kebetulan aku masih hamil – Insya Allah si kakak baru “halo halo” ke dunia tahun depan :D – tapi ada dosenku yang ngasih buku ini. Dibilangnya, “kadang-kadang orang tua baru suka lupa beli ini. Maklum lah, masih baru. Bayi ga nongol sambil bawa-bawa manual book dari perut kan? Nah ini manual book-nya, hehe.”

    Awalnya ogah-ogahan bacanya, hihi. Abis kan satu set, agak banyak gitu. Tapi lama-lama jadi sukaaaa :D Insya Allah lebih nyiapin mental kalo bayi udah lahir :) Terutama mitos “bau tangan”/”bayi jadi manja kalo sering digendong”. Setuju banget! Jadi nanti kalo ntar ada yang udah nyap-nyap soal “ga boleh gendong bayi sering-sering! Bisa manja!” bisa dilawan, hehe.

  11. kikyharahap
    kiky harahap March 15, 2012 at 10:21 pm

    Setuju..
    Jadi tau banyak hal, apalagi buat orang tua baru.. sayangnya versi terjemahan Indonesia-nya agak kurang enak dibaca. Saran saya lebih enak baca yang versi aslinya aja :)

  12. tand_ry
    Yani Tandry April 15, 2012 at 5:32 pm

    Betul banget, khususnya buat moms-to-be yg masih hamil, sangat perlu baca buku ini. Tapi mengingat size-nya yang amat bulky, awalnya bisa sangat overwhelming utk membacanya. Saran saya sbg alternatif baca juga Your Baby’s First Year week by week, Glade B. Curtis M.D., M.P.H and Judith Schuler, M.S. In short, pembahasan buku ini dibagi per minggu. Tiap minggu dibagi menjadi beberapa section atnara lain : Care & Development, Changes & Milestones, serta Toys & Play. Mungkin lebih sederhana buat working mommies yang sibuk. Cheers.

  13. fika irfhia
    fika irfhia April 30, 2013 at 4:12 am

    setuju… buku ini bagaikan primbon bagi saya ketika dulu baru memiliki anak. dari tidak tau apa2 menjadi pede sekali mengurus anak :)
    kalau liat ukurannya yg besar dan tebal, kebayang apa sempet bacanya? tapi ternyata, tanpa terasa tamat jg baca buku ini, krn dibaca per kebutuhan.
    ga nyesel invest 300rb utk buku ini ;)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.