The Book - Untuk Indonesia Yang Kuat

Kali pertama mendengar financial tips dari Ligwina Hananto di salah satu radio di Jakarta, saya sudah terkagum-kagum dengan financial planner yang satu ini. Tips-nya tentang mengelola keuangan pribadi dan keluarga terdengar sangat praktis dan masuk akal, bahkan untuk seseorang yang "buta finansial" seperti saya.

Karena itu, bukan kejutan lagi kalau saya sangat bersemangat menunggu terbitnya #THEBOOK, sebutan di dunia twitter untuk buku kedua Ligwina. Kebetulan saya berkesempatan pula hadir di launching bukunya tanggal 16 Februari lalu.

Buku berjudul Untuk Indonesia Yang Kuat ini menurut saya sangat wajib dibaca oleh siapapun yang mengaku ingin memperbaiki kondisi ekonominya - terutama demi kebaikan generasi mendatang, alias anak-anak kita. Dalam buku ini, Wina menjelaskan dengan sangat gamblang mengenai golongan menengah di Indonesia (yang adalah kita para keluarga muda) dan potensi mereka untuk memperkuat ekonomi Indonesia. Wina juga memberikan langkah-langkah praktis tentang membuat rencana keuangan (terutama dana pensiun dan dana pendidikan), tips berinvestasi melalui reksadana, dan bagaimana mencapai tujuan jangka panjang - financial freedom!

Membaca buku ini harus siap di "tampar" lho, karena banyaaak sekali yang membahas kebobrokan kita dalam mengelola keuangan keluarga - yang sayangnya, dalam kasus saya, kebanyakan memang benar-benar terjadi.

Di bagian akhir buku, terdapat checklist yang disebut "100 Langkah Untuk Tidak Miskin". Isinya, mulai dari poin yang sederhana seperti "Memiliki penghasilan", sampai yang bikin sesak napas seperti "Punya dana darurat 6 kali jumlah pengeluaran bulanan".

Dalam acara launching, Wina juga mengundang beberapa pembicara yang menjelaskan poin-poin penting dari checklist tersebut, seperti apa itu reksadana, bagaimana berinvestasi di pasar modal, sampai gambaran jumlah dana liburan di Indonesia. Yang seru, di akhir acara ada hadiah untuk 3 orang peserta dengan jumlah checklist terbanyak. Pemenang hari itu ternyata sudah mencontreng 60 poin di dalam checklist! Membuat saya iri sekaligus tertantang untuk melengkapi checklist saya yang masih segelintir.

Yang mengagumkan dari Ligwina Hananto dan bukunya, bukan hanya berhasil memberi wawasan finansial terhadap golongan menengah di Indonesia, tetapi juga memiliki visi yang patut diacungi jempol: membangun ekonomi Indonesia yang kuat melalui kita, para golongan menengah. Bayangkan kalau seluruh golongan menengah di Indonesia berhasil memperkuat ekonomi keluarganya masing-masing, berapa banyak orang dari golongan "bawah" yang bisa kita bantu? Efeknya sangat luar biasa, terutama untuk kesejahteraan anak-anak kita di masa depan.

39 Comments

  1. avatar
    selly_03 March 19, 2013 2:57 pm

    ada yg mau flea kan buku ini ?? hehehe... ceklistny kyk gmn y, jd penasaran..

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    DINA March 30, 2011 10:05 am

    Alhamdulillah, aku sudah beli dan sudah baca bukunya. Sebenernya males ngeluarin duit untuk beli buku, apalagi buku yang serius begini (emak irit.com). Tapi, gak papa deh, itung2 beli buku ini = investasi awal :p hehehe

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    dinimaya March 29, 2011 10:46 am

    aku dah baca bukunya..it' so me..he3..sangat menohok sekale..lagi mencoba untuk switch dari penghasilan-pengeluaran = investasi menjadi penghasilan-investasi = pengeluaran..suseh ya boo

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Novianti Rizky Reza March 24, 2011 10:42 am

    Emang baguslah itu buku mbak wina..
    Suami aja sampe kagum pengen ikutan baca itu buku. Walaupun bacanya loncat-loncat sampe berdarah-darah masih bisalah ngesot ke bank buat investasi :)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Eka Gobel March 23, 2011 7:30 am

    Sampe ktemu di atamarica yaaa.. Siap2 buat tertohok2 lagi deh :)
    Tfs ya astrid, reviewnya keren!

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.