The Very Hungry Caterpillar Sensory Bin

fmasudah
Fenny Masudah She is a full time stay-a-home mom who loves cooking Indonesian food, fashion, and making activities and DIY toys for her little daughter Alika. She is blessed to have a supportive husband Ramanda. Currently live in Melbourne, Australia.

Pernah membaca cerita “The Very Hungry Caterpillar“? Pasti sebagian anak-anak dari Urban mama ada yang pernah membacanya. Buku ini ditulis oleh Eric Carle, sangat sukses menyedot perhatian anak-anak, termasuk anak saya. Dia suka sekali dengan buku ini, walaupun belum bisa membaca, tetapi cukup mengerti ceritanya melalui ilustrasi yang sangat mudah dicerna dan permainan warna yang menarik dan beragam. Karena kesukaan si kecil dengan buku ini, munculah ide untuk membuat prakarya si caterpillar dimana saya juga menggabungkan dengan aktivitas sensory bin.

Pertama kita membuat si caterpillar dahulu. Apa saja bahan-bahannya? Mudah sekali, seperti biasa saya selalu menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan:

  • Karton telur bekas berisi 12 telur
  • Cat Warna anak-anak bisa menggunakan edibble painting atau pun jenis cat acrylic
  • Kuas
  • Mata-mata plastik
  • 1 buah pipe cleaner

Bagaiman membuatnya?

Pertama, gunting karton telur dari bagian tengah hingga bekas menjadi dua bagian, disini saya hanya memakai satu bagian saja, lalu rapikan pinggirannya hingga terbentuk seperti badan ulat bulu yang bulat-bulat.

Kedua adalah sesi pengecatan, proses ini saya serahkan kepada si kecil. Karena membuat ulat bulu ala “the very hungry caterpillar” maka saya hanya menyiapkan dua warna saja yaitu warna hijau dan merah, bisa warnai lain sesuaikan dengan kebutuhan dan kesukaan anak anda. Setelah proses pengecatan selesai, dibiarkan kering dahulu.

Ketiga, setelah proses pengeringan, kita tempelkan mata-mata plastik. Setelah itu satu buah pipe cleaner dipotong menjadi dua bagian untuk antena, lalu ditancapkan ke bagian kepala yang telah ditempel mata-mata plastik. Untuk bagian ini saya biarkan si kecil juga yang membuatnya.

Selesai membuat “the very hungry caterpillar”, si ulat bulu karton ini siap untuk dimainkan.

Seperti yang saya sebutkan di atas, saya menggabungkan ini dengan aktivitas sensory bin. Jadi saya juga menyiapkan beberapa bahan untuk sensory bin yang akan ditaruh dalam wadah plastik, seperti:

  • Black beans; Urban mama bisa menggunakan jenis biji-bijian yang lain seperti kacang merah, kacang hijau, kacang kedelai, bisa juga menggunakan gandum, sisa potongan kertas dan lain sebagainya. Sesuaikan dengan kebutuhan dan bahan yang tersedia di rumah Urban mama.
  • Saya juga menggambar jenis buah-buahan dalam bentuk mini seperti apel, strawberry, pir, pisang dan lain sebagainya, digunting satu persatu, lalu saya juga menambahkan mainan makanan plastik seperti kue, keju, es krim dan sebagainya. Jenis buah-buahan dan makanannya saya sesuaikan menurut buku cerita tersebut.

Untuk bermainnya sangat mudah sekali. Saya hanya menyiapkan beberapa alat bantu yang dapat memperkuat otot tangan dan jari si kecil dan melatih tangan untuk nantinya memegang pensil dan gunting dengan posisi yang benar, seperti : scissor scoop, dimana mereka bisa meraup biji-bijian dengan menggunakan alat ini, dan punch paper hole juga saya sediakan agar si kecil bisa melubangi buah-buahan kertas yang tadi saya buat, karena dalam ceritanya si caterpillar memakan satu persatu buah-buahan tersebut hingga berlubang.

Selain permainan tuang menuang dan melubangi, di sensory bin ini bisa juga bermain pura-pura (play pretend) yang dapat meningkatkan daya imajinasi si kecil. Bagimana Urban mama, cukup menarik bukan? Silakan mencoba!

14 Comments

  1. hananafajar
    hanana fajar October 2, 2014 at 8:25 am

    wah…menarik banget permainannya mba…bikin si kecil belajar juga yah..tfs mama fenny:)

  2. ninit
    ninit yunita October 2, 2014 at 10:42 am

    fenny!!! keren banget sihhh…
    suka banget liat alika yang seriuuus banget mukanya :D gemes!

    sensory bin-nya bagus banget!

  3. deravee03
    deravee03 October 2, 2014 at 1:16 pm

    Serunyaa… :) lengkap yaa aktivitasnya buat si kecil, dari mulai mengecat, menempel dan sgala kesibukan dg sensory binnya… Asik bgt :):)

  4. Mir
    Marlin October 2, 2014 at 3:37 pm

    bagus banget nih buat sensorial stimuli… thanks for sharing yaa :)

  5. fmasudah
    Fenny Masudah October 2, 2014 at 6:30 pm

    Thank you mommies hanana, deravee and merlin :D Mba ninit yah nih kalau lagi mengerjakan sesuatu yang disuka mukanya serius bibirnya sampai maju :P

  6. gabriella
    Gabriella Felicia October 2, 2014 at 6:49 pm

    Wah seru… buku ini memang favorit banget ya! Keren banget Fen! Ini kalau bikin di rumah pasti si Albert masih tetap suka deh…

  7. thalia
    thalia kamarga October 2, 2014 at 10:00 pm

    hihihi, lucu banget caterpillarnya… udah ketemu hole puncher yang cukup empuk utk alika?

  8. siska.knoch
    Siska Knoch October 2, 2014 at 10:02 pm

    Serunya si non kecil main sensory bin. selalu suka sama sensori-bin2 bikinan mama Fenny :)
    oia miguel juga suka buku ini sama seri satunya lagi yang brown bear dari eric carle juga!
    Tfs mbak fenny, ga sabar baca artikel lainnya hihi *cyubit gemesh alika*

  9. iprytz
    Pryta Aditama October 2, 2014 at 10:46 pm

    aaaahh.. lucu banget sensory bin-nya Fenny..!! :D
    Alika serius banget mukanya gemesin deh.. :*

  10. fmasudah
    Fenny Masudah October 3, 2014 at 5:18 am

    Mba ela, thank you yah, Mba thalia: ini yg lama mba masih belum ketemu, ini dia berusaha setengah mati buat bolongin :P, mba siska thank you, aku juga suka sama sensory bin buatanmu, yah brown bear juga bagus tuh hmmm dibikin sensorynya kali yah :P. Mba pryta thank you, ya ini anak kalau mengerjakan sesuatu pasti serius bibirnya sampai maju :D

  11. sLesTa
    shinta lestari October 3, 2014 at 10:25 am

    lucuuu bangeeettt!! alika is soo cute, serius banget bikinnya.

  12. cindy
    cindy vania October 3, 2014 at 8:58 pm

    aaah keren banget ini sensory-bin nya..
    alika serius banget itu pas ngecat :D

  13. sallynatanegara
    sallynatanegara October 9, 2014 at 10:04 pm

    aaaah selalu kelupaan abis beli telur pasti langsung dibuang.. alika serius amaaat siiihhh :)))

  14. fmasudah
    Fenny Masudah October 19, 2014 at 12:46 pm

    Mba shinta and cindy and sally ahahh iya ini anak selalu serius nih kalau kerjain sesuatu :P

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.