Tip Tetap Fit dan Fashionable dari Juri Fit for Fashion

Belum lama ini saya bertemu dan berbincang-bincang dengan para juri acara reality show buatan Imagine Group yang bekerjasama dengan Fitness First berjudul "Fit for Fashion". Mereka adalah Louise Roe, Mitch Chilson, dan Todd Anthony Tyler. Dalam kesempatan tersebut saya mendapatkan banyak masukan yang sangat berguna bagi para mama, mulai dari masalah fitness, fashion, sampai fotografi. Lengkap!

[caption id="attachment_112013" align="aligncenter" width="347" caption="Mitch, Louise, dan Todd"][/caption]

Tips fitness dari Mitch

1. Kemauan keras


Meski pun sebagai seorang ibu kita sangat sibuk dengan segala urusan mulai dari urusan anak-anak, urusan rumah tangga, sampai pekerjaan, namun tidak ada alasan untuk pasrah dan berkata bahwa kita tidak punya waktu untuk berolahraga. Tidak ada alasan untuk memilih donat dan makanan tak sehat lainnya untuk dimakan. Saat ingin makan sepotong donat, pikirkan kembali, inikah yang benar-benar kita inginkan? jika kemauan kita untuk menurunkan berat badan dan hidup sehat lebih kuat, harusnya tidak terlalu sulit untuk tidak memakan donat tersebut.


2. Luangkan waktu

Berolahraga untuk menurunkan berat badan tidak bisa disambi. Misalnya kita berpikir, "Ah nanti saja olahraganya saat nonton tv. Saya akan nonton serial favorit sambil plank." Tidak bisa dan tidak akan berhasil. Kita harus benar-benar menyediakan waktu khusus untuk berolahraga. Mungkin kita bisa menitipkan anak pada suami saat ia sudah pulang kerja, atau titip anak-anak pada nenek kakeknya juga mbaknya barang satu dua jam agar kita bisa berolahraga dengan serius.


3. Perbanyak protein, sayur, dan buah


Misalnya jika kita makan siang berupa nasi, ayam, bakwan, dan sayur, Mitch menyarankan untuk mengurangi karbohidrat, misalnya dengan menyisihkan setengah porsi nasi (atau bahkan lebih banyak lagi jika kuat), 'membuang' bakwan dan menambah sayuran serta buah ke dalam menu tersebut. Lakukan hal yang sama untuk makan malam.


4. Latihan yang efektif

Karena sebagai ibu waktu kita terbatas, sebaiknya pilih latihan yang efektif misalnya High Intensity Interval Training (HIIT) yang akan meningkatkan metabolisme serta pembakaran lemak tubuh bahkan setelah selesai berolahraga. Latihan ini juga melatih memori otot atau muscle memory.

[caption id="attachment_112014" align="aligncenter" width="372" caption="berfoto usai latihan"][/caption]


Saya sempat mencoba sendiri latihan HIIT bersama Mitch. Hanya dalam waktu tidak lebih dari 30 menit, saya harus melakukan banyak gerakan yang benar-menar membuat seluruh tubuh saya bergerak, sekali lagi seluruh tubuh, bukan hanya bagian-bagian tertentu, mulai dari squat jump, TRX, push ups, planks, kettle bell, dan seterusnya. Wow, keringat bercucuran, badan sakit-sakit, tapi rasanya ingin mengulang lagi keesokan harinya.


Tips fashion dari Lousie 

Berikut beberapa masukan dari Louise Roe yang penting untuk diingat oleh para mama.


1. Pakai baju pas badan


Menurut Louise, pakaian yang pas badan tetap lebih baik daripada yang longgar. Jika niatnya ingin menutupi tubuh yang kelebihan berat badan, pakaian longgar bukan solusinya. Tetap pakai baju yang pas badan (bukan ketat ya) untuk memberi kesan lebih langsing.


Ia memberi contoh Kim Kardashian yang sering memakai baju pas badan saat hamil dan kelihatan sangat cantik dan menarik.

[caption id="attachment_111801" align="aligncenter" width="333" caption="sumber cosmopolitan.com"][/caption]

2. Percaya diri


Mungkin kedengarannya sedikit basi, tapi memang begitulah adanya. Sebagai wanita, dalam konteks ini sebagai seorang mama, kita harus percaya diri, apa pun bentuk tubuh kita saat ini. Karena saat kita percaya diri, kita pun akan menularkan hal yang sama kepada keluarga khususnya anak-anak.


3. Bereksplorasi dengan pakaian tertutup


Yup, ini tips penting. Mungkin karena Louise tahu yang bertanya adalah orang Asia yang pasti agak menghindari pakaian terbuka apalagi saat sudah berstatus mama. Louise menambahkan bahwa bergaya fashionable juga sangat keren dengan baju-baju yang tidak menunjukan belahan dada. Baju-baju tertutup seperti tunik, kemeja, rok panjang, dan seterusnya bisa menjadi pilihan para mama dalam bergaya.


Menurut Louise, contoh figur publik yang keren dengan gaya ini adalah Olivia Palermo yang sering menggunakan baju tertutup dan selalu tampil stunning.

[caption id="attachment_111802" align="aligncenter" width="333" caption="sumber glamourmagazine.co.uk"][/caption]

4. Bermain dengan bahan, warna, dan motif


Beranilah bereksplorasi lewat bahan dan warna serta motif. Jangan selalu terpaku pada satu bahan, warna yang mirip-mirip saja, dan motif yang 'aman'. Sesekali pakailah bahan yang tidak biasa, warna-warni cerah serta baju bermotif. Toh, saat kita merasa tidak cocok, kita tinggal melepasnya, "you are not marrying them" ujarnya sambil tertawa. Intinya kita sudah berani mencoba sehingga kita juga akan punya lebih banyak referensi gaya berpakaian.

[caption id="attachment_111803" align="aligncenter" width="400" caption="louiseroe.com"][/caption]

Tips fotografi dari Todd



Todd menyampaikan beberapa tips sederhana yang mudah diaplikasikan oleh kebanyakan mama tentunya. Inilah ringkasannya.

1. Cahaya


Sebaiknya cahaya yang dipakai adalah cahaya yang datang dari arah depan. Ini adalah cahaya yang aman untuk kita gunakan saat mengambil foto, kecuali jika kita professional dan hendak menggunakan lighting yang serius.


 2. Postur


Ingatlah untuk selalu tampil dengan postur tubuh yang baik saat difoto. Kalau menurut saya pribadi, postur yang baik adalah yang tegak, meski pun dalam keadaan sedang duduk, perut ditahan, dan senyum.


 3. Warna


Jangan segan untuk bermain dengan warna. Memakai pakaian berwarna cerah saat difoto pasti akan menghasilkan foto yang bagus dan menarik.


 4. Kamera


Karena pertanyaan saya saat itu spesifik untuk saya, yang mama blogger, dan senang mengambil gambar keseharian saya, anak-anak dan lainnya, maka yang disarankan Todd adalah ponsel dengan kamera yang bagus, yang memudahkan saya untuk mengambil foto tanpa ribet. Maklum, namanya mama-mama kan kalau jalan-jalan repot, bawaannya banyak, momennya juga jarang bisa diulang.

***


Nah bagaimana urban mama? Semoga tip-tip di atas bisa berguna bagi kita semua.

9 Comments

  1. avatar
    Retno Aini December 7, 2015 5:57 am

    Zataaa keren n seger banget sih xD gue mikirnya sama kyk bundaWiwit, aku pengen bisa keliatan fashinable jugaaa huhu. Musti belajar pede juga nih. Tfs ya Zata buat tipsnya... yg tentang postur buat difoto itu, postur dibenerin & tahu angle mana yg bagus tnyata ngefek bgt ya!

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Mama Windy December 3, 2015 9:39 am

    wowww.. seger sekali dirimu, mom Zata.... :)
    inspiring article deh,.. bikin pengen rajin latihan lagi,.. bikin pengen explore lebih dalam soal fashion dan fotografi.. :) Thanks for such an inspiring article, ya...

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    WiwiT December 2, 2015 7:55 am

    wah, gara-gara baca ini aku jadi mikir. Kenapa aku gak pernah bisa kelihatan fashionable?! ya iyalah.. pake baju kedodoran mulu *tutup muka malu* Terima kasih banyak ya kakak zata untuk tips-tipsnya. Semoga bisa kelihatan makin heitzzz ^_^v

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    zata ligouw December 1, 2015 11:02 am

    sama-samaaa evaws *kiss*

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Eva Winette November 30, 2015 11:01 am

    waaahhh..kereeen mba zata. TQ banget sudah sharing info lengkap ini. Semangat untuk olahraga!! dan ikutan mama Honey browsing juga hihihi

    1. avatar

      As .