Tips Belajar Berpuasa

Fiona Esmeralda Health blogger. Penerjemah. Penulis buku "Puberty, What Doctors Want Parents to Know". Penggiat sesi kesehatan untuk anak dan remaja. Ibu tiga putri.

Ikuti: Instagram dan Twitter

Anak-anak sebaiknya mulai belajar berpuasa sedini mungkin. Saya mulai dengan memperkenalkan konsep puasa sebagai ibadah wajib kepada anak-anak. Selain itu, saya juga bercerita tentang pahala dan kegembiraan orang berpuasa.

Kebetulan Salma dan Yasmin bersekolah di sekolah Islam, jadi sejak PG dan TK mereka sudah dianjurkan untuk tidak membawa bekal sekolah selama bulan Ramadhan. Anak-anak masih sarapan di rumah seperti biasa, tetapi setidaknya ada suasana berpuasa selama 2-3 jam berada di sekolah. I think it is a good start. Biasanya saya membawa bekal roti atau kue saat menjemput mereka di sekolah, sehingga mereka bisa langsung makan di mobil dalam perjalanan pulang.

Seiring berjalannya waktu, anak-anak pun makin bertambah panjang jam puasanya. Tantangan terbesar saya adalah untuk membangunkan mereka saat makan sahur. Anak-anak sering masih mengantuk dan hanya makan sedikit. Biasanya saya akhirnya menyuapi mereka sekitar waktu subuh atau setidaknya lebih pagi dari jadwal sarapan biasa, agar mereka merasakan suasana sahur.

Sekitar pukul lima sore biasanya kami sudah mempersiapkan makanan untuk berbuka puasa. Kadang kami mencari makanan berbuka di dekat rumah, atau memasak hidangan berbuka yang sederhana seperti bakwan sayur atau martabak telur. Anak-anak ikut menyiapkan meja makan lengkap dengan piring dan peralatan makan untuk semua anggota keluarga. Bagi mereka kegiatan ini sangat menyenangkan. Saya mengizinkan mereka untuk memesan makanan favorit kalau sudah bisa berpuasa penuh hingga waktu berbuka.

Alhamdulillah, anak sulung saya, Salma (10 tahun) sudah mulai berpuasa penuh sejak kelas dua SD. Sementara Yasmin (7 tahun) tahun lalu sudah bisa berpuasa sampai sekitar pukul 5 sore, biasanya saya izinkan minum sedikit. Rencananya tahun ini Yasmin akan belajar berpuasa penuh sampai maghrib. Sementara Rana (3 tahun) baru mulai diperkenalkan dengan konsep puasa. Selain berpuasa, anak-anak sebaiknya juga diperkenalkan dengan suasana dan ritual Ramadhan yang lain seperti mempersiapkan makanan untuk berbuka puasa, bersedekah kepada sesama, mengikuti acara buka puasa bersama keluarga besar dan teman, serta sholat tarawih. Tujuannya agar berpuasa pada bulan Ramadhan menjadi hal yang dinanti-nantikan setiap tahun oleh anak-anak.

Menyambut bulan Ramadhan tahun ini, urban mama bisa mengunduh e-book yang berisikan tips belajar berpuasa bagi anak-anak. Silakan klik di sini ya. Semoga berguna!

3 Comments

  1. avatar
    Musdalifa Anas May 30, 2017 9:01 am

    terima kasih ebook nya mama Fiona, berguna sekali. Saat ini anak kedua saya (4tahun) lagi belajar konsep berpuasa juga, kalau ditanya yoona puasa, pasti dijawab iya. Padahal setelah itu minum susu lagi :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    dieta hadi May 29, 2017 10:54 am

    makasih informasi nya ya mom dan juga link e-booknya, berguna nih buat kids 2 nanti

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    ninit yunita May 29, 2017 9:59 am

    wah terima kasih untuk e-booknya yaaa mama fiona :) bermanfaat sekali.

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.