To Be The Coolest Parent

Sejujurnya sudah beberapa tahun terakhir saya tidak menulis resolusi tahun baru saat pergantian tahun. Tetapi tahun ini, saya ingin go public dengan resolusi tahun 2014 saya yaitu... to be the coolest parents.


Saya ingat obrolan saya dengan salah satu teman lari, namanya Mas Ilya. Mas Ilya rajin olahraga, termasuk lari. Sama seperti saya, Mas Ilya adalah orangtua dari 2 anak. Kalau cerita-cerita kenapa lari dan olahraga, salah satu jawabannya adalah supaya jadi orangtua paling keren.



We're not getting any younger dan tentunya anak-anak saya, Alde dan Arza, tumbuh semakin besar. Kadang-kadang sering ada perasaan, wah Aldebaran sudah besar sampai-sampai sekarang saya cukup kerepotan kalau harus menggendong ke kamarnya kalau dia tertidur di kamar saya.


Aldebaran sekarang berumur 7 tahun, kelas 2 SD. Saya sering jalan-jalan berdua Alde dan tidak jarang beberapa orang sering tersenyum pada Alde dan memberikan pujian kalau Alde anak yang ganteng.


"Terima kasih, alhamdulillah... Tapi aku juga bisa berenang."


Biasanya itu yang suka Alde katakan ketika ada yang memberikannya pujian.


Beberapa kejadian itu jadi membuat saya jadi agak-agak terbawa ke masa depan. Kalau Aldebaran sudah berumur 17 atau 20 tahun dan berjalan bersama saya, akan seperti apa saya? Apakah fisik saya masih seperti ini atau lebar badan sudah dua kali lebih besar dari sekarang?



Saya ingin terlihat menarik, secara fisik. Ingin fit. Ingin ramping dan toned. Saya ingin ketika Aldebaran dan Arzachel sudah besar, saya masih bisa bermain bersama mereka. Ingin berenang bersama mereka, ingin main basket bersama mereka, ingin lari bersama mereka... sementara orangtua lain mungkin hanya duduk-duduk saja di pinggir lapangan. Menonton.


Untuk menjadi orangtua yang keren tentunya tidak bisa dalam sehari. Saya harus rajin dan disiplin berolahraga. Ya, saya akui terkadang jadwal kegiatan lain membuat semangat untuk workout sedikit menurun. Sangat wajar kok. Tetapi kita harus pintar mencari variasi agar tidak bosan. Seperti saat ini, saya mengimbangi lari dengan yoga (great for stretching!) dan muay thai di Fitness First dengan personal trainer saya, mas Andreas Susilo.


Meski baru beberapa bulan ngegym di Fitness First mengikuti #FFletsgetpersonal, saya sudah mendapat pujian dari suami. Katanya lengan saya jadi 'sterek' alias toned :) Tidak sia-sia hasil speed boxing dan angkat beban di gym. Dan tentunya Alde dan Arza juga selalu senang kalau melihat foto-foto sesi latihan saya, "Wow! Mama keren banget bisa nendang dan pake boxing glove!"



Melihat saya yang rajin ngegym membuat anak-anak saya juga makin semangat berolahraga. Yes, pilihan kita sebagai orangtua untuk memberikan contoh sebagai nasihat yang kita praktikkan langsung.


Walk the talk.

13 Comments

  1. avatar
    Enji Magetsari April 14, 2014 6:21 pm

    Niniiitt, keren banget siik, jadi malu nih sama lemak2 di perut..seperti biasa thank you ya, tulisannya inspiratif sekali, aku juga mau jadi ibu keren n sehat kyk mama ninitt..

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    musdalifa anas April 11, 2014 10:30 am

    thanks teteh artikelnya, beberapa bulan ini lagi kena penyakit males olahraga, baca artikel ini jadi tersentil juga. Baiklah mulai hari minggu besok mulai rajin ikut SMR bareng geng Bogor.

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Gabriella F April 10, 2014 7:16 pm

    Thanks Nit, udah diingetin... sekarang udah mulai rutin olahraga, dan mulai merasa kalau lebih banyak bergerak tuh rasanya lebih segar ketimbang lebih banyak duduk... semoga bisa konsisten nih...

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Alvi Jane April 10, 2014 8:59 am

    Terima kasih teh Ninit atas sharingnya. Jadi mau makin giat olahrga nih. Alhamdulillah sudah 1 bulan terakhir aku ikut fitness di gedung kantorku. Kebetulan ada program wellness di kantor, yang memberikan kesempatan buat pekerja untuk ikut fitness dimana saja dan akan dibayarin kantor jika minimal latihan dalam 1 bulan mencapai 4x. biar gratis terus aku jadi makin giat nih masuk gym sebulan ini (gak mau rugi hehehe....). Memang gak seserius teh Ninit dengan personal trainer segala. Tapi setidaknya mencoba untuk konsisten seminggu sekali harus masuk gym untuk sekedar treadmill dan bike exercise. Alhamdulillah ada kelas yoga pagi, jadi sebelum kerja, dibela-belain yoga dulu. Badan terasa ketarik-tarik tapi enak kok. Yang tadinya gampang capek dan keram, sekarang udah mulai berasa lebih enteng badanku. Udah gitu pengen bisa menjaga badan yg uda mulai gemuk, takut nanti kebablasan makin bengkak. Dan sharing teh Ninit juga ngebantu aku supaya inget ada anak yg masih butuh perhatianku. Apalagi anakku termausk anak yg aktif, senang lari-larian dan lompat sana sini dan koprol segala hahaha.... Udah mulai berasa ngos-ngosan nih ngejar dia sekarang, padahal baru 2 tahun umurnya. We're not getting any younger, true. But our kids will keep on growing. Ayo para mamas, jangan malas olahraga ya..... Demi anak-anak juga loh hasilnya.

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    hanana fajar April 10, 2014 8:24 am

    ahhhh teh niniiit kereeen abisss!!!
    semangattttt nih buat mamak2 kaya kita spy jaga kshatan trutama olahraga:)

    1. avatar

      As .