Ultah Pertama Nathan

DinaTania

Pada bulan Juni lalu, kami merayakan ulang tahun pertama Nathaniel. Ternyata mempersiapkan ulang tahun anak itu repot ya, tapi terbayar dengan seru dan puasnya. Karena background saya sebagai desainer grafis jadi saya mempersiapkan sendiri seluruh perlengkapan pesta ulang tahun Nathan.

Persiapannya berlangsung selama 2 bulan. Temanya: Colorful Alphabet. Sengaja saya pilih itu supaya unik dan memang saya tidak pilih karakter kartun tertentu karena Nathan belum punya karakter favorit dan dia belum suka nonton TV. Tema ini berusaha saya aplikasikan pada setiap elemen pesta, mulai dari dekorasi sampai games.

Acaranya diadakan pukul sempat sore di sebuah aula Tempat Kebugaran di dekat rumah. Undangannya sekitar 60 orang yang terdiri dari keluarga, tetangga, saudara, dan teman gereja.

Perlengkapan pesta yang saya rancang sendiri berupa:

  • undangan
  • flag banner
  • party hat (ada space di mana tamu bisa menuliskan 1 huruf initial namanya)
  • label gelas koktail (es buah campur jelly Alphabet)
  • topper
  • souvenir/goodie bag (berupa toolbox yang diisi alat tulis anak, saya kurang suka goodie bag yang isinya snack untuk anak karena kurang sehat dan makanan tidak tahan disimpan lama)
  • konsumsi untuk anak (bento Nasi Kuning bentuk kepiting & kura-kura. Unsur alfabetnya dari Nugget seri Alphabet)
  • dekorasi kaca (dari tempelan karpet puzzle Alphabet yang dicopot-copot hurufnya dan ditempel ke kaca, nantinya ini menjadi unsur salah satu games).
  • Video Clip Nathan umur 0 – 12 bulan.
  • Kaos family dengan tulisan “Daddy R”, “Mommy D”, “Little N”
  • Konsep Games

Undangan

Asyik ikutin gerakan kakak-kakak MC

2 MC - kak Vita & kak Hana

Bento box for kids

Untuk dekorasi balon, saya  beruntung sekali dibantu oleh teman gereja yang pendekor balon yang cukup profesional. MC-nya adalah dua teman gereja yang biasa menjadi guru Sekolah Minggu. Mereka yang berjasa banget menghidupkan suasana dan bikin anak-anak riang gembira. Anak-anak itu ternyata senang banget diajak nyanyi-nyanyi pakai gaya, bahkan yang pemalu pun diam-diam ikutan gerakannya dari tempat duduknya.

Kuenya bukan desain saya, namun saya cari referensi yang colorful dengan elemen yang simpel: bulat, garis, dan nama.

Games lepas tempel huruf

Games yang sudah saya rancang sebelumnya sebenarnya cukup seru dan pasti anak-anak senang, totalnya ada 4 macam games, termasuk Racing. Tapi sayang hanya sempat dimainkan 2 macam, karena acara dimulai terlambat 1 jam. Ini adalah pelajaran berharga yang bisa saya petik. Sedapat mungkin jangan sampai acara pesta anak itu terlambat, karena kalau telat, anak-anak mulai lapar dan cranky, lalu ada yang minta pulang lebih dulu sebelum acara selesai. Orangtua dan pengasuh yang mengantar pun bisa bosan. Ini membuat acara berjalan kurang mulus.

Selain itu ada hal lain yang sedikit saya sesalkan, ada adegan-adegan bagus yang tidak sempat terekam oleh kamera dan handycam. Ini menjadi pelajaran, untuk benar-benar memilih orang yang bisa diandalkan untuk bertanggung jawab dalam hal dokumentasi.

Tapi secara umum saya cukup puas dapat berbagi kebahagiaan dengan keluarga dan teman. Apalagi tanggapan para tamu cukup positif. Anak-anak cukup senang, bahkan ada yang katanya sampai rumah topi pestanya ngga mau dicopot sambil terus nyanyi “Happy Birthday, Nathan..”.

Semoga ini bisa menginpirasi Urban Mama lainnya dalam mempersiapkan pesta ultah Buah Hati yang cuma setahun sekali.

4 Comments

  1. Umah Nunki
    Nunki Herwanti August 4, 2013 at 3:10 am

    Happy birthday Nathan!!
    Nathan dan teman-temannya pasti senang..
    Undangannya kreatif banget Mba Dina Tania, hebat ya masih sempet bikin2 sendiri..
    beberapa catatan dibawah artikel saya catat dengan baik untuk pesta ultah kk dan adik nanti.
    Thanks for sharing mba :)

  2. ZataLigouw
    Zata Ligouw August 4, 2013 at 8:37 am

    Keren bgt ultahnya Nathan! Dina kreatif bgt ya..salut deh..so inspiring..

  3. cindy
    cindy vania August 4, 2013 at 12:30 pm

    waaah,keren banget ulang tahun nya Nathan!! happy birthday ya :D

  4. DinaTania
    Dina Tania August 5, 2013 at 4:44 pm

    Terima kasih atas pujiannya :) semoga memberi inspirasi. Kalau ada yg mau dibantu untuk persiapan ultah anaknya boleh kok :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.