Variasi Aktivitas Menggambar dan Mewarnai

fmasudah
Fenny Masudah She is a full time stay-a-home mom who loves cooking Indonesian food, fashion, and making activities and DIY toys for her little daughter Alika. She is blessed to have a supportive husband Ramanda. Currently live in Melbourne, Australia.

Kegiatan menggambar, mewarnai serta melukis paling sering dilakukan oleh putri saya Alika. Hampir setiap hari Alika selalu meminta aktivitas ini. Media yang dipakai untuk menggambar juga berbeda-beda, dari yang paling sederhana seperti pensil warna sampai dengan menggunakan busa pencuci piring. Sengaja saya biarkan Alika melakukan aktivitas menggambar atau mewarnai dengan sendirinya karena dengan begitu imajinasi dan kreativitasnya bisa terasah dan bagus juga untuk meningkatkan keahliannya memegang alat tulis (pre-writing skills) sejak dini. Di sini saya ingin berbagi beberapa ide kegiatan mewarnai dan menggambar yang biasa Alika kerjakan di rumah:

1.    Stencil Painting
Kegiatan ini adalah mewarnai menggunakan cetakan yang terbuat dari guntingan karton (cardboard). Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk aktivitas ini adalah:

  • cardboard atau karton bekas
  • knife art atau cutter dengan mata pisau runcing dan langsing
  • gunting
  • busa (sponge) pencuci piring
  • cat poster
  • kertas warna putih

Cara membuatnya pertama-tama adalah buat sketsa gambar apa saja yang disukai, misalnya teddy bear, seukuran kartu pos atau tergantung kebutuhan. Potong hati-hati menggunakan cutter mengikuti bentuk gambar tersebut. Setelah potongan gambar digunting rapi, kita bisa langsung menempelkan cetakan ini ke kertas putih atau bisa juga memakai masking tape apabila diperlukan agar cetakan tetap di tempatnya. Si kecil bisa mulai mewarnai dengan mencelupkan busa pencuci piring yang telah dipotong persegi kecil ke cat poster. Manfaat kegiatan ini selain bisa melatih awal kegiatan menulis huruf juga bagus untuk koordinasi mata dan tangan mereka.

2.    Negative Painting
Kegiatan ini berupa mewarnai dengan menggunakan objek yang ditempelkan atau direkatkan ke kertas. Objek yang digunakan bisa berbagai macam, di sini saya menggunakan daun kering, dan foam dengan berbagai macam bentuk binatang dan bangun datar (shapes).

Alika membuat dua macam objek yang ditempelkan dengan masking tape dan lem biasa, hasilnya ternyata lebih bagus menggunakan lem.  Kegiatan ini sangat mudah dan menarik, karena si kecil bisa bebas mewarnai dengan cat poster, finger paints atau crayon di bagian yang tidak tertempel oleh objek-objek. Apabila si kecil menggunakan cat untuk mewarnai, keringkan hasil gambarnya terlebih dahulu setelah itu baru lepaskan perlahan-lahan dari kertas. Gambar yang tidak terkena cat akan membentuk sesuai dengan objek yang ditempel.

3.    Batik painting
Kegiatan batik painting ini mengkombinasikan mewarnai dengan cat dan crayon. Pertama biarkan si kecil menggambar bebas dengan crayon di kertas putih, lalu kertas yang telah digambari crayon diremas-remas hingga membentuk bola-bola. Setelah itu buka kembali dengan hati-hati agar tidak sobek; urban mama bisa membantunya dalam proses ini, kalau Alika memaksa ingin membuka sendiri.

Kertas yang telah diremas tadi membentuk motif-motif seperti mosaik. Selanjutnya biarkan si kecil kembali mewarnai seluruh bagian kertas tersebut dengan cat poster atau cat yang tersedia di rumah. Setelah selesai mewarnai, biarkanlah catnya mengering. Hasil mewarnai akan terlihat setelah cat mengering, agar lebih terlihat bisa juga kertasnya disetrika (lapisi lukisan dengan sehelai kertas) setelah catnya kering semua untuk meluruskan kertas yang sebelumnya lecek.

Hasilnya sungguh indah menyerupai lurik-lurik batik. Kegiatan ini membantu motorik kasar pada si kecil yaitu ketika mereka meremas kertas hingga membentuk bola-bola.

4.    Bottle cap stamping
Kegiatan menggambar ini prinsipnya sama dengan menggunakan cap, tetapi di sini cap yang digunakan bukan berasal dari toko mainan melainkan saya khusus membuatnya sendiri dengan bahan yang tersedia di rumah. Bahan apa saja yang diperlukan? Cukup mudah, saya menggunakan tutup botol plastik minuman dan sticker foam bergambar. Apabila tidak ada sticker foam, urban mama bisa menggunakan busa foam biasa yang digambari bentuk objek sesuai keinginan atau kesukaan si kecil, kemudian foamnya digunting dan direkatkan pada tutup botol. Setelah itu siapkan cat poster warna-warni dalam wadah plastik, lalu si kecil bisa langsung mulai bermain dengan cap buatan sendiri ini.  Murah meriah, si kecil pun senang dan bertambah pintar. Kalau Alika suka mengecap sambil bercerita.

Bagaimana urban mama, kegiatan mewarnai dan menggambar di atas cukup mudah bukan untuk dipersiapkan? Selamat mencoba!

17 Comments

  1. gabriella
    Gabriella Felicia February 5, 2015 at 8:33 am

    Seru-seru banget aktivitas main catnya Alika! Pasti beberapa tetap seru deh buat Albert. TFS ya Fen!

  2. hananafajar
    hanana fajar February 5, 2015 at 9:19 am

    asik bangett aktivitas Alika…seru nih buat dicoba..
    Thank you mba fenny:)

  3. adelina
    Adelina February 5, 2015 at 1:15 pm

    Makasih inspirasinya mbak, mau coba di rumah :)

  4. dessy danggraini
    Dessy February 5, 2015 at 3:09 pm

    seru banget.. ternyata mewarnai pun ada banyak variasinya yaa.. Selama ini liat di Ignya Mba Fenny pun penuh dengan kegiatan alika yg seru2 dan menginspirasi ya. thanks for share mba. :)

  5. netta
    netta February 5, 2015 at 4:22 pm

    keren2 idenya, kapan2 mesti nyobain nih di rumah :)

  6. Kira Kara
    Bunda Wiwit February 5, 2015 at 7:55 pm

    waaa… keren sekali idenya mbak. Pasti anak-anak suka yaa… apalagi maen sama warna. Seruuu.. Mau ikut nyobain ah! TFS mbak Fenny

  7. cindy
    cindy vania February 5, 2015 at 8:54 pm

    selalu suka deh liat kegiatan Alika dan mbak Fenny.
    Aku ikut nyobain juga ya mbak :D

  8. fmasudah
    Fenny Masudah February 6, 2015 at 9:09 am

    Wah senang banget artikel ku dimuat di urban mama, terima kasih sekali dengan ibu2 semua salam kenal kalau yang belum kenal dari aku dan alika, semoga sharing nya bermanfaat yah untuk anak2nya, senang sekali bisa berbagi pengalaman. Wah tersanjung nih mba dessy mau main ke ig ku terima kasih yah

  9. fmasudah
    Fenny Masudah February 6, 2015 at 9:10 am

    Bunda wiwiet permainana yg berkaitan dengan warna memang menarik perhatian anak, apalagi anak perempuan seperti anakku pakai tambahan glitters

  10. ZataLigouw
    Zata Ligouw February 6, 2015 at 4:35 pm

    ahh keren deh mamanya Alika ini, mau ah praktekin buat Sabil nanti..

  11. eka
    Eka Wulandari Gobel February 7, 2015 at 8:13 pm

    seru deh fenny aktivitas bareng anaknya. di sini enzo Dante juga seneng banget tuh kalo udah main2 cat air. toss sama alika!

  12. thelilsoldier
    inga February 10, 2015 at 9:20 am

    Wah seru banget Fenny. Mau dicobain juga. Banyak banget yang mau dicobain :)

  13. Ummu Alfathoni
    Ummu Alfathoni February 10, 2015 at 12:14 pm

    Hallo mom, terima kasih sharingnya… kreatif sekali mom idenya… ^-^

  14. aniwul
    Anita Wulandari February 12, 2015 at 1:40 pm

    Halo mom, tfs ya, seru sekali idenya, mudah2an bs saya coba bersama si kaka =)

  15. fmasudah
    Fenny Masudah February 13, 2015 at 6:06 pm

    Wah senang sekali mendapat respon yang positif dari mba zata, mba inga, ummu alfathoni dan mba anita. Terima kasih yah dan selamat mencoba dengan si kecil :) Mba eka toss juga ahh samaan nih kesukaannya :P

  16. ipeh
    Musdalifa Anas February 14, 2015 at 7:04 am

    Favourite. Tfs Fen, pengen deh jadi Alika :)

  17. adhisti
    adhisti March 10, 2015 at 3:05 pm

    keren banget mbak idenya. pas banget sama anak saya yang lagi bosen ngelukis karena cuma pakai cat air dan jari saja. makasi mbak, segera dicoba nih :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.