Wedang Cemue

Sidta

Minuman hangat ini dibuat dalam rangka kangen dengan Ngawi, kota kelahiran saya, suami, dan Asa. Cemue biasa disajikan saat berbuka puasa atau di musim hujan. Waktu kecil dulu, banyak warung yang menjualnya. Namun kini semakin sulit ditemui.

Ketika iseng mencari resep yang pas di internet, saya menemukan beberapa minuman serupa. Tapi rasanya sangat berbeda dengan cemue ala Ngawi. Resep yang saya temui kebanyakan menggunakan gula merah dan tambahan kolang kaling atau kelapa muda, sedangkan cemue Ngawi menggunakan gula pasir dan bawang goreng.

Yuk, dicoba.

Bahan :

  • 3 lembar roti tawar, potong kotak kecil
  • 3 cangkir air putih
  • 1 cangkir santan kental
  • 3 sdm gula pasir
  • jahe sebesar ibu jari tangan, dikeprek
  • sejumput garam
  • daun pandan, remas-remas, ikat

Untuk taburan :

  • bawang merah goreng
  • kacang tanah kupas yang digoreng, bisa juga menggunakan kacang bawang atau kacang kulit kemasan yang dikupas hingga ke kulit tipisnya.

Cara Membuat :

  1. Rebus air dengan gula, garam, jahe, dan daun pandan. Gunakan api kecil. Aduk hingga gula larut
  2. Tambahkan santan, aduk agar tidak pecah, didihkan, matikan api
  3. Tuang kuah santan ke gelas saji, beri irisan roti secukupnya, taburi bawang goreng dan kacang, sajikan hangat.

Jangan ragu dengan perpaduan santan dan bawang goreng ya, Ma. Justru itu letak keunikan dan nikmatnya minuman ini. Semoga bisa menjadi alternatif menu buka puasa, selamat mencoba.

15 Comments

  1. ninit
    ninit yunita August 10, 2012 at 4:14 am

    waaah jadi penasaran pengen nyoba cemue khas ngawi ini.
    thanks sit… btw fotonya baguuus!

    1. Sidta
      Dian Arsita Kurniawati August 10, 2012 at 12:33 pm

      bahagianyaa dibilang bagus sama teteh :D

  2. gabriella
    Gabriella Felicia August 10, 2012 at 6:24 am

    baru tahu ada minuman pakai bawang goreng… sama kayak ninit, jadi penasaran…

    1. Sidta
      Dian Arsita Kurniawati August 10, 2012 at 12:34 pm

      :D yuk cobain

  3. andiah
    Andiah Zahroh August 10, 2012 at 8:13 am

    hmmm… enaak. kayak wedang jahe nggak rasanya?
    tapi..masih ragu dengan bawang gorengnya :D

    1. Sidta
      Dian Arsita Kurniawati August 10, 2012 at 12:35 pm

      nggak ndi, kan jahenya dikit doang buat syarat aja. ngga pake juga ngga papa kok

  4. sLesTa
    shinta lestari August 10, 2012 at 10:00 am

    sama kayak ella, gue juga baru tau deh jenis minuman kayak gini, santan pake bawang goreng.. terdengar lucu ya, tapi itu jadi ciri khasnya.

    setuju ama ninit, fotonya keren bangeett!!

    1. Sidta
      Dian Arsita Kurniawati August 10, 2012 at 12:35 pm

      enak lho kaka shinta :D

  5. osi
    rosiana damaiyanti August 10, 2012 at 10:08 am

    pengen nyobaiiiin,penasaran sama rasa bawang goreng di minuman

    1. Sidta
      Dian Arsita Kurniawati August 10, 2012 at 12:36 pm

      yuk coba :D

  6. Kira Kara
    Bunda Wiwit August 10, 2012 at 11:59 am

    sidta,
    mantaaappp.. ini di deket rumah ibu saya di Ngawi masih ada yang jual lhooo..
    aiihh jadi gak sabar pengen mudik nih.. Mamas, Dijamin rasanya mantaappp!!!! :)
    (setuju, fotonya bagusss)

    1. Sidta
      Dian Arsita Kurniawati August 10, 2012 at 12:39 pm

      waktu nulis ini inget sama mba wiwid emang. di karangjati warungnya enak-enak yah :D

      1. Kira Kara
        Bunda Wiwit August 10, 2012 at 2:10 pm

        wah.. jadi terharu ada yg inget.. hehe.. buat saya warung2nya memorable.. mulai kripik tempe, cemue, lontong kecap, nasi pecel, rujak, gule, soto, buat saya rasanya selalu nagih.. gak ada di tempat lain yg punya cita rasa khas selain di Ngawi.. haha.. atau saya yg terlalu lebay yach?! Kalo mudik ke Padas, Yuk mampir ke karang jati.. :D

  7. dinda permata
    dinda permata sumantri August 10, 2012 at 2:03 pm

    nah lho, udah 3 tahun nikah sama orang Ngawi malah ga tau ada minuman ini… *melipir ke suami* makasih infonya, yukk ahh kita mudik ;D

  8. ibuaufa
    Gugik Rahayu January 29, 2013 at 10:20 am

    waaah sama niy di kediri dulu juga ada minuman hangat ini “cemue”, bedanya tidak pake bawang goreng, dan ada tambahan ketan putih nya…rasanya gurih ueeenaak tenan(tapi sekarang sudah ga ada yang jualan lg kayaknya :-( )

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.