Wedang Cemue

Minuman hangat ini dibuat dalam rangka kangen dengan Ngawi, kota kelahiran saya, suami, dan Asa. Cemue biasa disajikan saat berbuka puasa atau di musim hujan. Waktu kecil dulu, banyak warung yang menjualnya. Namun kini semakin sulit ditemui.

Ketika iseng mencari resep yang pas di internet, saya menemukan beberapa minuman serupa. Tapi rasanya sangat berbeda dengan cemue ala Ngawi. Resep yang saya temui kebanyakan menggunakan gula merah dan tambahan kolang kaling atau kelapa muda, sedangkan cemue Ngawi menggunakan gula pasir dan bawang goreng.

Yuk, dicoba.

Bahan :


  • 3 lembar roti tawar, potong kotak kecil

  • 3 cangkir air putih

  • 1 cangkir santan kental

  • 3 sdm gula pasir

  • jahe sebesar ibu jari tangan, dikeprek

  • sejumput garam

  • daun pandan, remas-remas, ikat


Untuk taburan :

  • bawang merah goreng

  • kacang tanah kupas yang digoreng, bisa juga menggunakan kacang bawang atau kacang kulit kemasan yang dikupas hingga ke kulit tipisnya.


Cara Membuat :

  1. Rebus air dengan gula, garam, jahe, dan daun pandan. Gunakan api kecil. Aduk hingga gula larut

  2. Tambahkan santan, aduk agar tidak pecah, didihkan, matikan api

  3. Tuang kuah santan ke gelas saji, beri irisan roti secukupnya, taburi bawang goreng dan kacang, sajikan hangat.


Jangan ragu dengan perpaduan santan dan bawang goreng ya, Ma. Justru itu letak keunikan dan nikmatnya minuman ini. Semoga bisa menjadi alternatif menu buka puasa, selamat mencoba.

15 Comments

  1. avatar
    Gugik Rahayu January 29, 2013 10:20 am

    waaah sama niy di kediri dulu juga ada minuman hangat ini "cemue", bedanya tidak pake bawang goreng, dan ada tambahan ketan putih nya...rasanya gurih ueeenaak tenan(tapi sekarang sudah ga ada yang jualan lg kayaknya :-( )

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    dinda August 10, 2012 2:03 pm

    nah lho, udah 3 tahun nikah sama orang Ngawi malah ga tau ada minuman ini... *melipir ke suami* makasih infonya, yukk ahh kita mudik ;D

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    WiwiT August 10, 2012 11:59 am

    sidta,
    mantaaappp.. ini di deket rumah ibu saya di Ngawi masih ada yang jual lhooo..
    aiihh jadi gak sabar pengen mudik nih.. Mamas, Dijamin rasanya mantaappp!!!! :)
    (setuju, fotonya bagusss)

    1. avatar
      sidta August 10, 2012 12:39 pm

      waktu nulis ini inget sama mba wiwid emang. di karangjati warungnya enak-enak yah :D

      1. avatar
        WiwiT August 10, 2012 2:10 pm

        wah.. jadi terharu ada yg inget.. hehe.. buat saya warung2nya memorable.. mulai kripik tempe, cemue, lontong kecap, nasi pecel, rujak, gule, soto, buat saya rasanya selalu nagih.. gak ada di tempat lain yg punya cita rasa khas selain di Ngawi.. haha.. atau saya yg terlalu lebay yach?! Kalo mudik ke Padas, Yuk mampir ke karang jati.. :D

      2. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    rosiana damaiyanti August 10, 2012 10:08 am

    pengen nyobaiiiin,penasaran sama rasa bawang goreng di minuman

    1. avatar
      sidta August 10, 2012 12:36 pm

      yuk coba :D

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  5. avatar
    shinta lestari August 10, 2012 10:00 am

    sama kayak ella, gue juga baru tau deh jenis minuman kayak gini, santan pake bawang goreng.. terdengar lucu ya, tapi itu jadi ciri khasnya.

    setuju ama ninit, fotonya keren bangeett!!

    1. avatar
      sidta August 10, 2012 12:35 pm

      enak lho kaka shinta :D

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.