Yuk! Kurangi Pemakaian Kantong Plastik

Kantong plastik pasti sudah sangat familiar dengan kehidupan Urban Mama Papa. Semua orang menggunakannya dan hampir setiap hari. Belanja ke supermarket? Swalayan? Tukang sayur? Mall? Sebagian besar hasil belanjaan dimasukkan ke dalam plastik dan diberikan secara cuma-cuma.

Bayangkan jika Urban Mama ke Swalayan membeli sayur, daging, susu, dan keperluan rumah
tangga lainnya. Dan setiap belanjaan tersebut dikemas dalam kantong plastik yang berbeda. Berapa banyak sampah plastik yang akan terbuang? Perlu kita ketahui, kantong plastik membawa dampak yang sangat buruk bagi lingkungan. Fungsi kantong plastik tidak sebesar dampak negatif yang diakibatkannya.

Kantong plastik baru bisa terurai antara 500 – 1000 tahun, sehingga jika tercecer di tanah akan merusak kesuburan tanah, menghambat peresapan air, menyebabkan banjir ketika menyumbat saluran saluran air. Jika dibakar, sampah plastik akan menghasilkan asap beracun yang berbahaya bagi kesehatan yaitu jika proses pembakaranya tidak sempurna, plastik akan mengurai di udara sebagai dioksin. Senyawa ini sangat berbahaya bila terhirup manusia.
Dampaknya antara lain memicu penyakit kanker, hepatitis, pembengkakan hati, gangguan sistem saraf dan memicu depresi.

Lalu apa yang dapat kita lakukan?

Mari kita kurangi pemakaian kantong plastik dan gunakan tas kain atau eco bag (tas ramah lingkungan) untuk setiap kali mama belanja sebagai pengganti kantong plastik. Kita sudah bisa menemui ecobag ini dimana aja, dengan desain dan warna yang menarik seperti ecobag yang saya miliki ini.

Saya membelinya di Family Matters. Eco bag bisa dilipat-lipat menjadi ukuran kecil sehingga memudahkan kita untuk membawanya kemana pun. Jadi, kalau kita berbelanja, tidak perlu lagi menggunakan kantong plastik. Saya sering menggunakan Neon Ecobag ini ke supermarket, gym atau aktivitas luar lainnya. Apalagi desainnya lucu dan warnanya 'gonjreng' yang jadi favorit saya.


Bagasi mobil saya yang berisi belanjaan dari supermarket. Praktis dengan menggunakan eco bag.

Yuk! Kurangi pemakaian kantong plastik mulai hari ini. :)

Related Tags : ,,

14 Comments

  1. avatar
    sri hadzriati October 12, 2012 2:24 pm

    Em... Em... Baru tau ada ecobag yg lucu ini... Hehe... Biasanya klo beli2 di tukang sayur ato tukang ikan, bawa wadah sendiri kayak baskom kecil ato baki :p.

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    WiwiT October 5, 2012 2:49 pm

    saya juga pakeeee... Pake kantong plastik di taruh di motor suka sobek. kalo pake ecobag di cantolin di motor aman deeehhh.. makanya suka banget belanja pake ecobag... :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Mohammad Syafiuddin October 4, 2012 6:28 am

    eco bag-nya keren euy designnya :)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Littledragon October 3, 2012 7:47 pm

    Wahh, nice sharing bgttt. Sy dl suka bawa ecobag tapi ujung2nya lupa , haizzz!! Gara2 belum biasa juga kali ya. Tas ecobagnya eyecatching bgtt, jd semangat buat mulai bawa ecobag tanpa lupa makainya, hihiii... yg bingung klo belanja bulanan di carefour nih, plg minta pake dus aja kali ya. :D

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Almaviva Landjanun October 3, 2012 2:23 pm

    seneng banget ih bacanya banyak yang suka :D Makasih TUM :*

    1. avatar

      As .