Yuk Main Sensory Bins!

fmasudah
Fenny Masudah She is a full time stay-a-home mom who loves cooking Indonesian food, fashion, and making activities and DIY toys for her little daughter Alika. She is blessed to have a supportive husband Ramanda. Currently live in Melbourne, Australia.

Kegiatan untuk merangsang atau mengembangkan motorik halus anak sudah dimulai sejak mereka berumur di bawah 1 tahun, antara lain dengan memperkenalkan rasa dari makanan, tekstur kasar dan halus dari mainan mereka, dan sebagainnya. Seiring perkembangan usia mereka, permainan untuk mengembangkan motorik halusnya semakin kompleks. Salah satunya adalah yang kita kenal dengan nama sensory bins atau sensory tubs. Permainan sensory bins bisa diberikan pada anak mulai usia 1 tahun. Apabila mereka masih sering memasukan barang ke mulut, lebih aman kalau sensory bins dibuat memakai bahan makanan seperti beras, oatmeals, dan lainnya, serta tetap di bawah pengawasan Urban Mama.

Kebetulan Alika sudah berumur di atas dua tahun, jadi isi sensory bins yang saya gunakan bukan dari bahan makanan kecuali pewarna. Sensory bins kali ini bertemakan kehidupan di alam bawah laut. Saya menggabungkan permainan yang tidak hanya mengembangkan motorik halusnya, tetapi juga mengembangkan sisi sisi  lain seperti berhitung, memecahkan masalah, belajar kosa kata baru, memperkenalkan hewan-hewan laut, perkenalan huruf, belajar mengukur, sebab akibat, dan lain lain.

Bahan-bahan yang saya pakai untuk mengisi sensory bin kehidupan alam bawah laut adalah waterbeads, air, pewarna makanan warna biru, binatang bawah laut dari plastik, wadah plastik, batu-batu kristal berwarna biru, kerang-kerang, bintang laut mainan, daun cemara serta batu-batu koral. Tinggal disusun dengan menarik dan menyerupai dunia bawah laut.

Selain memperkenalkan tekstur bebatuan yang keras dan waterbeads yang kenyal dan lembut, saya  juga memperkenalkan sebab akibat dan ilmu pengetahuan dasar yaitu membuat adonan dari baking soda yang dicampur air. Karena ini tentang laut, saya membentuk adonannya seperti bintang dan bola-bola. Untuk memberikan efek meledak atau berbusa saya berikan cuka dengan tambahan pewarna biru yang dimasukan di dalam botol kecap atau saus. Alika suka sekali ketika cairan cuka dituang, “Wow Mama looks bubbling!”, komentarnya ketika mengamati adonan menjadi berbusa-busa setelah dituangi cuka.

Selain itu saya juga memberikan Alika berbagai macam saringan dan cup dari ukuran kecil sampai besar untuk memperkenalkan ukuran ketika menangkap ikannya, menuangkan air  ke dalam wadah dan kaca pembesar untuk melihat tekstur lebih jelas. Permainan sensory bins ini bisa menarik perhatian anak-anak dalam waktu yang cukup lama, apalagi yang memakai air seperti ini. Sementara Alika asyik bermain, saya bisa dengan tenang mengerjakan pekerjaan rumah tangga lainnya.

Isi sensory bins ini bisa disesuaikan dengan tema dan kesukaan si kecil, bahkan bisa dengan mudah memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah. Bagaimana urban mama, menarik dan mudah, kan? Selamat mencoba!

12 Comments

  1. mrswibowo
    mrswibowo July 26, 2014 at 11:44 pm

    Sensory bin-nya kereeenn! Btw waterbeads itu yg ngembang kalo dikasi air bkn? Tahan lama ga mom fenny? Aku uda lama pengen bikin sensory bin, pas bgt ada artikel ini :)

  2. fmasudah
    Fenny Masudah July 29, 2014 at 2:53 am

    hallo mba @mrswibowo terima kasih, yah waterbeads yang mengembang di kasih air, pemakaian pertama lalau disimpan dalam wadah tertutup bisa berbulan bulan, tetapi kalau dipakai terus dalam permainan sensory kemungkinan tahan 3 minggu sampe sebulan karena beadsnya jadi agak mengecil. Iya coba aja mom bagus untung menstimulate sensori si kecil

  3. ZataLigouw
    Zata Ligouw July 29, 2014 at 4:03 pm

    ahhh keren banget, harus dicoba buat si kecil di rumah juga nih.Makasih idenya ya fenn…

  4. siska.knoch
    Siska Knoch July 30, 2014 at 9:30 am

    kereeen! selalu suka liat postingan fenny di IG soal sensory bins, udah lama pgn nyoba tp ngumpulin bahan2nya kayaknya PR besar, setelah baca ini jd beneran pgn bikin. :)) tfs fenny dan alika :*

  5. cindy
    cindy vania July 30, 2014 at 12:01 pm

    Kereenn banget sensory bins nya..
    Kayaknya bakal coba pake yang bahan makanan aja deh just in case pas mas2nya main adeknya ikutan juga :D

    TFS ya mama fenny :)

  6. fmasudah
    Fenny Masudah August 2, 2014 at 3:39 pm

    Mba @zata and mba @siska thank you selamat mencoba

  7. fmasudah
    Fenny Masudah August 2, 2014 at 3:41 pm

    Mba @cindy ya pakai bahan makan juga bisa seperti jelly, oats, rice, beans, flour, pasta etc dulu wkt alika masih 15 bulanan pake bahan makanan just incase dimamam

  8. mamanaomi
    mamanaomi August 3, 2014 at 12:44 pm

    Wah mba Fenny, terimakasih ya ide nya, pas banget untuk saya yang sudah kehabisan ide untuk permainan dengan si kecil.

  9. sukie
    Sukma Pertiwi October 16, 2014 at 8:44 am

    keren mba Fenny, salam kenal yah :) btw beli dimana sih waterbeads? makasih yaa :)

  10. fmasudah
    Fenny Masudah October 19, 2014 at 12:21 pm

    mamanaoumi: sama2 semoga suka yah si kecil, mba sukma pertiwi terima kasih kebetulan aku tinggal nya di Melbourne, aku belinya di $2 shop and ebay. Kalau di jakarta coba check olshop via instagram banyak yang jual salah satunya Kiddotoyshop. Selamat mencoba!

  11. dhetiezhar
    nurasti novitasari October 20, 2014 at 12:30 pm

    wow…idenya menarik. Tfs mom venny.
    IGnya apa sih? aku add boleh ya. :)

  12. febipurnamasari
    febipurnamasari November 12, 2014 at 10:26 am

    Hi, mba Fenny. Saya Febi dari NET TV, program buletin berita NET 5. Kebetulan saya sedang mencari narasumber anak dan orang tua yang suka main waterbeads. Just wondering, apakah mba sekarang lagi di Jakarta? Aku ingin mengajukan permohonan liputan seputar kegiatan mba di atas dengan Alika :)
    Terima kasih sebelumnya.

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.