8 Hotel Amenities Tips and Hacks

Musim liburan memang sudah lewat, tetapi siapa tahu tips dan trik berikut akan berguna bagi Urban Mama dan Papa yang akan melakukan perjalanan dalam waktu dekat dan tinggal di akomodasi penginapan hotel.

 

1. Manfaatkan hotel amenities yang disediakan di kamar hotel seperti shower cap dan sanitary bag. Shower cap sebenarnya tidak terlalu bermanfaat ketika dipakai mandi karena bahannya tipis dan mudah robek. Namun Urban Mama dapat memanfaatkannya untuk membungkus sepatu, sendal, atau pakaian kotor sebelum dikemas dalam koper. Manfaatkan pula sanitary bag untuk kantung sampah darurat selama perjalanan, untuk membuang sampah-sampah kecil kalau sulit menemukan tempat sampah.

2. Masih seputar hotel amenities, jangan biarkan laundry bag dalam lemari kamar hotel menganggur. Daripada repot mencari kantung plastik bekas, guakan laundry bags tersebut untuk membungkus pakaian kotor sebelum dikemas dalam koper, agar tidak tercampur dengan pakaian yang bersih. Kalau Urban Mama beruntung mendapatkan laundry bag dari bahan kain blacu, laundry bag tersebut dapat dicuci dan digunakan kembali.

3. Urban Papa lupa membawa shaving cream? Gunakan saja hair conditioner atau body lotion sebagai pengganti shaving cream agar mudah mencukur kumis dan jenggot. Namun ingat selalu untuk mencuci wajah dengan air dan sabun seusai menggunakan conditioner atau lotion sebagai pengganti shaving cream.

4. Ingin membersihkan sepatu keds berbahan kulit imitasi, terutama keds warna putih? Bersihkan saja dengan odol atau pasta gigi yang disediakan hotel. Terlebih dahulu bersihkan permukaan sepatu dengan lap basah. Bubuhkan secolek odol pasta gigi dan gosok-gosok merata pada permukaan sepatu. Bersihkan sisa odol dengan lap basah. Sepatu keds putih kembali bersih tanpa harus dicuci dan disikat!

5. Bingung mengemas baju renang basah, sementara waktunya tidak cukup untuk menjemur baju sampai kering? Keringkan saja dengan bantuan handuk. Bentangkan handuk kering, letakkan baju renang basah di atasnya, lipat dan gulung handuk, lalu peras handuk dengan dipelintir seperti memeras cucian basah. Air dari baju akan terserap handuk, meski baju masih sedikit lembap tetapi sudah bisa dibungkus dan dikemas dalam koper. Tips yang sama dapat Mama gunakan untuk  mengeringkan cucian pakaian dalam.

6. Adakalanya kita mendapatkan kamar hotel yang dekat dengan lorong dimana banyak orang lalu lalang, sehingga suara orang di sepanjang lorong terdengar jelas dan mengganggu tidur. Coba untuk menutup celah di bagian dasar pintu dengan gulungan handuk. Biasanya ini cukup ampuh untuk meredam suara dari lorong di luar kamar.

7. Selain untuk menyeduh kopi, teh, sereal instan atau membuat mi seduh gelas, ketel pemanas air di kamar hotel juga dapat digunakan untuk memasak telur rebus. Namun sebaiknya jangan gunakan ketel pemanas air untuk memasak mi instan, bubur, atau pasta karena dapat merusak lapisan bagian dalam ketel. Sebagai gantinya, Urban Mama dapat membawa pasta atau mi matang yang sudah didinginkan dari rumah untuk dipanaskan kembali dengan diseduh air panas dari ketel.

8. Bekali diri dengan kabel HDMI dan file film dan serial favorit di dalam ponsel, laptop atau tablet. Jika ingin menonton, cukup sambungkan laptop atau ponsel ke televisi di kamar hotel menggunakan kabel HDMI. Bawa juga USB charger port untuk memudahkan Mama-Papa mengisi ulang baterai ponsel, tablet dan powerbank sekaligus hanya menggunakan kabel USB.

 

Tips dan trik di atas tidak hanya berguna saat Mama-Papa bepergian sekeluarga dan menginap di hotel, tetapi juga berguna ketika Mama-Papa tinggal di hotel saat dalam perjalanan dinas. Apakah Urban Mama punya tips lainnya? Silakan berbagi di kolom komentar ya.

3 Comments

  1. avatar
    Leila Niwanda August 3, 2018 8:26 am

    Noted... terima kasih banyak untuk tipsnya ya, Ma. Setuju sama mama Cindy sih, handuknya biasanya udah dalam keadaan basah XD. Tapi kalau-kalau masih tersedia yang bersih, memang bakal sangat membantu ya.

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    dieta hadi July 30, 2018 2:46 pm

    point 8 sekarang banyak hotel yg disable menunya untuk itu ai haha, jadi ga bisa dipake deh tuh kalo mau nonton pake kabel hdmi. Dan bener, gw selalu bawa pulang si laundry bag haha buat tempat baju kotor.

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Cindy Vania July 28, 2018 9:15 am

    Poin nomor 5 baru tau! Tapi biasanya handuk udah basah duluan, hahaha..
    Aku kalo mau masukin baju renang biasanya dijemur dulu semalaman, kalo lucky bisa kering, kalo nggak ya lembab2 aja.

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.