8 Manfaat Les Musik untuk Anak

Tahun ini adalah tahun keempat Albert mengikuti les musik. Awalnya sih karena mengikuti kelas ujicoba gratis yang diadakan oleh sekolah musik dan terus berlanjut sampai sekarang. Apakah selama empat tahun ini perjalanannya berlangsung mulus? Tidak juga, karena ada saat-saat ia malas latihan atau bosan. Namun saya berusaha memberikan dukungan dan semangat agar kelak ia tidak menyesal karena berhenti di tengah jalan. Saya dan suami sama-sama tidak menguasai alat musik tertentu. Saya sendiri dulu sempat les musik, tetapi hanya bertahan sebentar. 

Menurut saya, ada banyak pelajaran yang didapat di luar pengetahuan musik itu sendiri, antara lain:

  1. Anak jadi tahu bahwa untuk menguasai suatu hal dengan baik diperlukan proses. Albert masih ingat dan sering bercerita kalau dulu ia hanya bisa bermain satu nada, kemudian bertambah menjadi dua nada, dan sampai sekarang bisa memainkan beberapa lagu. Prosesnya tidak instan, melainkan diperlukan latihan dan pengulangan. Saya sering mengacu pada pengalaman les musik ini, jika Albert sedang merasa kesal atau ingin menyerah dengan pelajaran sekolah, misalnya.
  2. Perlu kesabaran saat latihan. Sekali lagi, anak belajar kalau tidak ada jalan pintas untuk mencapai tujuan. Mereka harus sabar menjalani prosesnya, misalnya berlatih tangan kanan terlebih dahulu, lalu tangan kiri. Kesabaran diuji saat akan menyatukan antara tangan kanan dan kiri.
  3. Belajar musik tidak bisa dilakukan hanya saat berada di kelas bersama gurunya. Perlu latihan yang teratur dan konsisten. Kebiasaan berlatih setiap hari membuat saya mudah mengingatkan agar ia juga meluangkan waktu untuk mempelajari materi pelajaran sekolahnya.
  4. Belajar tidak mengenal usia. Sampai sekarang saya berusaha mengikuti materi yang dipelajari Albert di kelas musiknya. Tentunya dengan usaha 10-20 kali lipat lebih keras darinya. Dengan demikian Albert bisa melihat kalau belajar itu tidak pernah berhenti hanya karena usia. Jika mau berusaha, kita pasti bisa menguasainya.
  5. Bekerja keras mencapai tujuan. Apa tujuan belajar musik? Tentunya ada target jangka pendek dan jangka panjang. Target jangka pendek adalah menguasai lagu yang diberikan oleh gurunya, kemudian ada ujian dan juga konser. Biasanya menjelang ujian dan konser, kesadaran untuk berlatih menjadi lebih tinggi karena Albert tahu kalau ia sebaiknya tidak membuat kesalahan di depan pengujinya atau di depan penonton. Bagaimana dengan target jangka panjang? Menjadi pengiring paduan suara, atau bermain musik bersama band, atau Albert juga pernah melihat pemain musik di hotel, atau bahkan bermain dengan orkestra. Yang jelas, ia sadar kalau harus konsisten dan bekerja keras untuk mencapai targetnya itu.
  6. Setahun sekali, Albert berkesempatan untuk tampil di panggung dalam acara konser tahunan. Hal ini melatihnya untuk percaya diri, mengatasi kegugupannya sebelum naik panggung, dan memberikan yang terbaik di depan penonton.
  7. Meningkatkan fokus dan konsentrasi saat memainkan musik. Sebagai anak yang rentang fokus dan konsentrasinya pendek, belajar bermain musik ini membuatnya terpaksa harus lebih fokus dan meredam keinginannya untuk mengobrol. Sebulan terakhir ini Albert juga mulai mengikuti les drum atas saran psikolognya. Dengan les drum, empat anggota tubuhnya akan melakukan gerakan yang berbeda sambil mengikuti ketukan yang sesuai dengan lagunya.
  8. Ada yang mengaitkan antara belajar musik dan kecerdasan. Menurut saya hal itu terjadi karena anak-anak sudah terbiasa untuk berlatih, serta melakukan dua atau tiga hal yang berbeda pada saat yang bersamaan. Membaca not, menjaga tempo, mengatur gerakan tangan kiri dan kanan yang tidak sama, sambil menikmati permainannya sendiri.

 

Sebagai orangtua, saya berusaha mendukung minat Albert yang cukup besar terhadap musik. Mulai dari mengantar dan mendampinginya kursus, membiasakannya latihan di rumah, menyediakan alat musik untuk latihan, sampai ikut berlatih lagu-lagu yang sedang dipelajarinya. Namun hal ini cukup terbayar jika menyaksikannya bermain musik di atas panggung. Semoga bekal keterampilan bermusiknya ini akan berguna di kemudian hari. 

Related Tags : ,,

4 Comments

  1. avatar
    Honey Josep November 10, 2016 5:29 pm

    Albert kereeeeen, mama Ella juga keren! Tetep semangat ya les musiknya!

    Banyak banget manfaat les musik ya, mudah-mudahan Darren dan Dre juga mau les musik.

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    hanana fajar November 2, 2016 11:25 am

    ellaaa artikelnya bagus euy...Al keren yaaa mama Ella pun... sukses terus yaa Al...

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    ninit yunita November 1, 2016 8:02 am

    albert kereeen! dan ella juga sebagai mama-nya keren karena rajin mendampingi dan mendukung albert :) ternyata banyak banget yaaa manfaat yang bisa didapatkan dari les musik untuk anak salah satunya rasa, itu yang ngga bisa diukur dengan angka.

    semoga albert makin terampil yaaa bermain piano-nya.

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Cindy Vania November 1, 2016 7:43 am

    Baca ini jadi sedih dulu gak dilanjutin belajar musiknya. Trus anak-anak belom ada yang tertarik sama musik :D

    Sering baca cerita Al waktu lagi konser piano, kereeen banget!

    1. avatar

      As .