Belajar Sains dalam Al-Quran Bersama Anak

Libur bulan puasa kali ini apa kegiatan mama bersama anak-anak? Apakah sudah ada yang mati gaya dalam mengisi waktu bersama anak-anak yang sedang belajar puasa? Bagaimana kalau kita ajak mereka membaca buku dan belajar tentang sains?

Apakah masih ada yang menganggap sains dan agama selalu bertentangan? Tahukah Mama bahwa banyak hal tentang ilmu pengetahuan yang tercantum di dalam kitab suci? Al-Qur’an sebagai kitab suci umat islam memuat banyak ayat yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan. Mempelajari ilmu pengetahuan dalam Al-Qur’an ternyata tak selalu menjadi hal yang rumit dan sulit. Bahkan kita bisa mengajak anak-anak belajar dan menelaah bersama-sama.

Al-Quran Menakjubkan: Manusia dan Alam

DK Wardhani dalam buku “Al-Quran Menakjubkan: Manusia dan Alam" menyajikan beragam ilmu pengetahuan yang bisa dipelajari anak-anak dengan cara yang menyenangkan. Menakjubkannya semua ilmu pengetahuan yang kita jumpai dalam buku tersebut disertai dengan kutipan ayat Al-Qur’an sesuai dengan topik yang dibahas. DK Wardhani menyajikan pembelajaran ilmu pengetahuan dengan cara yang menarik, menggunakan bahasa yang singkat dan mudah dimengerti anak. Buku setebal 168 halaman yang diterbitkan oleh QIBLA tersebut dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang menggunakan warna-warna ceria, membuat anak-anak mudah memahami isinya secara visual.

Apa saja isinya?
Secara umum, sesuai judulnya buku ini berisi pengetahuan tentang manusia dan alam. DK Wardhani menulis tentang manusia mulai dari proses penciptaan manusia berdasar Al-Qur’an hingga mengenal lebih detail tentang bagian-bagian tubuh beserta fungsinya. Setiap fungsi anggota tubuh disertai dengan ayat Al-Qur’an yang menerangkan tentang tujuan penciptaan masing-masing bagian anggota tubuh. Dengan demikian anak-anak diajak untuk bukan hanya mengenal namun juga menggunakan anggota tubuh yang telah dikaruniakan sesuai dengan tujuan penciptaannya.

Al-Quran Menakjubkan: Manusia dan Alam

Al-Quran Menakjubkan: Manusia dan Alam

Tak berhenti sampai di situ, buku ini juga mengajak anak-anak untuk merawat tubuh sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan. Bahkan mereka juga diajak untuk mensyukuri setiap perbedaan warna kulit, bentuk hidung, mata dan tubuh. Karena semua perbedaan yang ada adalah bentuk dari kebesaran dan kekuasaan Tuhan. Anak-anak diajak untuk tidak membeda-bedakan dan berteman dengan semua. Dan semua perbedaan dan ajakan untuk berteman dan bekerja sama tersebut tercantum dalam Al-Qur’an. Menakjubkan bukan?

Anak-anak juga diajak mengenal berbagai benda-benda langit seperti matahari, bulan, bintang lengkap dengan tujuan penciptaan benda-benda tersebut. Dengan cara yang mudah dimengerti, anak-anak juga dapat belajar tentang bagaimana terjadinya siang dan malam. Ilustrasi  yang disajikan membantu anak-anak menggambarkan dalam imajinasinya.

Bersama buku “Al-Quran Menakjubkan: Manusia dan Alam" anak-anak akan belajar tentang ilmu pengetahuan alam dengan mudah. Mereka juga bisa belajar tentang siklus terjadinya hujan, petir dan kilat. Pengetahuan ini sangat bermanfaat agar anak-anak tak lagi menjerit ketakutan ketika ada hujan disertai petir. Bukankah semua yang ada di muka bumi diciptakan oleh Tuhan karena ada tujuan dan manfaatnya? Hal yang terlihat seram dan menakutkan sebelumnya bisa berubah menjadi hal yang patut kita syukuri. Dengan mengenal tubuh dan alam, anak-anak akan belajar lebih peka dalam merawat semua ciptaan-Nya.

Tak sekadar belajar, buku ini juga memuat banyak kuis dan permainan dalam setiap sub tema yang dibahas. Bahkan ada juga beberapa hafalan kosakata dalam bahasa arab. Lumayan bukan untuk menambah stimulasi bahasa anak-anak? Dengan buku yang memiliki sajian lengkap dalam belajar ilmu pengetahuan alam tersebut, anak-anak akan lebih mudah termotivasi dalam mengenal alam. Terbukti jauh sebelum manusia menemukan banyak hal dalam perkembangan ilmu pengetahuan, Tuhan terlebih dahulu menyebutkan ciptaan-Nya dalam kitab suci.

Al-Quran Menakjubkan: Manusia dan Alam

Al-Quran Menakjubkan: Manusia dan Alam

Buku ini bisa menjadi alasan bagi orang tua untuk mengajak anak-anak lebih banyak belajar mengenal dan mendalami isi Al-Qur’an.Bukankah akan menjadi kegiatan pengisi libur puasa yang menantang dan menyenangkan? Dengan buku ini, semoga libur puasa tak lagi membosankan dan belajar sains tak lagi menjadi hal yang menyeramkan. Selamat belajar!

2 Comments

  1. avatar
    dieta hadi May 30, 2018 10:24 am

    ihh bukunya seru banget, ini pasti anak-anak suka nih, ada permainannya juga ya, seruu. mau berburu ah ke toko buku

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Cindy Vania May 25, 2018 10:13 am

    Bagus ya bud bukunya, ada teka tekinya juga :D

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.