Berkreasi Dengan Homemade Playdough

Pekan lalu, saya dan Rizma bermain dengan playdough. Zaman saya kecil sih mainannya lilin malam, yang kalau selesai bermain maka tangan beraroma seperti minyak tanah. Karena sepertinya kurang aman dan saya juga tidak tahu sekarang bisa beli malam di mana, akhirnya terinspirasi untuk membuat sendiri playdough.

Awalnya playdough buatan sendiri ini mau dimasak saja supaya lebih aman kalau-kalau Rizma berusaha memasukkannya ke mulut. Akhirnya saya membuat non-cooked playdough yang lebih mudah dibuat. Rizma pun mau ikut membantu bundanya membuat playdough. Resepnya saya ambil dari sini.

Bahan:


  • 1 cup tepung serbaguna

  • ? cup garam

  • 2 sdt minyak goreng

  • ¼ cup air panas

  • pewarna makanan secukupnya


Cara membuat:

1. Campur tepung dengan garam, kemudian tuangi air panas.

2. Remas-remas adonan sampai kalis dan dapat dibentuk. Bila terlalu encer tambahkan tepung lagi, atau tambahkan air lagi bila adonan masih terlalu keras.

3. Tambahkan pewarna makanan.



4. Remas-remas kembali adonan hingga warnanya merata.
5. Tambahkan minyak agar adonan tidak lengket dan warna adonannya lebih terang.

[caption id="attachment_101837" align="alignnone" width="375" caption="playdough siap digunakan"][/caption]

Agar lebih awet, simpan playdough dalam wadah plastik tertutup dan disimpan ke dalam kulkas.

[caption id="attachment_101839" align="alignnone" width="496" caption="Rizma membuat bentuk-bentuk  playdough dengan cookie cutter"][/caption]

[caption id="attachment_101840" align="alignnone" width="375" caption="Rizma membuat boneka salju dengan bantuan papanya"][/caption]

Selama bermain, ternyata kalau tidak diawasi maka Rizma tertarik mencicipi playdoughnya. Sudah bisa ditebak ya. Meski terbuat dari bahan-bahan yang edible, sebaiknya saat anak asyik berkreasi dengan non-cooked playdough ini tetap diawasi ya Urban mama. Selamat bermain!

16 Comments

  1. avatar
    Mulyani Rendhasari March 6, 2015 2:49 pm

    Ini ilmu bgt buat aq... karena si bungsu lagi masa oral sedangkan kakaknya senang main playdough jadi keduanya bisa senang dan sya bisa agak tenang playdoughnya kemakan. Thank you soo much mom.

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    bunda_rizma December 17, 2014 8:56 am

    @dknee
    sama2... sy pk cangkir kecil yg buat teh aja bun. Ngga ada takaran angka :)
    @fenny
    Tossss ah! ^^
    @tetehasti
    18 bulanan lah kmrn itu. bisa aja, asalkan diawasi, soalny umur segitu biasanya masih penasaran nyicipi kan.. Rizma aja masih pas mainan kmrn. hihi

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    tetehasti November 28, 2014 8:45 pm

    rizma mulai main playdough ini umur berapa ya mom?
    anakku baru umur 1 tahun,kira2 sudah bisa dikenalkan mainan ini belum ya?

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Fenny Masudah November 27, 2014 8:47 am

    Ahh toss dulu mama risma aku jg suka bikin playdough sendiri

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    dknee November 25, 2014 1:27 pm

    Sudah lama tertarik pingin buat,eh dpt resepnya dr bunda_rizma. Makasih bun...
    ohiya klo 1 cup itu brp gram ya bun? Hehe...maaf gak pernah pake takaran cup2 klo masak atau bikin2 kue.

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.